• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bioskop Segera Dibuka, Ini Pengaruh Mood Pada Imunitas Tubuh

Bioskop Segera Dibuka, Ini Pengaruh Mood Pada Imunitas Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Sejak wabah COVID-19 merebak di Indonesia, banyak fasilitas umum dan tempat hiburan yang ditutup untuk mencegah penyebaran virus, salah satunya adalah bioskop. Namun, ada kabar baik bagi kamu yang sudah kangen menonton film di bioskop. 

Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 berencana melakukan pembukaan kembali bioskop dalam waktu dekat. Salah satu alasannya karena bioskop dinilai berkontribusi untuk meningkatkan imunitas tubuh masyarakat yang berkaitan dengan penanganan COVID-19.

Dengan menonton film di bioskop, masyarakat dapat merasa bahagia dan suasana hati pun meningkat, yang akhirnya juga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Imunitas yang kuat diketahui dapat memperkecil risiko terpapar COVID-19. Benarkah suasana hati atau mood dapat berpengaruh pada imunitas tubuh?

Baca juga: Kasusnya Meningkat , Ini 8 Cara Perkuat Sistem Imun Tangkal Virus Corona

Pengaruh Mood Pada Imunitas Tubuh

Dilansir dari Psych Central, para peneliti telah menemukan banyak bukti bahwa emosi yang positif meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sedangkan sebaliknya, emosi yang negatif dapat menurunkannya. Contohnya, kelompok orang yang merasakan kesepian, kemarahan, trauma, dan masalah hubungan, tampaknya memerlukan waktu lebih lama untuk sembuh dari penyakit. Sementara kelompok orang yang bersenang-senang dengan teman dan keluarga terlihat memiliki imunitas tubuh yang lebih baik. 

Alasan hubungan sebab akibat antara mood dan imunitas tubuh masih belum jelas, tapi otak tampaknya memiliki efek langsung pada hormon stres seperti adrenalin dan kortisol, yang memberikan pengaruh besar pada sistem saraf dan kekebalan.

Dalam jangka pendek, hormon stres bermanfaat untuk memberi kesadaran yang tinggi dan energi yang meningkat. Namun, bila terjadi secara berkepanjangan, hal itu memberikan dampak buruk, yaitu menyebabkan perubahan besar dalam sistem kekebalan dan membuat kamu lebih mungkin terserang penyakit.

Stres juga mengaktifkan imunitas tubuh secara berlebihan, sehingga meningkatkan risiko penyakit autoimun, seperti artritis dan sklerosis ganda. Kondisi kulit seperti psoriasis, eksim, gatal-gatal, dan jerawat juga dapat memburuk akibat stres.

Mekanisme di balik pengaruh mood pada imunitas tubuh rumit dan masih hanya dipahami sebagian. Namun, reaksi kita terhadap berbagai peristiwa kehidupan diketahui dapat berdampak luas pada kesehatan. Perasaan yang rileks mampu mengurangi kortisol dan respons tubuh bermanfaat lainnya. Pada akhirnya, perubahan ini berpengaruh pada imunitas tubuh dan membuatnya berfungsi dengan baik. 

Orang yang lebih bahagia juga ditemukan cenderung memiliki risiko yang lebih kecil untuk terserang flu. Sementara depresi dan kecemasan dikaitkan dengan lebih banyak infeksi dan gejala kesehatan yang lebih parah.

Baca juga: Tips Menghilangkan Stres Dalam Waktu Singkat

Tidak Hanya Menonton di Bioskop, Pola Hidup Sehat Penting untuk Imunitas Tubuh

Cara untuk mengurangi stres sebenarnya tidak terbatas pada kegiatan yang menghibur, seperti menonton film di bioskop. Dr. Sheldon Cohen, profesor psikologi di Universitas Carnegie Mellon, Pittsburgh, mengungkapkan bahwa risiko terkena infeksi dapat dikurangi dengan mudah dengan membuat perubahan gaya hidup. 

Mengikuti pedoman kesehatan yang baik adalah cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh tetap kuat dan sehat secara alami. Setiap bagian tubuh kamu, termasuk sistem kekebalan tubuh mampu berfungsi lebih baik bila terlindungi dan didukung oleh pola hidup sehat berikut:

  • Jangan merokok.
  • Perbanyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Menjaga berat badan yang sehat.
  • Tidur yang cukup.
  • Batasi konsumsi alkohol.

Baca juga: Suplemen Vitamin D Bisa Menurunkan Risiko COVID-19? Ini Faktanya

Ketahui Protokol Kesehatan Nonton di Bioskop

Ketika bioskop sudah dibuka lagi nanti, kamu yang ingin menonton di bioskop diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan. Pemerintah juga sudah memastikan bahwa ada pengawasan yang ketat terhadap para karyawan dan penonton bioskop, agar semuanya dapat berjalan dengan aman tanpa risiko penyebaran virus. 

Berikut protokol kesehatan menonton bioskop bagi pengunjung bioskop:

  • Menjaga jarak minimal 1,5 meter saat antre masuk dan keluar dari fasilitas bioskop, sehingga tidak ada kontak pengunjung.
  • Satgas Nasional merekomendasikan agar pengunjung yang datang ke bioskop adalah orang-orang yang memiliki rentang usia diatas 12 tahun dan di bawah 60 tahun. Selain itu, mereka yang memiliki penyakit, seperti jantung, kencing manis, paru-paru, ginjal, atau penyakit imunitas rendah dilarang ke bioskop.
  • Pengunjung juga harus dalam kondisi sehat, seperti tidak mengalami gejala batuk, demam lebih dari 38 derajat Celcius, sakit tenggorokan, pilek, bersin atau sesak napas. Pengunjung juga harus mematuhi protokol kesehatan.
  • Selama menonton, pengunjung tidak boleh makan dan minum, serta selalu menggunakan masker dari awal sampai selesai.
  • Batas waktu di dalam bioskop tidak boleh lebih dari dua jam.
  • Kursi duduk di dalam bioskop diberi jarak yang baik, sehingga tidak ada kontak antar pengunjung.
  • Pemesanan tiket tidak dilakukan secara fisik, melainkan secara online. Hal ini juga bertujuan untuk mempermudah pengecekan data untuk keperluan tracing apabila ditemukan kasus.

Namun, sebaiknya untuk mencegah penularan COVID-19 ini, ada baiknya tetap berada di rumah saja. Jika kamu juga memiliki kondisi kesehatan tertentu, sedang tidak fit, atau masih merasa was-was untuk menonton film di bioskop, ada baiknya menunda ke bioskop. Pilihan lainnya, kamu bisa menonton secara online di rumah agar lebih aman.

Itulah penjelasan mengenai perubahan mood yang dinilai dapat meningkatkan imunitas. Kamu juga bisa meningkatkan imunitas dengan mengonsumsi suplemen vitamin dan berbagai produk kesehatan, lho. Belinya di aplikasi Halodoc saja, karena lebih mudah dan praktis. Tanpa keluar rumah, pesanan kamu dapat diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Psych Central. Diakses pada 2020. How Does Mood Affect Immunity?.
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2020. How to boost your immune system.