• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Tips Memilih Pusat Kebugaran yang Tepat

Begini Tips Memilih Pusat Kebugaran yang Tepat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Banyaknya pusat-pusat kebugaran membuat beberapa orang kebingungan untuk menjatuhkan pilihan. Padahal, biaya yang dikeluaran relatif enggak sedikit, lho. Oleh sebab itu, kamu perlu cermat memilihnya sebelum mengeluarkan uang dari dompet. Alasannya biar uang yang keluar enggak terbuang sia-sia, dan kegiatan olahraga tetap berjalan nyaman dan efektif. Lalu, bagaimana sih cara memilih pusat kebugaran yang tepat?

Berdasarkan Tujuan dan Selera

Nah, sebelum tahu tips memilihnya, biasanya sebagian orang memilih cara instan untuk memilih pusat kebugaran. Misalnya, menilai kualitas sebuah pusat kebugaran (fitness center) berdasarkan harga yang ditawarkan. Simpel, anggapannya semakin mahal harganya, maka semakin bagus pula kualitasnya. Nah, apa betul kenyataannya seperti itu?

Padahal, cara memilih pusat kebugaran yang tepat enggak seperi itu. Kamu bisa mempertimbangkan dengan tujuan yang ingin dicapai, dan kesesuaian fitness center tersebut dengan kebutuhan. Enggak cuma itu, ada juga beberapa orang yang mempertimbangkan faktor kebersihan, kamar mandi, loker penyimpanan, hingga jumlah peralatan sehngga tak saling berebutan.  

Selain itu, memilih pusat kebugaran biasanya juga berdasarkan selera seseorang. Maklumlah, tiap orang punya seleranya masing-masing. Contohnya, berkaitan dengan atmosfer berolahraga khas tempat fitness. Ada yang menyukai pusat kebugaran yang berada di mall karena lebih menyenangkan, ada pula yang tidak.

Fitness center yang berada di mall memang punya daya tarik sendiri. Dengan konsep one stop shop, maka orang-orang bisa berolahraga sambil berbelanja, hang out, makan malam atau sarapan, atau sekadar jalan-jalan cuci mata.

Cara Memilih yang Tepat

Sebenarnya enggak ada sebuah fitness center yang ideal bagi semua orang. Pasalnya, masing-masing fitness center punya karakter yang khas. Dengan kata lain, fitness center yang cocok untuk si A, belum tentu pas buat si B. Nah, agar kamu enggak bingung menentukannya, begini beberapa cara memilih pusat kebugaran yang bisa kamu pertimbangkan:

  1. Perhatikan Tujuan

Kamu perlu mempertimbangkannya berdasarkan tujuan yang hendak dicapai. Ahli rehabilitasi fisik dan medis dari Mayo Clinic Sport Medicine Center, AS, selalu meminta calon konsumen untuk merumuskan betul tujuan bergabung ke fitness center. Apa untuk membentuk badan, atau untuk  menjaga kebugaran tubuh?

Nah, dari jawaban pertanyaan tersebut, calon konsumen bisa mendapatkan gambaran tentang fasilitas yang dibutuhkan. Contohnya, kalau sekadar ingin latihan angkat beban, fasilitas kolom renang tentu enggak diperlukan.

  1. Kunjungi Tempatnya

Sebelum mengambil keputusan, kamu sebaiknya perlu mengunjungi beberapa pusat kebugaran yang masuk ke daftar pilihan kamu. Dengan begitu, kamu bisa melihat secara langsung peralatan, fasilitas, dan cobalah bertanya langsung pada staf di sana. Nah, setelah itu cobalah pertimbangkan beberapa aspek berikut.

 

  • Lokasi, perhatikan jarak pusat kebugaran dari rumah atau kantormu. Hal ini penting untuk menghindari kerepotan di kemudian hari.
  • Fasilitas dan Lingkungan. Perhatikan pula kebersihan dan keamanan fitness center tersebut. Selain itu, coba lihat pula fasilitas tambahan. Misalnya, layanan penitipan anak, tempat parkir, handuk, hingga ruang steam atau sauna.
  • Kelas. Biasanya beberapa fitness center menawarkan beberapa kelas bagi konsumennya. Teliti dan cermatilah program-program dan jumlah pesertanya.
  • Staf, teliti kualitas para staf dan pelatih kebugaran.
  • Reputasi, kamu bisa bertanya pada teman atau kerabat mengenai reputasi pusat kebugaran tersebut. Nah, referensi seperti ini biasanya sangat membantu.
  • Biaya, yang satu ini juga perlu dipertimbangkan secara saksama. Apakah biaya yang dikeluarkan sebanding dengan pelayanan yang didapatkan? Yang terpenting, apakah sesuai dengan tujuanmu?

 

  1. Coba Dulu

Setelah mempertimbangkan beberapa aspek di atas dan menentukan pilihan, sebaiknya jangan langsung mendaftar. Kamu perlu mencobanya. Ada kok pusat kebugaran yang memberikan free trial untuk mencoba peralatan sebelum menjadi anggota. Nah, bila benar-benar sudah “klik”, barulah mendaftar.

(Baca Juga: Suka Fitness? Ini Suplemen yang Mesti Diketahui)

Kalau ingin tahu lebih lanjut mengenai cara memilih pusat kebugaran, kamu bisa juga bisa bertanya hal tersebut dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!