Belajar Menjadi Ibu Baru? Ini 7 Tips yang Bisa Ibu Tiru

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 September 2022

“Untuk belajar menjadi ibu baru di masa-masa awal, ada beberapa tips yang dapat ditiru. Misalnya miliki support system, terima bantuan, tetap sediakan waktu untuk diri sendiri, dan tidak perlu berusaha menjadi ibu yang sempurna.”

Belajar Menjadi Ibu Baru? Ini 7 Tips yang Bisa Ibu TiruBelajar Menjadi Ibu Baru? Ini 7 Tips yang Bisa Ibu Tiru

Halodoc, Jakarta – Menjadi ibu baru tentu merupakan pengalaman yang menyenangkan. Namun, di sisi lain pengalaman baru tersebut bisa terasa stres dan melelahkan. Ibu akan banyak menerima nasihat dari banyak orang, di sisi lain ibu juga akan belajar sesuatu yang baru setiap hari.

Menurut banyak pengalaman para ibu, lelah dan stres adalah pengalaman yang pasti dihadapi saat awal menjadi ibu baru. Meski lelah, ibu jangan menyerah. Berikut beberapa tips agar ibu bisa belajar menjadi ibu baru.

Tips agar Ibu Bisa Belajar Menjadi Ibu Baru

Untuk membantu masa-masa awal sebagai ibu baru, berikut tips yang dapat ditiru:

1. Miliki Support System

Ketahui siapa yang dapat memberi dukungan yang ibu butuhkan dalam beberapa minggu pertama. Orang tersebut yaitu:

  • Keluarga atau teman: tanyakan apakan apakah mereka bersedia membantu dan seberapa banyak mereka dapat membantu. 
  • Konsultan laktasi: Profesional di bidang laktasi dapat membantu ibu baru untuk belajar menyusui. Misalnya, mereka dapat membantu ibu tentang cara memosisikan bayi. Perlu dipahami, menyusui tidak selalu datang secara alami. Melainkan ibu dan Si Kecil yang sama-sama belajar. 
  • Doula pasca persalinan: Mereka dapat membantu ibu bertransisi ke bayi baru. Mereka mungkin juga akan mengajari teknik menenangkan bayi, mendengarkan kekhawatiran ibu, dan membantu pekerjaan rumah.

2. Terima Bantuan

Terimalah bantuan dari teman atau keluarga yang ingin membantu. Misalnya membantu mengambil makanan atau menjaga bayi saat ibu ingin mandi.

3. Terhubung dengan Orang Lain

Merawat bayi yang baru lahir siang dan malam mungkin masih menjadi aktivitas yang tidak biasa bagi ibu. Namun, ibu sebenarnya tidak sendirian. Cobalah untuk terhubung dengan ibu baru lainnya. Misalnya teman yang sama-sama beru menjadi ibu, atau temukan komunitas para ibu baru. 

4. Sediakan Waktu untuk Diri Sendiri

Ada baiknya ibu tetap meluangkan waktu untuk diri sendiri. Misalnya, tetap sempatkan mandi setiap pagi, bertemu teman-teman, atau berjalan-jalan. 

5. Jadilah Fleksibel

Perlu dipahami, bahwa kebiasaan bayi akan terus berubah sesuai tahap perkembangannya. Jadi, tidak perlu kecewa jika kebutuhan tidur dan makan bayi berubah. Cobalah untuk mempelajari isyarat bayi dan ikuti arusnya. Mulailah memahami dan menerima bahwa kehidupan dengan bayi tidak ada yang berjalan sesuai rencana. 

6. Menjauhlah Dari Perspektif Negatif

Ingatlah bahwa bayi berubah dengan cepat. Jika ibu merasa stres atau lelah, ingatlah bahwa itu hanya fase sesaat yang berlangsung dalam waktu singkat. Hal tersebut dapat membantu ibu menghargai dan menikmati waktu bersama Si Kecil. Masa-masa bayi baru lahir tidak akan terulang lagi.

7. Tidak Perlu Mencoba Jadi Ibu yang Sempurna

Perlu diketahui, bahwa tidak ada yang namanya ibu yang sempurna. Menjadi seorang ibu merupakan salah satu gelar tersulit untuk dipegang, tapi salah satu yang paling berharga. Hindari terlalu keras pada diri sendiri atau berkecil hati jika ibu gagal. Hal yang paling penting adalah terus belajar dan tidak menyerah.

Itulah yang perlu diketahui tips agar belajar menjadi ibu baru. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, selalu cari bantuan jika ibu membutuhkan. Ibu juga bisa bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc untuk sekedar bertanya atau memastikan sesuatu terkait kesehatan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Tips for New Moms: The First Few Weeks
Brides. Diakses pada 2022. This Is the Best Advice for New Moms
Parents. Diakses pada 2022. Parenting Tips Every New Mom Needs
What to expect. Diakses pada 2022. Best Advice for New Parents

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan