• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Gejala Bronkitis Bisa Diobati dengan Bawang Putih?

Benarkah Gejala Bronkitis Bisa Diobati dengan Bawang Putih?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Bawang putih bisa dibilang merupakan salah satu rempah-rempah yang wajib ada di dapur. Hal itu karena bawang putih dapat menambah aroma dan memperkuat rasa pada hampir semua makanan.

Tidak hanya menjadi bumbu dapur yang penting, bawang putih ternyata juga dikenal akan khasiatnya untuk mengobati berbagai infeksi paru, termasuk bronkitis. Hal itu berkat kandungan anti mikroba yang dimiliki oleh bawang putih.

Baca juga: Benarkah Bawang Putih Dapat Membersihkan Paru-Paru?

Memahami Bronkitis dan Penyebabnya

Bronkitis adalah peradangan pada saluran udara utama paru-paru (bronkus), yang membawa udara ke dan dari paru-paru. Orang yang mengidap penyakit tersebut biasanya mengalami gejala berupa sering batuk dengan lendir yang kental dan bisa berubah warna.

Bronkitis dapat bersifat akut atau kronis. Bronkitis akut adalah jenis yang lebih umum terjadi dan disebabkan oleh virus, biasanya virus yang sama yang menjadi penyebab pilek dan flu (influenza). Sementara itu, bronkitis kronis adalah kondisi yang lebih serius yang terjadi akibat iritasi atau pembengkakan terus menerus pada lapisan saluran bronkial. Bronkitis kronis sering kali disebabkan karena merokok.

Gejala Bronkitis

Baik bronkitis akut maupun kronis dapat menimbulkan gejala-gejala berikut:

  • Batuk.
  • Produksi lendir (dahak) yang dapat berwarna bening, putih, abu-abu kekuningan atau hijau. Pada kasus yang jarang terjadi, terdapat bercak darah pada lendir.
  • Kelelahan.
  • Sesak napas.
  • Demam ringan dan menggigil.
  • Ketidaknyamanan pada dada.


Bila kamu mengidap bronkitis akut, kamu mungkin akan mengalami gejala flu, seperti sakit kepala ringan dan nyeri tubuh. Gejala tersebut biasanya bisa membaik dalam waktu sekitar satu minggu, namun gejala batuk bisa terus berlangsung selama beberapa minggu.

Sementara bronkitis kronis menyebabkan batuk produktif yang berlangsung setidaknya tiga bulan, dengan serangan berulang yang terjadi setidaknya selama dua tahun berturut-turut.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele Gangguan Pernapasan Bronkitis

Manfaat Bawang Putih untuk Mengobati Bronkitis

Bawang putih sudah diketahui dapat memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaatnya, yaitu membantu pertumbuhan rambut yang bagus dan tebal, mengatasi jerawat dan mengobati flu. Manfaat baru lainnya yang kini sudah terungkap adalah bawang putih dapat membantu melindungi kamu dari infeksi paru-paru.

Penelitian yang diungkap dalam Avicenna Journal of Phytomedicine mengevaluasi efek ekstrak allium sativum pada bawang putih terhadap virus bronkitis menular atau infectious bronchitis virus (IBV). Penelitian tersebut dilakukan pada empat kelompok embrio telur. Hasilnya, didapati bahwa ekstrak allium sativum pada bawang putih mampu menghambat pertumbuhan virus bronkitis menular pada embrio ayam.

Tidak hanya dapat melindungi tubuh dari infeksi virus, bahan aktif yang terdapat dalam bawang putih juga dapat melawan bakteri dan jamur. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One (Perpustakaan Umum Ilmu Pengetahuan) menunjukkan bahwa ‘allicin’, senyawa yang ditemukan dalam bawang putih dapat menangkal bakteri Burkholderia cepacia complex (BCC) yang menyebabkan infeksi paru-paru yang serius dan dapat menular pada orang dengan fibrosis kistik.

Ekstrak allicin yang bisa didapatkan dengan menghancurkan bawang putih mentah dapat menghambat pertumbuhan bakteri mematikan tersebut. Senyawa tersebut membunuh bakteri dengan cara memodifikasi enzim secara kimiawi. Peneliti juga percaya bahwa senyawa tersebut dapat digunakan dalam kombinasi dengan antibiotik yang ada untuk mengobati infeksi paru-paru.

Nah, itulah manfaat bawang putih untuk mengobati gejala bronkitis. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kesehatan tersebut dengan mengonsumsi bawang putih mentah. Namun, bila kamu tidak menyukai rasa dan baunya, kamu bisa mengonsumsi bawang putih dalam bentuk kapsul. 

Baca juga: Mau Paru-Paru Selalu Sehat? Coba Konsumsi 8 Makanan Ini

Sekarang, kamu bisa membeli suplemen dan obat-obatan yang kamu butuhkan lewat aplikasi Halodoc. Caranya sangat praktis, tinggal order saja lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang.



Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Bronchitis.
Avicenna Journal of Phytomedicine. Diakses pada 2020. The effect of Allium sativum (Garlic) extract on infectious bronchitis virus in specific pathogen free embryonic eggs.
NDTV Food. Diakses pada 2020. Raw Garlic Could Help Cure Lung Infection