Berbagai Manfaat Akupunktur untuk Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Juni 2022

“Akupunktur adalah salah satu pengobatan alternatif yang dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Ketahui berbagai manfaat akupunktur untuk kesehatan tubuh di sini!”

Berbagai Manfaat Akupunktur untuk Kesehatan TubuhBerbagai Manfaat Akupunktur untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Beberapa orang lebih menyukai pengobatan alternatif untuk mengatasi masalah kesehatan. Salah satunya adalah akupunktur. Metode ini dipercaya dapat mengatasi rasa sakit pada tubuh secara alami. Namun, apa saja, sih, manfaat akupuntur untuk kesehatan tubuh? Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Manfaat Akupuntur yang Perlu Diketahui

Terapi akupunktur adalah teknik yang melibatkan penyisipan jarum yang sangat tipis melalui kulit di titik-titik tertentu pada tubuh. Metode pengobatan ini dilakukan dengan teknik menyeimbangkan aliran energi yang disebut dengan chi pada jalur (meridian) di dalam tubuh. Dengan memasukkan jarum ke titik-titik tertentu di sepanjang meridian, aliran energi di tubuh bisa kembali seimbang.

Metode ini paling umum digunakan untuk menghilangkan rasa sakit, tetapi bisa juga memberikan manfaat lainnya terkait kesehatan tubuh. Maka dari itu, semua orang perlu tahu berbagai manfaat akupuntur untuk kesehatan jika ingin mencobanya. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Mengurangi Stres

Salah satu manfaat akupunktur untuk kesehatan tubuh adalah mengurangi stres. Pemulihan keseimbangan energi dan memicu respons sistem saraf yang lebih baik adalah kunci untuk menurunkan perasaan stres tubuh. Cara ini dapat menurunkan kadar hormon stres dan meningkatkan suasana hati agar perasaan cemas berkurang dan lebih bahagia.

2. Mengurangi Nyeri Punggung dan Sendi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, manfaat akupunktur yang paling utama adalah meredakan nyeri. Nah, cara ini dapat mengurangi ketegangan pada punggung dan leher, sehingga rasa nyeri pada punggung serta sendi jauh berkurang. Metode ini banyak dipilih karena salah satu cara bebas obat untuk atasi nyeri.

3. Meredakan Sakit Kepala

Seseorang yang kerap mengalami masalah sakit kepala kronis dan migrain dapat menjadi lebih baik setelah melakukan perawatan akupunktur. Terapi ini dapat mengatasi masalah sakit kepala untuk seseorang yang tidak ingin ketergantungan pada obat resep. Disebutkan jika manfaat akupuntur ini dapat mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan sakit kepala yang kronis.

4. Tidur yang Lebih Baik

Manfaat akupuntur lainnya adalah membuat tidur menjadi lebih baik. Saat energi tubuh seimbang dan sistem saraf mendapatkan rangsangan, kualitas saat tidur di malam hari juga meningkat. Terapi ini sudah teruji untuk mengatasi masalah insomnia dan masalah tidur lainnya. Seseorang yang mengalami masalah ini tidak perlu mengonsumsi obat tidur lagi setelahnya.

5. Meredakan Alergi

Seseorang yang memiliki alergi juga dapat lebih baik setelah mendapatkan terapi akupunktur. Cara ini umumnya dilakukan sebelum musim alergi terjadi. Akupunktur dapat memperkuat respons kekebalan tubuh dari alergi, sehingga aktivitas harian bisa dilakukan secara normal. Terkadang, cara ini dikombinasikan dengan obat alergi untuk menurunkan kemungkinan alergi untuk kambuh.

6. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi dapat terjadi akibat stres atau gaya hidup yang buruk. Nah, kombinasi perawatan akupunktur dengan perawatan medis dapat menjaga tekanan darah tetap normal. Cara ini dapat membantu untuk mendukung fungsi jantung dan aliran darah secara tepat. Terkadang, cara ini lebih baik dibandingkan hanya mengonsumsi obat pengendali tekanan darah.

Itulah beberapa manfaat akupunktur yang perlu kamu ketahui. Segera temui spesialis akupunktur  jika kamu ingin mendapatkan salah satu manfaat yang disebutkan. Terapi ini relatif aman untuk dilakukan pada semua orang kecuali seseorang yang memiliki masalah gangguan perdarahan, menggunakan alat pacu jantung, atau sedang hamil. Sebelum melakukan akupunktur, sebaiknya berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu.

Kamu bisa bertanya pada dokter dari Halodoc terkait segala hal yang berhubungan dengan akupunktur melalui fitur tanya dokter. Untuk dapat berinteraksi dengan dokter, kamu perlu download aplikasi Halodoc dan pertanyaan bisa diajukan kapan dan dimana saja. Untuk itu, segera gunakan aplikasinya sekarang juga!

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Acupuncture.
Pacific College. Diakses pada 2022. 14 Benefits of Acupuncture: The Mind/Body Connection.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan