Betakaroten Baik untuk Kesehatan Mata, Ini Alasannya

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   12 Oktober 2020
Betakaroten Baik untuk Kesehatan Mata, Ini AlasannyaBetakaroten Baik untuk Kesehatan Mata, Ini Alasannya

Halodoc, Jakarta – Beta-karoten dikenal luas sebagai nutrisi yang banyak ditemukan pada wortel, tapi kandungan tersebut juga bisa ditemukan pada banyak buah dan sayuran lainnya. Beta-karoten juga dikenal sebagai nutrisi yang baik untuk kesehatan mata. Berikut ulasannya. 

Beta-karoten diubah menjadi vitamin A saat dimetabolisme di dalam tubuh. Vitamin A merupakan vitamin yang esensial bagi tubuh, karena berperan untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan tulang, dan kesehatan mata. 

Baca juga: Enggak Hanya Baik untuk Mata, Ini 6 Manfaat Wortel

Alasan Betakaroten Baik untuk Kesehatan Mata

Ada banyak cara vitamin A membantu menjaga kesehatan mata kita, antara lain:

1.Melindungi Permukaan Mata (Kornea)

Vitamin A dan beta-karoten membantu kesehatan mata dengan menjaga permukaan mata atau kornea tetap lembap dan sehat. Kekurangan vitamin A seringkali menyebabkan mata kering, yang lama kelamaan bisa menyebabkan ulkus kornea, pengaburan bagian depan mata, dan kehilangan penglihatan.

Selain itu, vitamin A juga membantu permukaan mata, selaput lendir dan kulit menjadi penghalang yang efektif terhadap bakteri dan virus, sehingga mengurangi risiko infeksi mata, gangguan pernafasan dan penyakit infeksi lainnya. 

2.Menyehatkan dan Meningkatkan Penglihatan

Sebagai karotenoid, beta-karoten juga mengurangi stres oksidatif pada mata akibat cahaya biru yang dipancarkan matahari dan berbagai layar perangkat kamu. Beta-karoten juga dapat membuat penglihatan lebih tajam. Nutrisi tersebut membantu meningkatkan penglihatan di malam hari dan perifer.

3.Mengurangi Risiko Kebutaan Akibat Degenerasi Makula

Bila dikombinasikan dengan vitamin antioksidan lainnya, vitamin A dipercaya juga berperan dalam menurunkan risiko kehilangan penglihatan akibat degenerasi makula atau macular degeneration (AMD). Dalam Studi Penyakit Mata Terkait Usia yang disponsori oleh National Eye Institute, orang dengan AMD ringan atau sedang yang mengonsumsi multivitamin harian yang termasuk vitamin A (sebagai beta-karoten, vitamin C, vitamin E, seng dan tembaga mengalami penurunan risiko AMD tingkat lanjut sebanyak 25 persen dalam periode enam tahun.

Baca juga: Apakah Pengobatan Terbaik untuk Atasi Degenerasi Makula?

4.Memperpanjang Penglihatan Pada Pengidap Retinitis Pigmentosa

Kombinasi vitamin A dan lutein tampaknya juga dapat memperpanjang penglihatan pada orang yang mengidap retinitis pigmentosa (RP). Sebuah studi yang dilakukan empat tahun lalu oleh para peneliti dari Harvard Medical School dan universitas terkemuka lainnya menemukan bahwa orang dengan retinitis pigmentosa yang mengonsumsi suplemen vitamin A (15000 IU) dan lutein 12 miligram setiap hari mengalami penurunan penglihatan tepi yang lebih lambat daripada mereka yang tidak mengonsumsi gabungan suplemen tersebut.

Tips Mendapatkan Asupan Beta-karoten

Beta-karoten sangat baik untuk mata, maka penting untuk mengonsumsi makanan seimbang yang mengandung nutrisi tersebut untuk menjaga kesehatan mata. Dibandingkan mengonsumsi suplemen, cara paling baik untuk mendapatkan asupan beta-karoten adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi agar dapat diserap dan diubah oleh tubuh menjadi provitamin A. 

Berikut adalah makanan yang mengandung beta-karoten tinggi, sehingga baik untuk dimasukkan ke dalam menu makanan kamu sehari-hari:

  • Wortel;
  • Paprika;
  • Ubi jalar;
  • Labu;
  • Sayuran berdaun hijau.

Belum ada penelitian yang cukup untuk menetapkan berapa jumlah asupan beta-karoten harian yang direkomendasikan. Dosis beta-karoten yang ideal juga bisa bervariasi tergantung usia, jenis kelamin, dan kesehatan kamu. Namun, dosis beta-karoten umumnya berkisar mulai dari 60 hingga 180 miligram per hari. 

Asupan beta-karoten yang didapatkan dari makanan mungkin juga perlu dikombinasikan dengan suplemen vitamin lainnya untuk meningkatkan manfaatnya untuk kesehatan mata. Bicarakanlah dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi dosis beta-karoten yang tepat sesuai dengan kondisi kamu.

Baca juga: Tak Cuma Wortel, Ada Makanan Lain yang Bisa Bikin Mata Sehat

Kamu juga bisa membeli suplemen dan vitamin yang kamu butuhkan lewat aplikasi Halodoc, lho. Tanpa perlu repot-repot keluar rumah, pesanan vitamin kamu akan diantar ke lokasi yang kamu inginkan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang.



Referensi:
NVISION. Diakses pada 2020. Beta-carotene: Does It Actually Affect Or Improve Vision?.
All About Vision. Diakses pada 2020. Eye benefits of vitamin A and beta-carotene.
Verywell Fit. Diakses pada 2020. The Health Benefits of Beta-Carotene.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan