• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Jambu Biji Bisa Mengobati Demam Berdarah?

Benarkah Jambu Biji Bisa Mengobati Demam Berdarah?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Demam berdarah dengue (DBD) disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini banyak dijumpai di daerah tropis dan subtropis seperti Indonesia. Orang yang tertular virus dengue umumnya ditandai dengan gejala demam tinggi, ruam, serta nyeri otot dan sendi. Jika tidak segera dirawat, DBD menyebabkan perdarahan hebat dan penurunan tekanan darah (syok).

Di Indonesia, jambu biji kerap dicari ketika seseorang terinfeksi DBD. Mengingat penyakit DBD dapat menurunkan jumlah trombosit pengidapnya, sebagian besar orang percaya bahwa jambu biji ampuh untuk menangani hal ini. Lantas, benarkah jambu biji ampuh untuk menaikkan jumlah trombosit? 

Baca juga: Jaga Kebersihan Rumah untuk Mencegah Demam Berdarah

Benarkah Jambu Biji Mampu Mengobati DBD?

Dikutip dari laman Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof DR. Dr. Sri Rejeki dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak, FKUI-RSCM mengatakan bahwa jus jambu biji tidak bermanfaat untuk menaikkan trombosit pada pengidap DBD. Menurutnya, anggapan bahwa jus jambu biji untuk menaikkan trombosit itu kurang tepat. Meskipun begitu, bukan berarti jambu biji tidak bermanfaat untuk mengobati DBD.

Prof DR. Dr. Sri Rejeki menegaskan, kandungan vitamin C dalam jambu biji bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ketika daya tahan tubuh meningkat, otomatis trombosit pada pengidap DBD juga naik secara perlahan. Selain minum jus jambu biji, sebaiknya kamu juga mengonsumsi makanan dan minuman bergizi lain yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh agar jumlah trombosit naik secara signifikan.

Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar mitos dan fakta kesehatan, tanyakan ke dokter Halodoc saja. Lewat aplikasi, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Makanan Sehat untuk Melawan DBD

Selain jambu biji, makanan-makanan di bawah ini juga tidak kalah sehat untuk melawan penyakit DBD. Melansir dari laman Columbia India Hospitals, berikut beberapa makanan sehat yang cocok dikonsumsi oleh pengidap DBD, yaitu:

  1. Daun Pepaya

Daun pepaya mengandung enzim papain dan chymopapain dapat membantu pencernaan, mencegah kembung dan gangguan pencernaan lain akibat demam berdarah. Daun pepaya juga mengandung vitamin C yang bekerja sebagai antioksidan, sehingga imunitas pengidap DBD bisa semakin kuat. 

  1. Buah Delima

Delima kaya nutrisi dan mineral penting, contohnya zat besi yang bermanfaat untuk pembentukan sel-sel darah merah. Oleh karena itu, rutin mengonsumsi buah delima membantu pengidap DBD dalam mempertahankan jumlah trombosit darah di angka yang normal. Delima juga menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh, sehingga dapat mengurangi rasa kelelahan.

Baca juga: Pola Hidup Sehat agar Lekas Pulih dari Demam Berdarah

  1. Air Kelapa

DBD adalah penyakit yang rentan membuat pengidapnya dehidrasi. Nah, air kelapa sarat akan elektrolit dan nutrisi penting yang berguna untuk mencegah dehidrasi. 

  1. Kunyit

Kunyit dikenal sifat antiseptiknya yang dapat meningkatkan metabolisme, sehingga pengidap DBD bisa pulih lebih cepat.

  1. Jeruk

Sebagian besar orang menyukai buah satu ini. Selain segar, jeruk juga kaya antioksidan dan vitamin C. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, vitamin C dan antioksidan lain bekerja menangkal radikal bebas, sehingga imunitas pengidap DBD bisa semakin kuat. 

  1. Brokoli

Brokoli adalah sumber vitamin K yang membantu regenerasi trombosit darah. Jika ada penurunan tajam dalam jumlah trombosit akibat DBD, brokoli menjadi solusi untuk mengembalikan trombosit ke angka yang normal. Bukan cuma vitamin K saja, brokoli juga kaya antioksidan dan mineral.

  1. Bayam

Bayam adalah sumber zat besi terbaik dan satu-satunya sayuran yang mengandung asam lemak omega-3. Zat besi dan omega-3 adalah perpaduan sempurna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

  1. Buah Kiwi

Buah kiwi mengandung vitamin A, vitamin E, dan potasium yang bekerja menyeimbangkan elektrolit tubuh dan membatasi hipertensi. Tembaga yang terkandung dalam kiwi juga berguna untuk pembentukan sel darah merah dan membangun kekebalan terhadap penyakit.

Baca juga: Jenis-Jenis Pemeriksaan Demam Berdarah yang Perlu Diketahui

Kalau kamu mengalami tanda-tanda DBD, sebaiknya jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter. Segera periksakan diri ke rumah sakit terdekat, sebelum kondisinya semakin memburuk. 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Dengue fever.
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Diakses pada 2020. Jus Jambu Biji Manjur Sembuhkan Demam Berdarah, Mitos atau Fakta?.
Columbia India Hospitals. Diakses pada 2020. Dengue Fever Prevention: What To Eat And What To Avoid.