• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Pendistribusian Vaksin Corona di Indonesia

Begini Pendistribusian Vaksin Corona di Indonesia

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Pendistribusian vaksin corona mulai dilakukan, termasuk di Indonesia. Vaksin ini diharapkan bisa membantu memutus mata rantai penularan COVID-19. Seperti diketahui, virus corona sampai saat ini masih menjadi pandemi. Namun, sejumlah perusahaan sudah mulai memproduksi vaksin yang sebelumnya diuji secara klinis. Vaksin corona nantinya akan disuntikkan ke tubuh manusia untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus. 

Vaksin corona tidak berbeda jauh dengan jenis vaksin lainnya. Vaksin ini terbuat dari virus yang sudah dimatikan atau dilemahkan. Setelah masuk ke dalam tubuh, vaksin akan merangsang pembentukan antibodi yang berguna untuk melindungi tubuh. Karena itu, saat virus yang sebenarnya menyerang, tubuh akan mengenalinya dan melakukan perlawanan. Lantas, kapan dan bagaimana pendistribusian vaksin corona di Indonesia? Berikut pembahasannya!

Baca juga: Ketahui 6 Vaksin Corona yang Akan Digunakan di Indonesia

Rencana Distribusi Vaksin Corona 

Vaksin corona yang sudah tiba di Indonesia saat ini tengah disimpan di Bandung, siap untuk didistribusikan ke daerah lain. Melansir Kompas.com, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI Budi Setiyadi menyebut distribusi vaksin akan dilakukan secara khusus. Sebab, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengiriman vaksin, termasuk suhu penyimpanan. 

Kendaraan yang digunakan untuk mengirim vaksin corona harus memiliki pendingin suhu sesuai kebutuhan. Salah satu syarat penyimpanan vaksin adalah dry ice. Beberapa jenis vaksin harus disimpan di ruangan yang sangat dingin, misalnya vaksin Pfizer harus disimpan dalam suhu minus 70 derajat Celsius. Selain itu, pengiriman vaksin nantinya juga akan dilakukan dengan merekayasa lalu lintas, yaitu mengosongkan jalur tol. Tujuannya agar perjalanan lancar dan tidak mengganggu keselamatan pengendara lain. Petugas yang mengirimkan vaksin corona juga mengenakan senjata lengkap sesuai prosedur pengawalan.

Baca juga: Vaksin Corona Digratiskan, Kelompok Orang Ini Jadi Prioritas

Sebelum didistribusikan, sangat penting untuk memastikan vaksin disimpan dengan baik. Sebab jika salah, vaksin bisa mudah rusak serta menurun kegunaannya. Hal yang paling penting dan harus diperhatikan saat menyimpan vaksin adalah suhu ruangan atau tempat penyimpanan. Nyatanya, hal ini akan sangat memengaruhi proses pendistribusian vaksin corona. 

Penyimpanan vaksin yang bisa bertahan lama akan sangat berguna dalam proses distribusi. Sebab, jarak antara satu wilayah dengan wilayah yang lainnya mungkin saja membutuhkan waktu tempuh beberapa jam hingga beberapa hari. Jika penyimpanan tidak dimaksimalkan, kualitas vaksin bisa menurun bahkan rusak. Di Indonesia, vaksin Corona pertama sudah tiba pada Minggu (6/12/2020). Vaksin pertama yang masuk adalah vaksin CoronaVac buatan Sinovac Biotech, yaitu perusahaan farmasi asal China.

Kehadiran vaksin sangat dinanti untuk membantu melawan virus corona yang masih menjadi pandemi. Meski begitu, bukan berarti tidak ada hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko tertular virus. Mengingat pendistribusian vaksin mungkin membutuhkan waktu dan memiliki beberapa tantangan. 

Baca juga: Ini Fungsi Dry Ice untuk Penyimpanan Vaksin COVID-19

Jaga selalu kesehatan tubuh dengan menerapkan gaya hidup sehat, rajin mencuci tangan, serta mengonsumsi suplemen atau vitamin khusus untuk meningkatkan imunitas. Kamu bisa membeli vitamin dengan lebih mudah melalui aplikasi Halodoc. Hanya dengan satu aplikasi, nikmati kemudahan belanja produk kesehatan. Pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Fox News. Diakses pada 2021. Pfizer's coronavirus vaccine low-temperature storage requirement could be logistical snag.
Bloomberg. Diakses pada 2021. Dry Ice Rules for Massive Covid-19 Vaccine Airlift Approved.
Kompas.com. Diakses pada 2021. Distribusi Vaksin Dilakukan Secara Khusus dengan Kendaraan Berbeda.