• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Caranya Mengurangi Porsi Makan Tanpa Kelaparan

Begini Caranya Mengurangi Porsi Makan Tanpa Kelaparan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Begini Caranya Mengurangi Porsi Makan Tanpa Kelaparan

Halodoc, Jakarta - Beragam cara dilakukan orang-orang untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal. Salah satu cara yang paling populer hingga saat ini  tentunya lewat program diet. Namun, namanya juga diet untuk memangkas berat badan. Wajarlah jika akan merasa kelaparan saat sedang diet. Meskipun begitu, ada lho cara mengurangi porsi makan tanpa membuat kamu merasakan kelaparan. Penasaran?

1. Fokus pada Makanan

Tentu kamu pernah melihat orang di sekitar kamu makan sambil melakukan kegiatan lain. Misalnya, menonton TV, berponsel ria, mengetik di komputer atau laptop, membaca, dan lain sebagainya. Jangan-jangan, apa kamu juga sering melakukan hal tersebut? Kalau iya, sebaiknya tinggalkan kebiasaan itu, ya.

Kegiatan sembari makan ini bisa mengganggu tubuh untuk merespon sinyal kelaparan dan kekenyangan. Hal inilah yang membuat kamu sulit untuk merasa kenyang. Nah, saat kamu menerapkan pola “mindful eating”, alias fokus pada apa yang ada di piring. Kamu pun akan lebih mudah untuk merasakan kapan harus berhenti makan ketika sudah kenyang.

2. Jangan Lupakan Protein

Bagaimana dengan lemak dan karbohidrat? Tunggu dulu, banyak penelitian yang sudah membuktikan kalau makanan yang banyak mengandung protein itu bisa meningkatkan rasa kenyang lebih besar, ketimbang lemak dan karbohidrat. Menurut ahli seperti dilansir The Express, protein merupakan makanan pokok dari menu sehat yang sudah terbukti bisa membuat tubuh kenyang sekaligus meningkatkan metabolisme semua makronutrien.

Dengan menambahkan asupan protein dalam menu harian kamu, hal ini bisa membantu untuk mengurangi porsi makan tanpa mesti merasa kelaparan. Lalu, makanan kaya protein seperti apa sih yang baik dimakan untuk menurunkan berat badan? Berdasarkan rekomendasi ahli, kamu bisa mencoba daging tanpa lemak, gandum, atau telur. Selain itu, tahu, tempe, kacang-kacangan, ikan, ayam tanpa kulit juga bisa jadi alternatif lainnya.

(Baca juga: Turunkan Berat Badan dengan Diet Mediterania

3. Piring Kecil

Lho, apa hubungannya ukuran piring dengan rasa kenyang atau kelaparan? Nah, kata ahli, ternyata ukuran piring itu bisa memengaruhi porsi makan yang kamu ambil. Menurut penelitian, seseorang cenderung mengisi piring mereka sebanyak 70 persen dengan makanan, terlepas dari ukuran piring yang mereka gunakan. Dengan kata lain, semakin besar piring yang kamu gunakan, semakin banyak pula makanan yang akan kamu ambil.

Selain itu, warna piring pun juga bisa memengaruhi banyak tidaknya makanan yang seseorang makan. Enggak percaya? Penelitian dari Cornell University, AS, mengatakan, ketika piring dan makanan memiliki kontras makanan yang tidak terlalu mencolok, maka orang cenderung akan makan lebih banyak. Oleh sebab itu, bila kamu ingin mengurangi porsi makan, gunakanlah piring yang berbeda dengan warna makanan. Misalnya, piring berwarna putih.

(Baca juga: Diet Dash Rahasia Langsing Setelah Lebaran)

4. Minum Sebelum Makan

Minum air sebelum melahap menu utama juga bisa menekan jumlah makanan yang akan kamu konsumsi. Kebiasaan ini bisa mencegah untuk makan berlebihan. Menurut penelitian, orang yang setidaknya minum sekitar dua gelas (550ml) sebelum sarapan, akan makan 13 persen lebih sedikit dari mereka yang tidak minum.

Selain itu, menurut hasil riset ahli dari Virgina Tech AS, wanita yang menjalankan program diet mampu menurunkan rata-rata 2,7 kilogram berat badannya, bila minum air putih dua atau tiga gelas sebelum makan.

5. Buah dan Sayuran

Cara mengurangi porsi makan juga bisa kamu lakukan dengan memenuhi piring lengkap dengan buah dan sayuran sebelum mengambil karbohidrat. Sebab ada juga penelitian yang mengatakan, rasa kenyang itu dipengaruhi oleh jumlah makanan yang kamu makan, bukannya jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan menambahkan porsi sayuran dan buah ke dalam menu harian, maka tubuh akan cepat merasa kenyang tanpa menyumbang kalori yang berlebihan. Selain itu, kedua makanan ini kaya serat sehingga dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Bila ingin mencoba cara itu, kamu bisa memenuhi setengah piring dengan sayur dan buah.

(Baca juga: 4 Cara Diet Setelah Melahirkan)

Nah, bagi kamu yang ingin tahu cara menurunkan berat badan tapa mesti kelaparan, atau masalah medis lainnya, bisa lo bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!