Begini Cara Mengobati Radang Amandel pada Orang Dewasa

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 Februari 2021
Begini Cara Mengobati Radang Amandel pada Orang DewasaBegini Cara Mengobati Radang Amandel pada Orang Dewasa

Halodoc, Jakarta - Radang amandel memiliki nama medis, yaitu tonsilitis. Kondisi tersebut merupakan peradangan dan pembengkakan yang terjadi pada amandel. Perdagangan yang terjadi umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Amandel sendiri adalah dua buah jaringan oval yang terdapat di bagian belakang tenggorokan, yang merupakan bagian dari sistem limfatik. Amandel berperan untuk mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh.

Radang amandel adalah kondisi yang ditandai dengan kemerahan dan pembengkakan pada amandel. Bukan itu saja, pengidap kondisi ini biasanya akan mengalami sakit tenggorokan, sehingga kesulitan untuk menelan. Pada umumnya penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Jika terjadi pada orang dewasa, begini langkah mengobati radang amandel.

Baca juga: Ibu, Ketahui 11 Gejala Radang Amandel pada Anak

Mengobati Radang Amandel pada Orang Dewasa

Radang amandel memang umum terjadi pada anak-anak. Namun, tidak menutup kemungkinan terjadi pada orang dewasa. Semakin dewasa, amandel semakin menyusut. Sebelum mengetahui bagaimana langkah mengobati radang amandel pada orang dewasa, kamu perlu mengetahui apa saja gejala yang muncul. Gejala biasanya muncul 2–4 hari setelah seseorang terinfeksi. Berikut ini beberapa gejalanya:

  • Radang tenggorokan;
  • Suara serak;
  • Pembengkakan dan kemerahan pada amandel;
  • Sakit saat menelan;
  • Demam menggigil;
  • Pembengkakan kelenjar limfa.

Baca juga: Mengalami Radang Amandel Berisiko Alami Sakit Tenggorokan

Setelah mengetahui sejumlah gejala yang muncul, kamu perlu mencari tahu bagaimana langkah mengobati radang amandel. Jika kasusnya disebabkan oleh virus, gejala yang muncul biasanya terjadi dalam intensitas ringan, dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7–10 hari. Namun, jika radang tenggorokan tidak kunjung membaik, pertolongan medis diperlukan. Berikut ini beberapa langkah pertolongan medis:

1. Pemberian Antibiotik

Pemberian antibiotik biasanya dilakukan untuk radang amandel yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Antibiotik bekerja dengan meredakan gejala dengan lebih cepat. Tidak sembarangan, pemberian antibiotik biasanya hanya diberikan pada kasus dalam intensitas parah yang berpotensi menimbulkan komplikasi.

2. Prosedur Operasi

Mengobati radang amandel pada orang dewasa selanjutnya dapat dilakukan dengan prosedur operasi pengangkatan. Prosedurnya sendiri disebut dengan istilah tonsilektomi, yang dilakukan pada pengidap radang amandel kronis, atau berulang. Prosedur tonsilektomi dapat mengatasi masalah pernapasan atau kesulitan menelan akibat pembengkakan amandel.

Meski demikian, prosedur yang satu ini dapat memicu komplikasi berupa infeksi pada jangka panjang. Namun secara umum, peluang keberhasilan operasi cukup besar.

Baca juga: Radang Amandel karena Bakteri Picu Sakit Tenggorokan

Jika kasusnya terjadi dalam intensitas yang ringan, kamu bisa menerapkan gaya hidup sehat yang dibarengi dengan beberapa langkah berikut ini:

  • Konsumsi banyak air putih.
  • Cukupi waktu Istirahat.
  • Kumur air garam hangat. Lakukan ini sebanyak beberapa kali sehari.
  • Konsumsi permen atau tablet hisap pereda tenggorokan.
  • Gunakan humidifier untuk melembapkan udara ruangan.
  • Cegah paparan polusi, dan zat kimia berbahaya.

Itulah sejumlah langkah mengobati radang amandel pada orang dewasa. Untuk lebih jelasnya mengenai prosedur medis yang dijalani, kamu bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Tonsillitis in Adults: What to Expect.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Tonsillitis in adults: What to know.
Mountnittany.org. Diakses pada 2021. Tonsillitis in Adults.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan