Benarkah Kesemutan Jadi Gejala Gagal Ginjal?

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   13 Juli 2021
Benarkah Kesemutan Jadi Gejala Gagal Ginjal?Benarkah Kesemutan Jadi Gejala Gagal Ginjal?

“Pada pengidap gagal ginjal, gejala kesemutan di kaki dan tungkai adalah gejala yang sering dialami. Jika benar begitu, siapa pun harus mendapatkan pemeriksaan dokter berdasarkan gejala yang dirasakan. Penting untuk tidak mengabaikan datangnya kesemutan atau gejala apa pun yang terjadi secara intens dan mengganggu aktivitas.”

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu bahwa kesemutan di kaki dan tungkai bisa menjadi salah satu gejala gagal ginjal? Sebenarnya kesemutan tidak hanya jadi gejala gagal ginjal. Ada juga gejala lainnya, seperti sensasi kram, otot berkedut, atau sensasi nyeri yang meningkat di kaki dan tungkai, serta kelemahan otot.

Ginjal kronis atau gagal ginjal (uremia) terjadi ketika ginjal secara bertahap gagal berfungsi dengan baik. Ketika ginjal rusak, cairan dan produk limbah menumpuk di dalam tubuh. Pada beberapa kasus, gagal ginjal dapat menyebabkan neuropati perifer. Informasi selengkapnya mengenai gagal ginjal bisa dibaca di sini!

Baca juga: Kenali Gejala Khas Penyakit Gagal Ginjal

Kesemutan sebagai Gejala Gangguan Kesehatan

Mati rasa dan kesemutan adalah sensasi tertusuk yang tidak biasa yang dapat terjadi di bagian tubuh mana pun. Biasanya sensasi ini bisa diperoleh di tangan, kaki, lengan, dan tungkai. Kondisi ini tidak hanya menjadi penanda gangguan kesehatan tetapi aktivitas tertentu termasuk duduk dengan menyilangkan kaki atau tertidur di lengan.

Seperti apa rasanya kesemutan? Kesemutan digambarkan seperti perasaan mati rasa atau sensasi menusuk di tangan atau kaki. Terkadang rasa kesemutan juga digambarkan seperti sensasi terbakar. Seiring perkembangan penyakit, kesemutan bisa menyebabkan kelemahan otot dan akhirnya kehilangan massa pada otot yang berdampak pada saraf yang terkena. 

Jika mati rasa dan kesemutan terus berlanjut dan tidak ada penyebab yang jelas dari sensasi tersebut, itu bisa menjadi gejala penyakit atau cedera, seperti multiple sclerosis, carpal tunnel syndrome, termasuk juga gagal ginjal. Tentu saja perawatan untuk kondisi kesemutan ditangani berdasarkan diagnosis.

Cara untuk mengetahui penyebab pasti kesemutan, biasanya akan dilakukan pemeriksaan sebagai berikut:

1. Pemeriksaan neurologis.

2. Electromyography (EMG), yang mengukur aktivitas otot.

3. Tes kecepatan konduksi saraf.

4. Tes darah.

5. Perawatan untuk gagal ginjal termasuk dialisis dan transplantasi ginjal.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, setiap orang bisa mengalami mati rasa, kesemutan, atau sensasi terbakar pada waktu-waktu tertentu. Kamu mungkin akan merasakannya saat berdiri setelah duduk dalam satu posisi dalam waktu yang lama. Biasanya, kesemutan juga bisa sembuh dalam beberapa menit.

Kalau kesemutan yang kamu alami disertai rasa pusing atau kejang otot, atau mengalami ruam, ini berarti bukan kondisi normal. Terutama bila gejala di kaki memburuk saat kamu berjalan atau jika kamu buang air kecil lebih sering dari biasanya.

Baca juga: Ada Darah Dalam Urine, Waspadai 8 Hal Ini

Pada beberapa kasus, perasaan mati rasa dan kesemutan atau rasa terbakar dapat mengindikasikan cedera serius atau kondisi medis. Cari perawatan segera jika kamu mengalami kondisi berikut ini sebelum sensasi kesemutan terjadi: 

1. Cedera punggung, leher, atau kepala.

2. Ketidakmampuan untuk berjalan atau bergerak.

3. Kehilangan kesadaran, meski hanya untuk waktu yang singkat.

4. Perasaan bingung atau kesulitan berpikir jernih.

5. Cadel saat bicara.

6. Mengalami masalah penglihatan.

7. Sensasi lemah atau sakit parah.

8. Kehilangan kendali atas usus atau kandung kemih.

Gagal Ginjal Kerap Tanpa Gejala

Ginjal bisa rusak karena cedera fisik atau penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, atau gangguan lainnya. Tekanan darah tinggi dan diabetes adalah dua penyebab paling umum dari gagal ginjal.

Gagal ginjal tidak terjadi seketika. Kondisi ini merupakan dampak bertahap ketika ginjal kehilangan fungsinya. Beberapa orang bahkan tidak tahu bahwa mereka mengidap penyakit ginjal sampai ginjalnya gagal. Biasanya, pengidap penyakit ginjal dini tidak menunjukkan gejala signifikan sampai gejalanya muncul di akhir perkembangan penyakit.

Baca juga: Sakit Pinggang Tanda Sakit Batu Kandung Kemih?

Jika kamu sering mengalami gejala kesemutan dan mencurigai adanya penyakit gagal ginjal, sebaiknya tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Bila perlu buat jadwal kunjungan dokter di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan pemeriksaan langsung serta mendapatkan diagnosa yang tepat. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What’s Causing Tingling in My Feet?
National Kidney Foundation. Diakses pada 2020. What is Kidney Failure?
Healthline. Diakses pada 2020. Why Am I Experiencing Numbness and Tingling?



Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan