• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Anak Kidal Lebih Pintar?

Benarkah Anak Kidal Lebih Pintar?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Anak bertangan kidal bukan berarti ia mempunyai kekurangan, sehingga harus diperbaiki. Anak kidal justru istimewa karena selain jumlah populasinya sedikit, anak kidal juga dipercaya memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Benarkah demikian? Ternyata sudah ada beberapa penelitian yang mendapati bahwa kebanyakan orang bertangan kidal mempunyai kepintaran yang tidak dimiliki orang bertangan kanan.

Anak kidal dipercaya lebih pintar karena memiliki otak yang lebih terstruktur sehingga kemampuan intelektualnya lebih tinggi di atas rata-rata dalam berbagai bidang. Tidak hanya unik dan berbeda dari anak-anak pada umumnya yang menggunakan tangan kanan dalam melakukan berbagai aktivitas, anak kidal juga memiliki beberapa kelebihan, antara lain sebagai berikut:

Memiliki Logika Lebih Baik

Umumnya, pengguna tangan kiri menujukkan fungsi otak kanan yang lebih berkembang, terutama dalam proses nalar, kecerdasan mengenai bentuk dan ruang (spasial), dan kemampuan memvisualisasikan sebuah objek. Selain itu, koneksi antar dua belahan otak pada anak kidal lebih kuat, sehingga ia memiliki kemampuan lebih tinggi dalam memproses informasi.

Lebih Pintar Matematika

Sebuah penelitian yang dilakukan 30 tahun yang lalu menyatakan bahwa orang bertangan kidal memiliki kemampuan lebih unggul dalam matematika. Studi tersebut menemukan bahwa kebanyakan siswa yang berbakat di pelajaran matematika adalah anak bertangan kidal.

Kemudian hasil studi tersebut diuji kembali oleh dua orang profesor di Universitas Liverpool dengan cara melakukan percobaan terhadap 2300 siswa SMP dan SMA. Hasil percobaan yang dipublikasikan di jurnal Frontiers pada 9 Juni 2017 lalu menunjukkan bahwa anak bertangan kidal lebih unggul dalam menyelesaikan persoalan yang melibatkan pemecahan masalah yang sering ditemui dalam fungsi matematika.

Lebih Mahir di Bidang Musik

Dikutip dari micheleborba, Daniel Geschwind, M.D., Ph.D. seorang ahli genetika neurobehavioral, mencatat bahwa orang kidal cenderung mahir dalam bidang kreatif seperti musik, seni, dan arsitektur. Kebanyakan anak kidal dipercaya lebih unggul di bidang musik karena  mereka memiliki indera pendengaran yang lebih baik daripada pengguna tangan kanan dalam hal membedakan jenis suara. Berdasarkan presentasi dari Georgetown University Medical Center, anak kidal yang mengandalkan kerja otak kanan lebih cermat ketika membedakan jenis suara.

Lebih Kreatif

Berbeda dari otak kiri yang lebih mengutamakan ilmu pasti, otak kanan merupakan sisi otak yang penuh dengan imajinasi dan kreativitas tinggi. Sisi otak kanan lah yang mengatur kemampuan bermusik, seni, persepsi dan emosi.

Pengguna tangan kiri menggunakan otak kanannya lebih dominan dari otak kiri. Itulah sebabnya anak kidal memiliki kreativitas yang tinggi. Mereka biasanya imajinatif dan dapat mengeluarkan ide-ide yang menarik.

Lebih Jago Olahraga

Tidak hanya di bidang seni saja, di bidang olahraga pun terbukti ada banyak atlet kidal yang andal. Sebut saja pemain golf Phil Mickelson dan petenis Rafael Nadal yang terkenal akan kemampuannya yang hebat di setiap pertandingan olahraga. Menurut sebuah artikel dalam buku The Puzzle of Left-Handedness, orang kidal memiliki kelebihan dalam permainan bisbol, tenis dan tinju.

Melihat banyaknya potensi yang dimiliki oleh anak bertangan kidal, sebagai orangtua, kamu diharapkan dapat membimbingnya dengan baik agar kemampuan Si Kecil dapat berkembang dengan maksimal (Baca juga: Cara Dampingi Anak Bertangan Kidal). Kamu juga bisa mendiskusikan cara terbaik mendidik dan mengembangkan anak kidal dengan dokter terpercaya lewat aplikasi Halodoc. Ngobrol dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan dimana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.