• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbeda-beda, Inilah 4 Gaya Menyusui Ibu
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbeda-beda, Inilah 4 Gaya Menyusui Ibu

Berbeda-beda, Inilah 4 Gaya Menyusui Ibu

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 30 Juli 2020
Berbeda-beda, Inilah 4 Gaya Menyusui IbuBerbeda-beda, Inilah 4 Gaya Menyusui Ibu

Halodoc, Jakarta – Memberikan ASI secara langsung pada bayi yang baru dilahirkan menjadi hal yang dilakukan oleh semua ibu setelah menjalani persalinan. Namun, proses menyusui tidak semudah yang dibayangkan. Salah satu hal yang menjadi faktor penting dalam proses menyusui adalah kenyamanan posisi ibu dan bayi.

Baca juga: Mitos dan Fakta tentang Menyusui yang Perlu Diketahui Ibu

Mencari posisi yang nyaman bagi ibu maupun bayi memang tidak mudah. Selain itu, setiap ibu memiliki posisi favorit masing-masing yang tentunya berbeda dari ibu yang lain. Ketahui gaya menyusui yang banyak digunakan oleh ibu agar mendapatkan posisi menyusui yang nyaman berikut ini.

1.Cradle Hold

Melansir dari laman Start for Life NHS, posisi cradle hold menjadi salah satu posisi yang cukup banyak disukai oleh ibu yang baru memiliki bayi. Namun, jika ibu menjalani persalinan dengan operasi caesar, posisi cradle hold dinilai kurang efektif karena dapat menyebabkan nyeri pada luka operasi. Untuk langkah awal, carilah tempat yang nyaman untuk menyusui, misalnya kursi yang terdapat sandaran tangan atau di antara tumpukan bantal. 

Untuk membuat posisi cradle hold, baringkan posisi pada pangkuan ibu dengan menghadap pada wajah ibu. Letakkan kepala bayi pada siku dalam tangan dan gunakan tangan untuk menopang tubuh bayi. Jangan lupa untuk memposisikan lengan bayi yang berada dekat tubuh ibu pada lengan bawah ibu agar tidak terjepit. Arahkan mulut bayi pada puting dengan tangan yang digunakan untuk menopang tubuh bayi.

2.The Side Lying Position

Melansir Very Well Family, posisi ini sangat nyaman digunakan untuk ibu yang menjalani persalinan dengan operasi caesar. Selain itu, posisi ini juga nyaman dilakukan ibu saat menyusui bayi pada tengah malam.

Saat ibu berada dalam posisi berbaring, miringkan tubuh dan letakkan bayi menghadap ke wajah ibu. Pastikan ibu dalam posisi miring yang nyaman dan gunakan bantal untuk kepala serta sandaran pada belakang tubuh. Miringkan posisi bayi secara perlahan, hingga perut bayi dan perut ibu bersentuhan. Posisikan mulut bayi dekat dengan puting, pastikan area wajah bayi tidak tertutup oleh tubuh ibu.

Baca juga: Mitos dan Fakta Tentang Menyusui

3.The Football Hold

The football hold dikenal juga sebagai clutch hold. Posisi ini nyatanya menjadi posisi terbaik bagi ibu yang memiliki anak kembar. Selain itu, bagi ibu yang menjalani persalinan dengan caesar juga dapat menyusui dengan posisi ini karena bayi tidak menekan perut atau luka bekas operasi.

Untuk melakukan posisi ini, ibu bisa meletakkan bantal pada salah satu sisi tubuh ibu. Gunakan bantal yang nyaman karena bantal akan digunakan untuk menopang tubuh bayi. Letakkan kepala bayi dengan dengan payudara dan topang tubuhnya dengan tangan di atas bantal dan selipkan kaki bayi di antara lengan dan tubuh ibu.

4.Sitting Baby

Posisi sitting baby dapat dilakukan ketika bayi sudah mulai dapat menegakkan kepalanya atau duduk sendiri. Posisi ini sangat nyaman ketika ibu menyusui anak ketika sedang berada dalam perjalanan.

Melansir Medical News Today, saat ibu akan melakukan posisi sitting baby sebaiknya berada dalam posisi duduk. Kemudian, letakkan bayi dalam posisi duduk diatas pangkuan ibu dengan kedua kaki bayi berada di kanan dan kiri. Gunakan tangan kiri untuk menopang tubuh dan kepala bayi. Pastikan punggung dan leher bayi dalam keadaan tegak lurus. Tangan kanan bisa digunakan untuk memastikan area wajah anak tidak tertutup oleh tubuh ibu.

Baca juga: Nutrisi yang Diperlukan Ibu Menyusui

Itulah beberapa posisi yang banyak digunakan oleh ibu ketika menyusui. Jika ibu mengalami gangguan selama proses menyusui, tidak ada salahnya untuk mengunjungi klinik laktasi terdekat agar proses menyusui yang ibu jalankan dapat berjalan dengan baik.

Selain itu, apabila ada yang ingin ditanyakan tentang proses menyusui, ibu juga bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc, kapan saja dan di mana saja. 

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. What Are The Best Positions for Breastfeeding
Very Well Family. Diakses pada 2020. 5 Common Breastfeeding Positions to Try
Start For Life NHS. Diakses pada 2020. How to Breastfeed