Bukan Cuma Lezat, Ini 7 Manfaat Ubi Ungu bagi Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 November 2021
Bukan Cuma Lezat, Ini 7 Manfaat Ubi Ungu bagi Kesehatan TubuhBukan Cuma Lezat, Ini 7 Manfaat Ubi Ungu bagi Kesehatan Tubuh

“Ubi ungu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari dari menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan risiko kanker, menyehatkan organ hati dan ginjal, serta melindungi tubuh dari toksisitas. Bukan hanya itu saja, warna cerah pada ubi ungu bisa menambah keriaan pada meja makan lho!”

Halodoc, Jakarta –  Ubi ungu mengandung beta-karoten dan pigmen antosianin yang bertindak sebagai antioksidan. Mengonsumsi makanan satu ini dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ubi ungu memiliki sekitar tiga kali lebih banyak antosianin daripada blueberry. Itulah salah satu alasan mengapa ubi ungu bisa dibilang lebih memiliki manfaat. Salah satunya adalah anti-inflamasi. Ubi ungu mengandung banyak serat, sehingga dapat menurunkan kolesterol dan menyeimbangkan glukosa. 

Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan

Ubi ungu juga memiliki serat tidak larut, yang membantu menjaga usus tetap sehat dan teratur. Apa saja manfaat lain ubi ungu buat kesehatan?

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin A (beta-karoten) dan vitamin C adalah dua vitamin antioksidan terkuat, dan keduanya dapat ditemui pada ubi ungu. Sebenarnya semua jenis ubi mengandung vitamin A, tetapi vitamin A pada ubi ungu jauh lebih banyak. Demikian juga dengan vitamin C.  Kombinasi vitamin A dan vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat melindungi tubuh dari bahaya infeksi.

2. Melindungi Tubuh dari Toksisitas Logam Berat 

Ubi ungu kaya akan sianidin dan peonidin yang merupakan dua pigmen antosianin dengan sifat antioksidan. Antioksidan ini dapat membantu mengurangi risiko toksisitas dari residu logam berat. Arsenik, kadmium, dan merkuri adalah tiga logam yang umumnya terdapat dalam makanan yang dimakan. Makan ubi ungu dapat mendukung sistem pencernaan dan melindungi tubuh dari kemungkinan keracunan makanan.

3. Menjaga Keseimbangan Gula Darah 

Ubi ungu memiliki sejumlah kandungan gula alami. Tetapi, meskipun dianggap berada dalam kisaran indeks glikemik menengah, kandungan serat pada ubi ungu dinilai dapat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

4. Dapat Mengurangi Risiko Kanker

Beberapa senyawa dalam ubi ungu, termasuk antioksidannya, dapat membantu mencegah atau melawan kanker, termasuk kanker usus besar dan payudara. Sel kanker yang diobati dengan ekstrak ubi ungu mengalami pertumbuhan yang lambat. Walaupun begitu, butuh penelitian lebih dalam untuk menggunakan ubi ungu sebagai pengobatan dan terapi kanker.

5. Sebagai Asupan Serat

Ubi ungu dapat berperan memenuhi kebutuhan akan asupan serat. Bagian dari pati dalam ubi ungu adalah jenis serat yang disebut pati resisten. Bakteri di usus besar memfermentasi pati resisten. Selama proses fermentasi ini, senyawa yang dikenal sebagai asam lemak rantai pendek diproduksi. 

Senyawa ini berkontribusi untuk meningkatkan kesehatan usus. Kandungan pati resisten bervariasi tergantung pada metode memasaknya. Pati resisten diproduksi paling tinggi ketika ubi ungu dimasak kemudian didinginkan dan tidak dipanaskan kembali.

6. Meningkatkan Mood dan Selera Makan

Menempatkan ubi ungu sebagai salah satu penganan dalam piring makan dapat meningkatkan mood dan selera makan. Kamu bisa mengolahnya dengan berbagai cara. Misalnya dengan mengukus, lalu menumbuknya dan menaburi keju di atasnya. Ubi ungu bisa juga dikonsumsi dengan cara dipanggang.

7. Menjaga Kesehatan Organ Hati dan Ginjal

Ubi ungu secara spesifik dapat menjaga kesehatan organ hati dan ginjal. Ini terutama buat orang-orang yang memiliki gangguan pada hati dan ginjalnya, konsumsi ubi ungu sangat direkomendasikan. Mungkin ada kaitannya dengan sistem pencernaan yang sehat karena makan ubi ungu, sehingga berdampak juga pada kesehatan organ lainnya. 

Itulah informasi mengenai manfaat ubi ungu bagi kesehatan tubuh. Kalau kamu punya masalah kesehatan dan ingin membuat janji pemeriksaan di rumah sakit, kamu bisa buat janji lewat Halodoc. Tanpa repot antre, kamu hanya perlu datang pada waktu yang telah ditentukan. Praktis kan? Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Health Benefits of Sweet Potatoes.
Healthline. Diakses pada 2021. Purple Power: 7 Benefits of Purple Potatoes.
Eating Well. Diakses pada 2021. Health Benefits of Purple Potatoes.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan