Begini Cara Tepat Menjaga Kebersihan Kandang Anjing

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   06 Juli 2021
Begini Cara Tepat Menjaga Kebersihan Kandang AnjingBegini Cara Tepat Menjaga Kebersihan Kandang Anjing

“Bagi anjing, kandang adalah tempat bagi mereka untuk bermain, beristirahat, dan banyak lagi. Oleh karena itu, supaya kandang anjing tetap nyaman, kamu perlu menjaga kebersihannya dengan baik. Cara membersihkannya pun tak bisa sembarangan, kamu perlu membersihkannya dengan benar agar kuman di kandang hilang dan tidak menyebabkan penyakit”

Halodoc, Jakarta – Kandang anjing adalah berbagai tempat perlindungan untuk anjing peliharaanmu. Beberapa kandang adalah tempat terbuka besar yang dibuat untuk anjing berolahraga dan buang air, sehingga tempat ini perlu dibersihkan setiap hari untuk membuang air seni dan kotoran.

Beberapa kandang jauh lebih kecil, seperti peti, yang biasanya digunakan di dalam ruangan untuk menyediakan tempat yang aman bagi anjing, tempat istirahat, atau mungkin digunakan untuk melatih anjing untuk menggunakan toilet. 

Jika kamu menggunakan kandang besar untuk anjing buang air di halaman, kamu perlu membersihkannya setiap hari atau anjing akan menginjak kotorannya sendiri dan lebih buruk lagi mengotori rumah. Selain itu, saat kamu ingin menyediakan rumah sanitasi untuk anjing, ingatlah bahwa kotoran dapat menyebarkan bakteri dan parasit.

Baca juga: Begini Cara yang Tepat Memilih Kandang Anjing

Tips Menjaga Kebersihan Kandang Anjing

Membersihkan kandang, baik yang kecil atau besar, ada beberapa langkah praktis yang dapat kamu ikuti untuk memastikan pembersihan ini dilakukan dengan baik. Tak hanya soal kotoran saja, kamu juga harus memastikan bahwa kandangnya bersih dari bulu, sehingga kandang tersebut bisa ia nikmati dengan nyaman. 

Begini cara membersihkan kandang:

Langkah 1: Cuci Aksesori

Keluarkan anjing dari kandang dna tempatkan mereka di kandang lain atau area luar ruangan, atau taruh dia di dalam rumah saat kamu membersihkan kandangnya. Bersihkan mangkuk makanan dan air, mainan, dan tempat tidur. Gunakan air bersih dan segera keringkan. Kamu bisa membersihkan kain tempat tidur menggunakan mesin cuci.

Langkah 2: Buang Limbah 

Gunakan sekop untuk membuang semua limbah padat termasuk rambut dan kotoran. Basahi kandang dengan air dan bersihkan. 

Langkah 3: Disinfeksi

Encerkan pemutih yang mengandung natrium hipoklorit dengan air dengan perbandingan 1:32 atau gunakan disinfektan lain sesuai petunjuk penggunaan. Semprotkan larutan pembersih ke seluruh permukaan kandang dan biarkan selama 30 menit, atau seperti yang diinstruksikan pada label produk.

Langkah 4: Scrub

Sikat besar dengan bulu kaku dapat digunakan dan gosok area dinding jika kotor, dan sikat semua area.

Langkah 5: Bilas 

Bilas sampai bersih dengan air selang dan gunakan air hangat jika memungkinkan lalu biarkan kandang mengering. Ganti mangkuk bersih, tempat tidur, dan mainan. 

Baca juga: Seberapa Sering Harus Membersihkan Kandang Anjing?

Hal yang Perlu Jadi Perhatian dan Pertimbangan

Ada beberapa perti,bangan yang perlu kamu pahami saat membersihkan kandang peliharaan, yaitu:

  • Jangan gunakan pembersih amonia di kandang karena baunya mirip dengan urin dan dapat menyebabkan anjing buang air kecil di kandangnya.
  • Pastikan larutan disinfektan benar-benar dibilas karena dapat merusak bahan di kandang jika ada residu. Jika residu menempel di kaki anjing, itu bisa membuatnya sakit saat mereka menjilat kakinya.
  • Pastikan untuk mendisinfeksi semua barang di kandang karena bakteri dan jamur dapat tumbuh pada barang yang kotor. Disinfeksi dinding kandang serta lantai, terutama jika kandang digunakan oleh banyak anjing, untuk mencegah penyebaran virus dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Baca juga: 5 Tips Melatih agar Anjing Peliharaan Betah di Kandang

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat membersihkan kandang dan perawatan kebersihannya. Merawat anjing memang bukan pekerjaan sederhana, kamu harus benar-benar memperlakukan mereka seperti anak atau keluarga sendiri. Terutama jika anjing sakit, seperti lemas, tidak mau makan, atau jadi tidak aktif seperti biasa. 

Kamu perlu mendiskusikan gejala yang anjing alami dengan dokter hewan di Halodoc. Dokter hewan yang ada di Halodoc mungkin memiliki tips untuk mengembalikan kondisi kesehatannya seperti semula, atau mereka juga bisa segera menyarankan kamu untuk mengunjungi klinik dokter hewan jika dirasa gejalanya mengkhawatirkan. Tunggu apa lagi, yuk segera gunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter hewan kapan dan di mana saja!

Referensi:
Wag Walking. Diakses pada 2021. How to Clean a Dog Kennel.
Horizon Structures. Diakses pada 2021. 5 Tips for Cleaning Outdoor Dog Kennels.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan