• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Membersihkan Pusar yang Aman

Begini Cara Membersihkan Pusar yang Aman

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Pusar merupakan bagian tubuh yang jarang kita perhatikan kebersihannya. Bahkan, sebagian orang menganggap membersihkan pusar merupakan kegiatan yang tidak nyaman. Sehingga, tidak sedikit yang membiarkan kotorannya menumpuk dan menjadi putih. Padahal, membiarkan pusar kotor dapat menyebabkan bau, bahkan infeksi.

Membersihkan pusar memang terkadang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan terasa sakit. Maka dari itu, sebenarnya bagaimana cara membersihkan pusar yang aman? Jawabannya sederhana, sebaiknya membersihkan pusar dengan tidak menggosoknya terlalu keras. Sebab, dengan menggosoknya justru akan membuat pusar menjadi lecet. Berikut ini adalah beberapa cara membersihkan pusar secara aman dan efektif yang bisa dilakukan.

Baca juga: Ketahui 5 Penyebab Bisul dan Cara Mengobatinya, Awas Jangan Asal ya!

  1. Gunakan Katun

Salah satu cara aman untuk membersihkan pusar adalah dengan menggunakan kain katun. Kamu hanya cukup membasahinya dengan air atau air sabun, lalu usapkan pada bagian pusar secara perlahan. Selain air atau sabun, kamu juga bisa menggunakan alkohol atau baby oil untuk membasahi kain katun. Pastikan juga kamu membasahi kainnya tidak terlalu basah, supaya pusar lebih mudah dibersihkan.

Langkah selanjutnya untuk membersihkan pusar adalah memulainya di bagian luar. Usaplah bagian luar dengan perlahan, supaya tidak lecet. Setelah itu, kamu bisa memulai membersihkan pusar bagian dalam. Jangan lupa juga untuk membersihkannya dengan perlahan, karena jika terlalu keras dapat menimbulkan infeksi. Jangan lupa juga untuk selalu memastikan kebersihan kain yang kamu gunakan.

  1. Gunakan Minyak Kelapa Hangat

Ketika kotoran pusar sudah tebal dan susah untuk dihilangkan, membersihkannya hanya dengan kain basah tidak akan efektif. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan minyak kelapa yang sudah dihangatkan. Penggunaan minyak kelapa memang efektif untuk menghilangkan kotoran yang membandel.

Cara menggunakan minyak kelapa hangat untuk menghilangkan kotoran membandel di pusar juga mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak hangat pada pusar. Kemudian, gosok perlahan searah jarum jam. Lalu setelah itu, gosokkan juga dengan arah sebaliknya.

Apa yang Terjadi Jika Kebersihan Pusar Tidak Terjaga

Meskipun nampak sederhana, tetapi jika kamu lalai menjaga kebersihan, pusar kamu bisa menjadi sarang bakteri. Seperti dilansir oleh sebuah media, sebuah penelitian menyebutkan bahwa terdapat 65 jenis mikro bakteri yang akan bersarang di pusar jika tidak dijaga kebersihannya. Selain itu, berbagai jenis kuman dan kotoran akan bersarang di pusar, seperti debu, sisa keringat, sel kulit mati, dan sisa sabun.

Selain menjadi sarang bakteri, pusar juga bisa mengalami infeksi jika tidak dibersihkan secara berkala. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pusar bisa menjadi sarang bakteri. Sehingga, jika dibiarkan begitu saja dapat menimbulkan infeksi. Infeksi ini pun bisa menyerang siapa saja, baik itu wanita, pria, anak-anak, ataupun orang dewasa. Namun terutama bagi ibu hamil, bahaya infeksi jamur bisa dirasakan oleh janin yang ada dalam kandungan.

Malas membersihkan pusar juga bisa mengakibatkan pusar menjadi gatal, bau, dan ruam. Sama halnya dengan infeksi, hal-hal ini juga diakibatkan oleh menumpuknya bakteri dan kotoran dalam pusar. Sebaiknya segera atasi masalah ini jika terjadi pada kamu, sebab bisa mengakibatkan masalah yang lebih serius.

Jangan lupa untuk membersihkan pusar dengan cara yang sudah diuraikan sebelumnya. Sebab, jika kamu membersihkan pusar dengan cara yang tidak tepat, malah dapat membuat pusarmu menjadi lecet dan kering. Jika, masalah ini dibiarkan begitu saja, dapat membuat pusarmu terluka parah.

Baca juga: Say NO Pada Ketiak Hitam dengan Cara Alami. Yakin Sudah Tahu?

Ingin mengetahui lebih lanjut tentang kesehatan? Kamu bisa menghubungi dokter tepercaya melalui aplikasi Halodoc. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu juga dapat menanyakan cara membersihkan pusar yang aman pada dokter melalui Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan suplemen di Halodoc tanpa perlu keluar rumah. Pesanan akan sampai dalam waktu satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!