Begini Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Bahan Herbal

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   20 Desember 2022

“Penyembuhan sariawan dapat dipercepat dengan menggunakan bahan herbal. Cara menyembuhkan sariawan dengan bahan herbal yaitu dengan mengoleskan madu, berkumur dengan air garam, atau mengoleskan minyak kelapa pada sariawan.”

Begini Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Bahan HerbalBegini Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Bahan Herbal

Halodoc, Jakarta – Sariawan merupakan sejenis bisul atau jerawat yang muncul di mulut. Ukuran sariawan biasanya kecil dan terbentuk di dasar gusi atau bibir bagian dalam. Meskipun kecil, tapi rasanya bisa sangat menyakitkan, bahkan mengganggu aktivitas bicara, makan, atau minum.

Kondisi sariawan sebenarnya bisa sembuh tanpa pengobatan dalam 7 hingga 10 hari. Namun, karena rasanya yang tidak nyaman dan mengganggu, sering kali orang ingin mempercepat proses penyembuhannya. Kabar baiknya, sariawan bisa disembuhkan dengan bahan herbal yang ada di rumah.

Lantas, bagaimana cara menyembuhkan sariawan dengan bahan herbal?

Cara Menyembuhkan Sariawan Menggunakan Bahan Herbal

Berikut ini cara menyembuhkan sariawan menggunakan bahan herbal:

1. Madu

Madu

Cara menyembuhkan sariawan dengan bahan herbal yang pertama yaitu menggunakan madu. Madu dikenal memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Menurut berbagai studi, madu efektif untuk meredakan nyeri, mengurangi ukuran, dan kemerahan sariawan. 

Untuk memanfaatkannya, oleskan madu ke bagian sariawan empat kali sehari. Pastikan kamu memilih madu murni yang sedikit melewati pemrosesan, sehingga mempertahankan khasiat penyembuhannya. 

2. Minyak kelapa

Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba karena memiliki banyak kandungan asam laurat. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mengobati sariawan yang disebabkan oleh bakteri serta mencegah penyebarannya. 

Minyak kelapa juga memiliki sifat antiinflamasi alami yang dapat mengurangi kemerahan dan nyeri akibat sariawan. Untuk memanfaatkannya, oleskan minyak kelapa secukupnya pada sariawan. Aplikasikan beberapa kali per hari sampai sariawan hilang.

3. Chamomile

Chamomile

Cara menyembuhkan sariawan berikutnya yaitu dengan mengompreskan chamomile. Teh chamomile mengandung senyawa yang memiliki kemampuan antiinflamasi dan antiseptik, yaitu azulene dan levomenol.

Untuk memanfaatkannya, kompreskan teh chamomile basah ke sariawan dan biarkan selama beberapa menit. Pastikan kantong teh tidak terlalu panas sebelum mengaplikasikannya. Selain itu, kamu juga bisa berkumur dengan teh chamomile yang baru diseduh. Ulangi perawatan tiga hingga empat kali sehari.

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel

Cuka sari apel bisa menjadi obat herbal untuk hampi semua kondisi, termasuk sariawan. Pasalnya, cuka sari apel mampu membunuh bakteri yang mengiritasi luka. 

Untuk memanfaatkannya, campurkan satu sendok teh cuka sari apel ke dalam segelas air. Kemudian berkumurlah dengan air campuran cuka sari apel selama 30 detik hingga 1 menit. Setelah itu buang dan bilas mulut hingga bersih. Ulangi cara ini setiap hari. 

5. Berkumur dengan larutan air garam

Berkumur dengan larutan air garam

Selain berkumur dengan cuka sari apel, kamu juga bisa berkumur dengan larutan air garam untuk menyembuhkan sariawan. Selain bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan sariawan, larutan air garam juga membantu menjaga kebersihan mulut. 

Itulah cara menyembuhkan sariawan dengan bahan herbal. Jika sariawan muncul disertai keluhan lainnya, sebaik kunjungi dokter di rumah sakit untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Kamu juga bisa membuat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Ways to Get Rid of Canker Sores
Everyday Health. Diakses pada 2022. Canker Sore Treatments and Home Remedies
Very Well Health. Diakses pada 2022. How to Get Rid of Canker Sores

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan