• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Makanan Bersantan Jadi Penyebab Kanker Payudara?

Benarkah Makanan Bersantan Jadi Penyebab Kanker Payudara?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara, salah satunya makanan yang dikonsumsi. Maka dari itu, beberapa jenis makanan sebaiknya dihindari oleh wanita yang memiliki faktor risiko kanker payudara. Salah satu makanan yang disarankan untuk tidak dikonsumsi adalah makanan bersantan. Mengapa begitu? 

Risiko kanker, termasuk kanker payudara, nyatanya dipengaruhi oleh gaya hidup yang dijalani. Artinya, pola makan juga bisa menjadi salah satu pemicu penyakit ini. Kanker payudara adalah penyakit yang terjadi karena ada pertumbuhan sel-sel yang tidak normal di jaringan payudara. Nah, kebiasaan konsumsi makanan yang berlemak, termasuk makanan bersantan, bisa meningkatkan risiko tumbuhnya sel-sel tersebut. 

Baca juga: Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Cara Ini

Makanan yang Bisa Memicu Kanker Payudara

Makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, termasuk makanan bersantan bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara. Selain lemak jenuh, disarankan juga untuk menghindari konsumsi makanan yang tinggi kandungan lemak trans secara berlebihan. Selain pada makanan bersantan, kandungan lemak jenuh juga banyak ditemukan pada mentega dan produks susu. 

Jadi, apakah makanan bersantan dan makanan yang berlemak bisa menyebabkan terjadinya kanker payudara? Jawabannya bisa saja. Hal ini bisa terjadi karena kelebihan konsumsi lemak jenuh dan lemak trans. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsi makanan berlemak sama sekali. Sebaliknya, tubuh manusia justru membutuhkan asupan lemak sebagai sumber energi sehari-hari. 

Namun, jenis lemak yang dibutuhkan tubuh adalah lemak sehat. Tubuh manusia membutuhkan asupan makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Selain makanan bersantan dan makanan yang mengandung lemak jahat, ada beberapa jenis makanan lain yang sebaiknya dihindari agar tidak memicu kanker payudara, di antaranya: 

1.Daging Merah 

Tumpukan lemak dan kolesterol bisa memicu terjadinya kerusakan jaringan payudara dan meningkatkan kemungkinan terjadinya kanker payudara. Salah satu jenis makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan kolesterol jahat adalah daging merah. Maka dari itu, salah satu cara untuk menurunkan risiko kanker payudara adalah menghindari kebiasaan konsumsi daging merah secara berlebihan. 

Baca juga: Gejala Kanker Payudara yang Perlu Diketahui

2.Gula dan Makanan Manis 

Risiko kanker payudara juga bisa meningkat pada orang yang terlalu banyak mengonsumsi gula atau makanan manis. Sebab, hal ini bisa memicu risiko kelebihan berat badan alias obesitas, yang merupakan salah satu penyebab kanker. Selain itu, kebiasaan konsumsi gula juga disebut bisa menjadi penyebab resistensi insulin dan pada akhirnya memicu tubuh memproduksi lebih banyak hormon estrogen dan androgen, yang bisa meningkatkan risiko kanker payudara. 

3.Minuman Beralkohol 

Untuk menghindari risiko kanker payudara, disarankan juga untuk menghindari minuman yang mengandung alkohol. Orang yang memiliki faktor risiko kanker payudara sebaiknya hindari kebiasaan mengonsumsi bir, wine, atau minuman beralkohol lainnya secara berlebihan. 

Sebagai gantinya, cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari risiko kanker payudara. Agar risiko kanker payudara bisa ditekan, sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayuran, makanan yang mengandung protein, serta gandum utuh. 

Baca juga: Bisakah Kanker Payudara Sembuh tanpa Pengangkatan?

Cari tahu lebih lanjut seputar kanker payudara dan apa saja jenis makanan yang bisa meningkatkan risikonya dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call atau Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips menghindari risiko kanker payudara dari ahlinya. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
American Cancer Society. Diakses pada 2020. How Your Diet May Affect Your Risk of Breast Cancer. 
Science Daily. Diakses pada 2020. Study Links Trans Fatty Acids To Breast Cancer.
Healthline. Diakses pada 2020. Breast Cancer and Nutrition: Tips for Maintaining a Healthy Diet.