Berapa Lama Waktu Tidur yang Dibutuhkan Anjing?

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   03 Januari 2021
Berapa Lama Waktu Tidur yang Dibutuhkan Anjing? Berapa Lama Waktu Tidur yang Dibutuhkan Anjing?

Halodoc, Jakarta - Sama halnya seperti manusia, anjing membutuhkan tidur setiap harinya untuk beristirahat dan mengisi ulang energinya. Namun, tak sedikit pemilik anjing yang mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan anjing untuk beristirahat. 

Nah, memangnya berapa lama sih waktu tidur yang dibutuhkan anjing setiap harinya? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Baca juga: Ketahui Tips Memberi Makan Anjing Dewasa

Durasi yang Bervariasi

Apakah anjing kesayanganmu terlalu banyak tidur? Hati-hati, mengabaikan kondisi ini bisa berbahaya bagi kesehatan hewan kesayanganmu. Ada beragam hal yang menyebabkan kondisi ini, seperti depresi, infeksi, hingga penyakit seperti diabetes. 

Namun, jangan dulu berprasangka buruk kalau hewan tersebut mengidap penyakit atau tergolong pemalas. Sebab, mungkin saja dirimu tak mengetahui durasi waktu tidur yang dibutuhkan anjing setiap harinya. Lalu, kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan anjing untuk beristirahat? 

Umumnya, setiap anjing membutuhkan tidur selama 9-14 jam setiap harinya. Durasi ini adalah kombinasi dari tidur siang dan malam hari. Namun, jumlah waktu tidur yang dibutuhkan anjing bisa bervariasi. Hal ini dipengaruhi oleh usia, ras, ukuran, tingkat aktivitas, kesehatan, dan bahkan lokasi tidur.

Mengenai ukuran anjing, umumnya semakin besar anjing, semakin banyak energi yang dibutuhkannya untuk bergerak. Oleh karena itu, anjing yang lebih besar cenderung tidur lebih banyak daripada anjing kecil. 

“Anjing ras yang sangat besar seperti Mastiffs dan St. Bernards cenderung tidur lebih banyak daripada ras lain. Ini mungkin karena ukurannya yang besar. Mastiffs dan St. Bernards dapat memiliki berat lebih dari 200 pound, ” ujar Dr. Ochoa, DVM dari DogLab. 

Baca juga: Waspadai Masalah Pencernaan pada Anjing di Musim Hujan

Sedangkan anjing yang ukuran tubuhnya lebih kecil mungkin tidak tidur terlalu lama. Umumnya anjing kecil tidak terlalu aktif, mereka cenderung menghabiskan banyak waktu bersantai di sekitar rumah. 

“Bahkan untuk anjing kecil yang sangat aktif, mereka tetap tidak membakar kalori atau tidak membutuhkan jumlah energi yang banyak untuk menggerakan tubuhnya seperti ras Mastiff,” kata Dr. Ochoa

Nah, itulah sebabnya anjing yang berukuran kecil cenderung tidur tidak terlalu lama, bila dibandingkan dengan anjing berukuran besar.

Anak Anjing Bisa Lebih Lama

Selain ukuran dan ras anjing, waktu tidur yang dibutuhkan anjing juga dipengaruhi oleh usianya. Contohnya, seekor anak anjing bisa membutuhkan waktu selama 20 jam untuk beristirahat tiap harinya. Cukup lama, bukan? Jangan salah sangka dulu, ada beberapa alasan yang mendasarinya.

Anak anjing gemar sekali bermain terus-menerus. Nah, aktivitas ini yang membuat mereka kelelahan sehingga membuat mereka cenderung tertidur dalam waktu lama.

Di samping itu, tubuh mereka yang sedang berkembang perlu membakar banyak kalori demi pertumbuhannya. Nah, cara membakar kalorinya tentu dengan beraktivitas seperti bermain 

Baca juga: Ketahui Waktu Terbaik Anjing Jantan di Sterilisasi

Bagaimana dengan anjing yang terbilang sudah tua? Nah, di usia yang telah ‘senja’, waktu tidur yang dibutuhkan anjing ini hampir sebanyak anak anjing. Anjing yang sudah menua biasanya tidur siang lebih lama, diikuti dengan periode bergerak perlahan di sekitar rumah, dan kembali tidur siang lagi.

Bagi kamu yang mau tahu lebih jauh mengenai durasi yang dibutuhkan anjing untuk tertidur, bisa kok bertanya langsung pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 



Referensi:
Reader's Digest. Diakses pada 2020. How Many Hours a Day Do Dogs Sleep?
Sleep.org - National Sleep Foundation. Diakses pada 2020. How Much Do Dogs Sleep?
American Kennel Club. Diakses pada 2020. Should I Let My Dog Sleep Late Every Day?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan