• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berapa Waktu yang Dibutuhkan untuk Menyembuhkan Bronkitis?

Berapa Waktu yang Dibutuhkan untuk Menyembuhkan Bronkitis?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Batuk tak kunjung membaik dan disertai sesak napas atau nyeri dada? Hmmm, rasanya kamu perlu harap-harap cemas. Sebab bisa saja kondisi tersebut menandai adanya bronkitis pada tubuh. Jangan memandang sebelah mana bronkitis, karena penyakit ini bisa berujung pada kondisi yang lebih serius, seperti pneumonia. 

Bronkitis sendiri merupakan kondisi peradangan bronkus (dinding dalam saluran pernapasan utama) akibat infeksi, alergi, asap, dan sebagainya. Nah, bila saluran pernapasan ini mengalami iritasi, maka akan terbentuk lendir yang tebal di dalamnya. 

Kondisi ini bisa menyumbat sehingga menghalangi udara mencapai paru-paru. Makanya tak heran bila gejala yang dapat terjadi bisa berupa batuk berdahak yang mengandung banyak lendir, kesulitan bernapas, dan dada terasa sesak. 

Lantas, berapa lama sih waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan bronkitis? 

Baca juga: Kenali Gangguan Pernapasan Bronkitis

Bronkitis Timbulkan Beragam Gejala

Berbicara gejala bronkitis, batuk merupakan salah satu keluhan yang umumnya selalu dialami oleh pengidapnya. Batuk yang dialami bisa saja berupa batuk berdahak atau batuk kering. Pada batuk berdahak, dahak yang dikeluarkan biasanya berwarna putih, hijau, atau kuning keabuan. 

Akan tetapi, ada pula berbagai keluhanan yang bisa saja dialami oleh pengidapnya, antara lain: 

  • Batuk disertai lendir berwarna kuning keabu-abuan atau hijau;

  • Sakit tenggorokan;

  • Sesak napas;

  • Hidung beringus atau tersumbat;

  • Sakit atau rasa tidak nyaman pada dada;

  • Kelelahan; dan

  • Demam ringan.

Selain gejala-gejala di atas, ada pula gejala lainnya yang mesti diwaspadai. Contohnya:

  • Batuk lebih dari 3 minggu, atau menimbulkan nyeri pada dada.

  • Batuk mengeluarkan darah atau dahak berwarna gelap.

  • Batuk terjadi terus-menerus, contohnya 30 kali dalam satu menit, bahkan sampai menimbulkan suara kasar. 

  • Berat badan menurun.

Ingat, segeralah temui dokter atau tanyakan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc.

Baca juga: Ini Gejala Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut yang Perlu Diwaspadai

Kembali ke pertanyaan di atas, berapa lama sih waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan bronkitis? 

Hitungan Hari hingga Bulan

Dari banyaknya hal yang bisa menyebabkan bronkitis, kebiasaan merokok merupakan yang paling sering jadi biang keladinya. Pasalnya, di tiap hisapan rokok amat berpotensi untuk merusak bulu-bulu kecil di dalam paru-paru (rambut silia). 

Padahal, rambut silia ini punya peran untuk menghalau dan menyapu keluar debu, iritasi, dan mukosa atau lendir yang berlebihan. Hal yang bikin resah, zat yang terdapat dalam rokok bisa menimbulkan kerusakan permanen pada silia dan lapisan dinding bronkus. 

Imbasnya kotoran pun tak bisa dikeluarkan dan dibuang dengan normal. Alhasil, lendir dan kotoran akan menumpuk di dalam paru-paru. Nah, hal inilah yang nantinya bisa membuat sistem pernapasan jadi rentan terinfeksi. 

Baca juga: Bayi Tanpa Asi Berpotensi terkena bronkiolitis

Bila keadaan di atas berlangsung lebih dari tiga bulan, maka seseorang bisa dikatakan mengidap bronkitis kronis. Bronkitis jenis ini merupakan kondisi peradangan atau iritasi pada saluran pernapasan secara terus-menerus. Kondisi ini amat sering dijumpai oleh orang dewasa yang merokok. Kondisi ini bisa berlangsung selama dua bulan atau lebih.

Sedangkan bronkitis akut lain ceritanya. Masalah pernapasan ini sering terjadi pada anak balita. Bronkitis jenis ini biasanya hanya berlangsung singkat, kira-kira selama satu minggu hingga 10 hari. Akan tetapi, batuk yang dialami bisa berlangsung lebih lama. 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Conditions & Diseases. Bronchitis.
Web MD. Diakses pada 2020. Bronchitis.
Healthline. Diakses pada 2020. Acute Bronchitis: Symptoms, Causes, Treatment, and More.