• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berenang Dianjurkan untuk Pengidap Diabetes, Ini Alasannya

Berenang Dianjurkan untuk Pengidap Diabetes, Ini Alasannya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Diabetes adalah penyakit kronis yang perlu dikelola agar tidak menimbulkan komplikasi serius. Perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat wajib dilakukan oleh pengidap diabetes, salah satunya dengan rutin berolahraga. Di antara banyaknya jenis olahraga untuk pengidap diabetes, berenang adalah salah satu yang dianjurkan. 

Namun, bukan berarti olahraga lainnya tidak boleh dilakukan. Selain menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, olahraga untuk pengidap diabetes bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Artinya, tubuh pengidap diabetes bisa terbentuk dalam melawan resistensi insulin yang dialami, sehingga kadar gula darah dapat lebih terkendali. 

Baca juga: Amputasi pada Pengidap Diabetes Bisa Susah Sembuh?

Alasan Berenang Baik untuk Pengidap Diabetes

Olahraga yang dilakukan pengidap diabetes membawa banyak manfaat. Tak hanya untuk memelihara kesehatan tubuh, namun juga membantu mengelola kadar gula darah. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh pengidap diabetes. Namun, berenang adalah salah satu yang paling dianjurkan.

Berenang tidak memberikan tekanan pada sendi. Hal ini membuat pengidap diabetes yang mengalami obesitas bisa mendapatkan manfaat dari olahraga ini. Selain itu, berenang juga dapat menurunkan kadar kolesterol, mengurangi stres, membakar kalori, dan melatih otot-otot tubuh. 

Baca juga: Lakukan 6 Langkah Ini untuk Mengobati Luka Pengidap Diabetes

Tips Berenang bagi Pengidap Diabetes

Pengidap diabetes perlu berenang setidaknya tiga kali dalam seminggu agar mendapatkan manfaat yang optimal. Pada tahap awal, kamu bisa memulainya dengan durasi 10 menit terlebih dahulu. Jika sudah terbiasa, durasi berenang bisa ditingkatkan secara bertahap, hingga 30 menit per sesinya. 

Salah satu yang jadi keunggulan berenang untuk pengidap diabetes adalah tidak terbebaninya kaki oleh berat tubuh. Hal ini juga baik karena pada kondisi diabetes aliran darah ke tungkai, terutama kaki, menurun. Selain itu, diabetes juga membuat saraf-saraf terkadang mengalami gangguan, sehingga terjadi penurunan indera perasa pada kaki

Meski dianjurkan dan bermanfaat, pengidap diabetes juga perlu hati-hati ketika berenang. Misalnya, dengan memerhatikan keselamatan diri, agar tidak tergelincir atau terjatuh di tepi kolam renang. Sebab, luka yang dialami pengidap diabetes akan sembuh dengan lambat dan rentan mengalami infeksi. 

Selain itu, kondisi tubuh setiap pengidap diabetes juga tentunya berbeda-beda, sehingga sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter, sebelum menentukan jenis olahraga yang tepat. Agar lebih mudah, kamu juga bisa download aplikasi Halodoc untuk berdiskusi dengan dokter, kapan dan di mana saja. 

Baca juga: Begini Cara Pencegahan Amputasi pada Pengidap Diabetes

Tak hanya memeriksakan diri dan berkonsultasi pada dokter, berikut ini hal umum yang perlu diperhatikan jika pengidap diabetes ingin berolahraga:

  • Mulailah olahraga secara perlahan dengan intensitas ringan terlebih dulu. Terutama jika kamu baru pertama kali berolahraga. 
  • Periksa kadar gula darah sebelum dan sesudah olahraga.
  • Bagi pengidap diabetes tipe 1 dan tipe 2, pastikan jumlah kadar gula darah kurang dari 250 mg/dl sebelum berolahraga. Sebab, kadar gula darah di atas 250 mg/dl saat berolahraga pada pengidap diabetes tipe 1 justru dapat memicu ketoasidosis yang berbahaya. 
  • Lakukan pemanasan dengan baik sebelum berolahraga, dan pendinginan setelahnya.
  • Pastikan kebutuhan cairan terpenuhi dengan baik sebelum, selama, dan sesudah berolahraga.
  • Kenakan pakaian yang nyaman. 
  • Jangan berolahraga saat cuaca panas.

Selain hal-hal itu, penting juga untuk tidak memaksa tubuh untuk terus berolahraga ketika sudah lelah. Olahraga berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan. Ingatlah juga untuk tetap cukup beristirahat setelah berolahraga, agar kesehatan tidak terganggu.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. The Best Exercises If You Have Diabetes.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. 5 Best Exercises for People with Diabetes.
Everyday Health. Diakses pada 2020. 9 Exercises for Stress Relief.
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2020. The importance of exercise when you have diabetes.