• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berapa Lama Penyembuhan Patah Tulang Paha?

Berapa Lama Penyembuhan Patah Tulang Paha?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Tidak ada salahnya untuk selalu berhati-hati dalam menjalankan aktivitas. Cedera yang kamu alami dapat meningkatkan risiko patah tulang paha. Tulang paha merupakan salah satu tulang yang terbesar dan terkuat dalam tubuh. Tentunya, saat kamu mengalami patah tulang paha, kondisi ini dapat menyebabkan kamu merasakan kondisi nyeri hingga kesulitan melakukan aktivitas seperti biasa.

Baca juga: Patah Tulang, Ini Waktu yang Dibutuhkan untuk Kembali Normal

Berbagai pengobatan dapat dilakukan untuk mengatasi dan merawat patah tulang paha. Tentunya perawatan dan pengobatan yang kamu jalani perlu dilakukan dengan tepat agar kondisi kamu cepat pulih. Perawatan untuk mengatasi patah tulang paha membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Untuk itu, ketahui perawatan yang perlu kamu lakukan agar pengobatan yang dijalankan menjadi optimal.

Kenali Gejala Patah Tulang Paha

Tulang paha menjadi salah satu bagian pada tubuh yang cukup besar dan sangat kuat. Kondisi ini menyebabkan tulang paha menjadi sangat sulit untuk mengalami gangguan, seperti patah atau cedera. Namun, tekanan dan kecelakaan yang cukup parah, misalnya kecelakaan lalu lintas dapat menjadi pemicu utama seseorang mengalami patah tulang paha.

Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja, tetapi pada orang yang memiliki usia lanjut kondisi ini juga cukup berisiko. Hal ini disebabkan pada lansia kekuatan tulang paha cenderung menurun, sehingga kecelakaan ringan pun dapat picu kondisi patah tulang paha.

Ada beberapa gejala yang akan dialami oleh pengidap patah tulang paha, seperti rasa nyeri yang cukup parah pada area paha, area paha mengalami pembengkakan atau memar, kaki yang mengalami patah tulang paha menjadi lebih pendek, kaki menjadi bengkok, kesulitan berdiri, hingga kaki tidak dapat bergerak.

Baca juga: 8 Jenis Patah Kaki yang Dapat Dialami Seseorang

Penyembuhan Patah Patah Tulang Paha

Untuk memastikan kondisi tulang paha, ada beberapa pemeriksaan yang perlu dilakukan, seperti X-ray dan juga CT Scan pada area tulang paha. Pengobatan yang cukup umum dilakukan untuk mengatasi patah tulang paha dengan tindakan bedah atau operasi. Tidak hanya itu, untuk mengurangi risiko infeksi pada area patah tulang paha biasanya tim medis akan memberikan pengobatan berupa antibiotik. 

Selain itu, pemasangan gips juga menjadi penanganan yang akan dilakukan untuk memastikan posisi tulang dalam posisi yang benar dan sejajar. Tentunya hal ini akan membantu selama proses penyembuhan berlangsung. 

Lalu, berapa lama proses penyembuhan yang diperlukan untuk mengatasi patah tulang paha? Proses penyembuhan akan disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan tingkat keparahan patah tulang yang terjadi. Namun, umumnya kondisi ini membutuhkan 3–6 bulan untuk masa penyembuhan.

Ada beberapa tahap perawatan yang akan dijalankan oleh seseorang yang mengalami patah tulang paha:

  1. Tahap pertama dilakukan untuk mengatasi rasa nyeri setelah patah tulang dan setelah melakukan tindakan operasi untuk pengobatan patah tulang paha. Penggunaan obat-obatan akan digunakan untuk membantu mengatasi rasa nyeri yang kamu alami. 
  2. Setelah kamu bisa mengatasi rasa sakit atau nyeri, kamu bisa berlatih untuk menggerakkan bagian tulang yang mengalami cedera. Sangat penting mengikuti aturan dan saran dokter saat kamu belajar untuk kembali menggunakan area yang cedera. Hal ini bertujuan untuk menghindari gangguan yang lebih parah. Jangan lupa untuk selalu menggunakan alat penyangga saat kamu mulai berlatih untuk berdiri atau berjalan.
  3. Tentunya cedera yang kamu alami juga menyebabkan gangguan pada kekuatan otot. Kondisi ini menyebabkan kamu juga perlu melakukan terapi fisik untuk memulihkan kekuatan otot, gerakan otot, serta kelenturan otot agar kembali normal.

Baca juga: Ketahui Langkah Diagnosis Patah Kaki yang Tepat

Itulah proses penyembuhan yang perlu kamu ketahui ketika alami cedera atau patah tulang paha. Segera gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter untuk pencegahan patah tulang paha. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Broken Femur.
Boston Medical Center. Diakses pada 2020. Femur Shaft Fracture Treatment