Begini 5 Cara Mudah Melatih Mental Agar Selalu Kuat

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 Januari 2023

“Cara melatih mental supaya selalu kuat harus kamu awali dari dirimu sendiri. Salah satu cara yang dapat kamu coba adalah mulailah membuat tujuan yang sesuai dengan logika dan realistis.”

Begini 5 Cara Mudah Melatih Mental Agar Selalu KuatBegini 5 Cara Mudah Melatih Mental Agar Selalu Kuat

Halodoc, Jakarta – Sebenarnya, cara melatih mental tidak jauh beda dengan melatih kekuatan fisik. Sederhananya, kalau kamu ingin mengangkat beban berat, maka kamu perlu energi atau kekuatan yang lebih besar. Ini juga berlaku untuk kesehatan mental, lho!

Jadi, kalau kamu ingin selalu bisa menghadapi rintangan yang lebih besar dan bisa berpengaruh terhadap mental kamu, maka kamu perlu mental yang lebih kuat lagi, bukan?

Cara Melatih Mental Supaya Selalu Kuat

Seperti halnya otot tubuh, otot mental kamu juga perlu mendapatkan stimulasi dan latihan. Jika ingin memiliki pribadi dan mental yang kuat, kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini. 

Membuat tujuan yang masuk akal

Memiliki mimpi yang besar memang sangat menyenangkan. Namun, keinginan dan cita-cita yang jauh dari kenyataan dan akal sehat bukan tidak mungkin akan membuat kamu lebih mudah kecewa saat gagal menggapainya. Tak jarang, rasa kecewa juga memengaruhi mental.

Memiliki cita-cita yang realistis dan bisa kamu capai tentu akan membuat kamu lebih termotivasi untuk melakukan hal yang lebih baik lagi. Setiap kamu berhasil mencapainya, kamu akan merasa lebih percaya pada kemampuan diri sendiri.

Kamu juga akan lebih mudah untuk mengidentifikasi tujuan yang tidak terlalu menantang. Selain itu ada pula pilihan yang sebaiknya tidak kamu lanjutkan karena terlalu tinggi dan tidak masuk akal.

Lakukan hal sulit setidaknya sekali setiap hari

Peningkatan tentu tidak bisa kamu dapatkan begitu saja. Pastinya, kamu harus memberikan tantangan pada diri sendiri sesuai dengan kemampuan dan batasan diri. 

Tak ada salahnya untuk mencoba sesuatu hal yang baru dan sedikit keluar dari zona nyaman. Jika memang memungkinkan, kamu bisa mencobanya setiap hari dari hal yang sederhana. 

Tanpa rasa percaya pada kemampuan diri bahwa kamu bisa melakukannya, tentu hal tersebut tidak akan bisa terwujud. Jadi, beranilah untuk memulai dan yakinkan bahwa sesuatu yang baru itu selalu sulit pada awalnya, tetapi tidak lagi setelah terbiasa menjalaninya.

Cara melatih mental: coba terapkan aturan 10 menit

Tahukah kamu kalau cara melatih mental sebenarnya bisa kamu lakukan dengan menerapkan aturan 10 menit? Sederhananya, aturan ini sangat berguna kalau kamu tergoda untuk menunda melakukan aktivitas yang sebenarnya penting dan harus segera kamu selesaikan. 

Ketika kamu mengalaminya, kamu bisa berkata pada diri sendiri bahwa toleransi hanya berlangsung 10 menit. Apabila pikiran kamu masih bertentangan dengan tubuh setelah 10 menit berlalu, maka tidak apa untuk berhenti sejenak. 

Namun, sering kali daripada tidak pernah, saat kamu memutuskan untuk bergerak setelah 10 menit, tugas menjadi lebih cepat selesai karena ternyata tidak sesusah yang kamu perkirakan. 

Logika dan emosi yang harus seimbang

Selalu mengutamakan logika bisa membuat hidup kamu menjadi lebih monoton dan membosankan. Kamu jadi tidak punya kesenangan, waktu senggang, bahkan tidak merasakan cinta. Meski begitu, kalau kamu mengutamakan emosi dalam hidup, bisa jadi kamu akan mengisi waktu hanya untuk bersenang-senang. 

Agar tetap seimbang, kamu pastinya harus menyelaraskan emosi dan logika, dan ini pun menjadi cara melatih mental lainnya yang tidak kalah efektif untuk kamu coba. Artinya, sekecil apapun kamu mengambil keputusan dalam hidup, pastikan kamu sudah menyeimbangkan logika dan emosi, sehingga tidak ada salah satu yang lebih dominan dari lainnya. 

Terlalu bersemangat, marah, atau cemas bisa membuat kamu mengambil keputusan hanya berdasarkan emosi yang sedang kamu rasakan saat itu. Alhasil, lebih baik kamu menuliskan apa saja yang menjadi sisi positif dan negatif setiap kali hendak mengambil keputusan. 

Lihat pikiran negatif dari sisi yang positif

Tak jarang, diri kamu penuh dengan berbagai pikiran negatif. Namun, diri justru tidak akan melihat ada hal positif jika kamu tidak mengubah sudut pandang ke arah tersebut. 

Misalnya, kamu selalu berpikir bahwa semua usaha yang kamu lakukan tidak pernah memberikan hasil. Alih-alih berpikir demikian, kamu bisa menggantinya dengan pikiran yang lebih positif, seperti kerja keras dan berlatih lebih keras lagi bisa membuat kamu lebih berpeluang untuk berhasil.

Dengan begitu, pikiran negatif bisa segera terhempas dan tidak membuat kamu terpuruk lebih dalam lagi. Begitulah kira-kira cara melatih mental agar selalu kuat yang dapat kamu praktikkan. 

Jika butuh bantuan ahli kesehatan, kamu bisa hubungi psikolog di Halodoc. Tersedia juga fitur Tes Depresi di Halodoc✔️ untuk mengukur level depresi jika kamu merasakan sedih atau gundah yang berlalu-lalu. Klik gambar di bawah ini untuk mulai tes.

tes depresi halodoc
Referensi:
Positive Psychology. Diakses pada 2023. How to Be Mentally Strong: 14 Ways to Build Mental Toughness.
Psychology Today. Diakses pada 2023. 10 Exercises to Make You Mentally Stronger.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan