• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Alami Menyegarkan Wajah yang Lelah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Alami Menyegarkan Wajah yang Lelah

Cara Alami Menyegarkan Wajah yang Lelah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 06 Desember 2017
Cara Alami Menyegarkan Wajah yang LelahCara Alami Menyegarkan Wajah yang Lelah

Halodoc, Jakarta – Kalau sedang berlibur ke suatu daerah tertentu, pastinya kamu dan teman-teman ingin menjelajahi daerah tersebut sampai puas dong. Lalu setelah seharian berjalan-jalan, kamu pun masih ngobrol dengan teman-teman dan baru tidur ketika sudah lewat tengah malam. Akibatnya, keesokan paginya, kamu bangun dengan wajah yang super lelah. Nah, nggak mau kan wajahmu terlihat lesu dan tidak segar saat liburan? 

Terlalu sering beraktivitas di luar ruangan, sehingga terpapar sinar matahari cukup lama, dan kurangnya waktu tidur yang cukup bisa membuat wajah terlihat lelah dan kusam. Tapi tenang aja, kamu bisa menyegarkan kembali wajahmu yang lelah dengan cara-cara berikut:

1. Basuh Wajah dengan Air Dingin

Cara termudah untuk menyegarkan wajah yang lelah adalah mencuci muka dengan menggunakan air dingin. Efek segar dari air dingin tidak hanya akan membuat matamu terbuka lebar, tapi juga dapat menyempitkan pembuluh darah, sehingga kulitmu pun jadi lebih kencang dan tampak halus. 

2. Mengatasi Mata Sembap

Kurang tidur selama liburan dapat membuat matamu jadi sembap ketika bangun di pagi hari. Kondisi mata sembap bisa terjadi karena sistem sirkulasi tubuh tidak bisa bekerja dengan baik ketika tubuhmu lelah, sehingga ada sisa cairan yang tertinggal dan menumpuk di bawah mata. Untuk mengatasi mata sembap, kamu bisa mengompres mata dengan handuk dingin selama beberapa menit. Atau, kamu juga bisa menggunakan krim mata yang sudah disimpan terlebih dahulu dalam lemari es, sehingga mata akan terasa dingin saat krim diaplikasikan. Pilihlah krim mata yang mengandung peptide atau kafein.

3. Scrub Wajah

Lakukan perawatan wajah dengan menggunakan scrub untuk exfoliasi wajah minmal seminggu sekali. Exfoliasi mampu mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit kusam pun akan hilang dan wajag menjadi lebih cerah.

4. Gunakan Bahan-bahan Alami

Beberapa bahan alami berikut dikenal ampuh untuk mengatasi sejumlah masalah yang dialami wajah lelah:

  • Kentang dan ketimun dapat kamu gunakan untuk meredakan mata yang bengkak karena lelah. Caranya, poton tipis-tipis kentang atau ketimun, lalu letakkan di atas mata selama beberapa menit.
  • Selain meredakan mata bengkak, kentang juga bermanfaat untuk mengatasi kulit wajah yang terbakar sinar matahari lho. Caranya, lumatkan sebuah kentang dan campur dengan satu sendok teh air lemon. Lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 30-40 menit. Kemudian, bersihkan wajah dengan air dingin.
  • Untuk meluruhkan sel kulit mati, kamu bisa membuat salep dengan mencampurkan dua sendok teh nanas yang sudah dilumat dengan satu sendok teh madu. Oleskan pada seluruh wajah sampai leher, diamkan selama 3-5 menit, lalu bilas dengan air dingin.

5. Gunakan Pelembap dan Hindari Makeup Tebal

Coba perhatikan deh, ketika tubuh sedang lelah, biasanya kulit wajah akan menjadi lebih kering, kusam, dan tidak merona. Karena itu, jangan lupa untuk menggunakan pelembap setiap hari sebelum beraktivitas. Akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan serum wajah yang efektif membantu melembapkan wajah. Kamu juga sebaiknya tidak menggunakan riasan yang terlalu tebal dulu untuk sementara. Selain kulit akan semakin terbebani, makeup juga akan menjadi pecah jika diaplikasikan pada kulit yang sedang kering karena lelah.  

Jangan ragu untuk menanyakan kondisi kulitmu kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter untuk menanyakan seputar kesehatan kulit melalui Video/Voice Call dan Chat. Halodoc juga memudahkanmu untuk mendapatkan produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan. Tinggal order melalui aplikasi dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.