• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Madu Aman untuk Dikonsumsi Pengidap Diabetes?

Benarkah Madu Aman untuk Dikonsumsi Pengidap Diabetes?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Orang yang mengidap penyakit diabetes disarankan untuk menghindari konsumsi makanan atau minuman yang memiliki rasa manis, terutama yang banyak mengandung gula tambahan. Sebab, penyakit ini terjadi karena naiknya kadar gula dalam darah yang bisa terjadi karena kebiasaan mengonsumsi makanan manis secara berlebihan. Lantas, bagaimana dengan madu? 

Madu juga dikenal memiliki rasa yang manis, tapi jenis makanan yang satu ini ternyata cukup aman untuk dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Selama ini, madu sendiri terkenal memiliki sederet khasiat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Madu memiliki kandungan seperti air, gula, antioksidan, flavonoid, fenolat, vitamin E, vitamin C, asam amino, serta mineral seperti zinc dan zat besi.

Baca juga: Madu Pengganti Gula Terbaik untuk Pengidap Diabetes?

Madu dan Makanan yang Baik untuk Pengidap Diabetes

Selama ini, madu dikenal memiliki banyak manfaat dan bisa mengatasi gangguan kesehatan yang muncul. Satu sendok madu asli sering dikonsumsi untuk meredakan batuk, alergi, diare, hingga asma. Selain bermanfaat untuk kesehatan, madu juga sering dimanfaatkan untuk perawatan kulit dan kecantikan. Madu sering digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit, termasuk meredakan gatal dan menyembuhkan luka. 

Namun, tahukah kamu, jika tidak dikonsumsi secara berlebihan, madu juga baik untuk pengidap penyakit diabetes? Rutin mengonsumsi madu asli disebut bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada pengidap penyakit ini. Selain itu, konsumsi madu juga disebut bisa membantu menurunkan dan menjaga kadar kolesterol serta berat badan tetap seimbang. 

Sayangnya, hingga kini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat madu bagi pengidap penyakit diabetes. Penelitian juga masih dibutuhkan untuk mencari tahu jenis madu apa yang paling bermanfaat dan baik untuk dikonsumsi oleh pengidap penyakit diabetes. Selain madu, ada beberapa jenis makanan lain yang juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pengidap diabetes. 

Baca juga: Diabetes Tipe 2: Inilah 4 Camilan yang Mesti Dihindari Pengidapnya

Orang yang memiliki gangguan dengan kadar gula darah alias diabetes memang harus berhati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Sebab, salah mengonsumsi makanan malah bisa memicu lonjakan kadar gula darah dan menyebabkan munculnya beragam gejala penyakit. Pengidap diabetes disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan bergizi yang rendah lemak dan kalori.

Ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan bagi pengidap diabetes, di antaranya: 

1.Karbohidrat Kompleks 

Salah satu jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi pengidap diabetes adalah makanan yang terbuat dari karbohidrat kompleks atau biji-bijian. Jenis makanan yang masuk dalam kelompok ini adalah nasi merah, ubi panggang, oatmeal, roti, dan sereal dari biji-bijian utuh.

2.Daging Tanpa Lemak 

Pengidap diabetes boleh mengonsumsi daging, tapi sebaiknya pilih jenis daging tanpa lemak. Selain itu, disarankan juga untuk mengonsumsi ayam tanpa kulit. Namun, pastikan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi jenis makanan ini. 

3.Buah dan Sayur 

Pengidap diabetes juga disarankan untuk banyak mengonsumsi buah dan sayur. Konsumsi sayur-sayuran yang diproses dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, atau dikonsumsi mentah.

4.Produk Susu 

Pengidap diabetes juga bisa mengonsumsi susu atau produk susu rendah lemak, seperti yoghurt dan telur. Rutin mengonsumsi yoghurt rendah lemak dan tanpa tambahan gula disebut baik untuk diabetes. 

5.Ikan 

Pengidap diabetes juga disarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis ikan, seperti tuna, salmon, sarden, dan makarel. Namun, sebaiknya hindari ikan dengan kadar merkuri tinggi, misalnya ikan tongkol.

Baca juga: Madu Bisa Redakan Gejala Asam Lambung, Benarkah?

Mengatur pola makan nyatanya bisa menjadi salah satu cara mencegah gejala diabetes kambuh. Kamu bisa membicarakan seputar rencana diet atau daftar makanan yang dikonsumsi dengan bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Chat atau Video/Voice Call. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Diabetes diet: Create your healthy-eating plan.
WebMD. Diakses pada 2020. Best and Worst Foods for Diabetes.
WebMD. Diakses pada 2020. Honey's Effects on Diabetes and Blood Sugar.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Can people with type 2 diabetes eat honey?