• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Membersihkan Peralatan Bayi yang Baru Lahir

Begini Cara Membersihkan Peralatan Bayi yang Baru Lahir

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Memiliki bayi yang baru lahir memang menjadi masa yang cukup menegangkan bagi sejumlah orangtua. Selain masih memerlukan proses adaptasi, orangtua juga perlu memperhatikan kondisi kesehatan bayi. Berbagai cara perlu diperhatikan agar kondisi kesehatan bayi tetap terjaga, salah satunya dengan menjaga peralatan bayi tetap bersih dan steril.

Baca juga: Ibu Baru, Begini Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Tidak hanya dot, terkadang bayi yang baru lahir juga membutuhkan pipet susu hingga empeng dalam kehidupannya sehari-hari. Penggunaannya yang terbilang cukup sering membuat orangtua harus menjaga kebersihan semua peralatan bayi dengan baik, agar bayi tidak mengalami berbagai penyakit yang memengaruhi saluran cerna, seperti diare. 

Inilah Cara Tepat untuk Membersihkan Peralatan Bayi

Membersihkan peralatan yang digunakan bayi sehari-hari bukanlah hal yang sepele. Kebersihan peralatan yang digunakan bayi nyatanya berkaitan langsung dengan kondisi kesehatan bayi. Meskipun terlihat sederhana, tetapi membersihkan peralatan bayi yang kurang tepat dapat memicu berbagai gangguan kesehatan, seperti diare. Untuk itu, ketahui beberapa cara yang bisa dilakukan saat membersihkan peralatan bayi dengan tepat.

1.Cuci Tangan Sebelum Membersihkan Peralatan Bayi

Sebelum membersihkan peralatan bayi, selalu pastikan keadaan dalam kondisi yang bersih. Selalu cuci tangan sebelum membersihkan peralatan bayi menjadi salah satu cara pencegahan perpindahan bakteri dari tangan ibu ke peralatan bayi.

2.Segera Bersihkan Peralatan Bayi Setelah Digunakan

Mulai dari botol susu, empeng, hingga pipet susu, sebaiknya segera bersihkan setelah digunakan. Jangan membiarkan peralatan bayi kotor dalam waktu yang cukup lama. Pertama lepaskan bagian-bagian dari peralatan bayi, seperti botol, empeng, dan bagian lainnya. Kemudian, letakkan pada wadah yang memang dikhususkan untuk mencuci peralatan bayi.

3.Gunakan Air Hangat dan Sabun Khusus

Letakkan air hangat pada wadah berisi peralatan bayi dan berikan sabun khusus yang disiapkan untuk mencuci peralatan bayi. Jangan lupa gunakan sikat botol yang bisa menjangkau bagian dalam maupun sempit pada botol dan peralatan lainnya. Pastikan semua bagian peralatan telah dicuci dengan baik.

4.Bersihkan dengan Air Mengalir

Bersihkan peralatan bayi dengan air mengalir. Pastikan tidak ada sabun yang tersisa pada sela-sela peralatan yang sempit atau kecil.

5.Pastikan Peralatan Kering

Setelah dicuci, letakkan pada rak piring yang bersih dan pastikan peralatan bayi dalam keadaan kering agar tidak menjadi lokasi bersarangnya bakteri maupun kuman.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam membersihkan peralatan bayi dengan memastikan sikat botol selalu dalam keadaan bersih dan steril. Selain itu, setelah mencuci peralatan, jangan lupa untuk kembali mencuci tangan dan bersihkan lokasi cuci piring.

Baca juga: Cara Jaga Peralatan Makan Bayi Steril dari Corona

Lakukan Sterilisasi pada Peralatan Bayi

Membersihkan peralatan bayi tidak hanya dengan dicuci saja. Peralatan bayi juga perlu dilakukan sterilisasi agar kebersihannya tetap terjaga dan baik. Lakukan sterilisasi setelah ibu mencuci peralatan bayi. Ada beberapa cara sterilisasi yang bisa dilakukan, seperti:

1.Air Mendidih

Ibu bisa melakukan sterilisasi dengan menggunakan air mendidih. Namun, jika ibu akan menggunakan cara ini, pastikan peralatan yang akan disteril aman untuk dimasukkan dalam air mendidih. Jika peralatan bayi sudah kering setelah dicuci, masukkan ke dalam wadah besar diatas kompor, biarkan proses merebus selama 10 menit. Pastikan semua peralatan bayi berada di dalam air. 

Proses sterilisasi ini memiliki kekurangan dengan membuat kualitas barang bayi lebih mudah menurun. Untuk itu, jangan lupa selalu pastikan peralatan bayi selalu dalam kondisi baik sebelum digunakan kembali.

2.Alat Sterilisasi

Saat ini sudah banyak alat sterilisasi di pasaran yang bisa ibu gunakan untuk mensterilkan peralatan bayi. Sebelum menggunakan, pastikan ibu mengikuti prosedur yang dianjurkan agar proses steril berjalan dengan optimal.

Baca juga: Ini Perlengkapan Newborn yang Harus Ada di Rumah

Itulah beberapa cara tepat yang bisa ibu gunakan untuk membersihkan peralatan bayi yang baru lahir. Untuk gangguan kesehatan yang dialami oleh bayi, ibu bisa gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter anak untuk penanganan pertama yang bisa dilakukan di rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. How to Clean, Sanitize, and Store Infant Feeding Items.
Healthline Parenthood. Diakses pada 2020. The Safest Way to Sterilize Baby Bottles.
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Sterilising Baby Bottles.
Very Well Family. Diakses pada 2020. How to Sterilize Baby Bottles and Nipples.