• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Ampuh bagi Ibu untuk Me Time dari Pekerjaan Rumah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Ampuh bagi Ibu untuk Me Time dari Pekerjaan Rumah

Cara Ampuh bagi Ibu untuk Me Time dari Pekerjaan Rumah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 05 Agustus 2022

“Me time dari pekerjaan rumah sangat diperlukan bagi seorang ibu untuk menghindari kondisi stres. Membuat jadwal rutin dan memprioritaskan pekerjaan bisa menjadi cara ampuh untuk ibu bisa me time dari pekerjaan rumah.”

Cara Ampuh bagi Ibu untuk Me Time dari Pekerjaan RumahCara Ampuh bagi Ibu untuk Me Time dari Pekerjaan Rumah

Halodoc, Jakarta – Menjalani kehidupan sebagai ibu rumah tangga menjadi hal menyenangkan yang dirasakan oleh ibu. Mulai dari merawat dan mendidik anak menjadi salah satu hal yang dilakukan di rumah setiap harinya. 

Meskipun menyenangkan, terkadang ibu juga kerap merasakan kelelahan akibat pekerjaan rumah yang memiliki tantangannya sendiri. Mulai dari menyiapkan kebutuhan keluarga, memasak, hingga membersihkan rumah menjadi hal yang tidak terlewatkan setiap harinya.

Namun, sebaiknya ketahui cara ampuh bagi ibu untuk melakukan me time dari pekerjaan rumah agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan fisik maupun mental. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Ibu, Lakukan Ini untuk Memiliki Waktu Me Time dari Pekerjaan Rumah

Melakukan pekerjaan rumah bukanlah hal yang mudah. Ada banyak jenis pekerjaan rumah yang harus dilakukan secara optimal agar keluarga tetap sehat, mulai dari memasak, membersihkan ruangan rumah, hingga memastikan kebutuhan keluarga terpenuhi dengan baik.

Beragam jenis pekerjaan rumah membuat ibu kesulitan memiliki waktu luang untuk dirinya sendiri. Nah, agar ibu bisa me time dari pekerjaan rumah, sebaiknya lakukan beberapa tips berikut ini:

1. Buatlah Jadwal Secara Rutin

Cobalah untuk membuat jadwal pekerjaan rumah yang harus dikerjakan setiap harinya. Ibu bisa membuat jadwal mingguan atau harian untuk pekerjaan rumah yang akan dikerjakan secara rutin. 

Dengan memiliki jadwal rutin, ibu bisa mengoptimalkan pekerjaan rumah yang akan dikerjakan sehingga bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Jika ibu ingin membuat jadwal harian, buatlah jadwal di malam hari sebelum beristirahat malam.

2. Bangun Lebih Pagi

Tidak ada salahnya untuk mencoba bangun lebih pagi agar jadwal yang dibuat dapat dilakukan secara tepat. Dengan bangun pagi, ibu bisa melakukan pekerjaan dengan lebih maksimal. Selain itu, energi saat pagi hari masih cukup optimal sehingga pekerjaan rumah bisa diselesaikan dengan tepat waktu.

3. Pastikan Prioritas Pekerjaan Rumah

Saat pagi hari, tentunya ibu akan memiliki banyak tenaga. Pastikan ibu mengetahui prioritas pekerjaan rumah yang perlu dikerjakan lebih dulu. Tidak ada salahnya melakukan pekerjaan yang cukup berat di pagi hari. 

Ini membuat pekerjaan rumah pada siang hari akan menjadi lebih ringan sehingga ibu memiliki banyak waktu untuk beristirahat. Tidak ada salahnya membuat jadwal mencuci setiap tiga kali dalam seminggu atau melakukan pembersihan secara menyeluruh setiap satu minggu sekali.

4. Jangan Menunda Pekerjaan

Pastikan pekerjaan rumah berjalan sesuai dengan jadwal yang dibuat. Jangan menunda pekerjaan karena akan membuat waktu bekerja semakin lama. 

5. Berbagi Pekerjaan

Ibu tidak perlu mengerjakan semua pekerjaan rumah sendirian. Ibu bisa berbagai pekerjaan dengan pasangan sebelum ia berangkat kerja. Misalnya, membantu ibu menyiapkan kebutuhan anak.

Itulah tips yang bisa dilakukan agar ibu memiliki waktu untuk me time dari pekerjaan rumah. 

Lakukan Ini untuk Me Time di Rumah

Me time sangat penting bagi para ibu untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan fisik dan mental. Kelelahan yang tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan berbagai keluhan fisik, seperti rasa tidak nyaman hingga pusing. 

Sedangkan, kelelahan juga bisa memengaruhi kesehatan mental. Ibu berisiko mengalami stres hingga depresi. Untuk itu, sangat penting memiliki waktu me time di rumah. Yuk, siapkan waktu untuk melakukan beberapa kegiatan me time berikut ini:

  • Mendengarkan musik.
  • Membaca buku kesukaan.
  • Menonton serial televisi.
  • Tidur atau istirahat.
  • Menikmati makanan sehat.
  • Mandi air hangat.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan ibu sebagai kegiatan me time di rumah. Jika pekerjaan rumah sudah menyebabkan kelelahan kronis, sebaiknya segera minta bantuan psikolog. Kamu juga bisa download Halodoc untuk berbicara dengan psikolog yang tepercaya.

Kini, Halodoc punya paket #SehatMentalku, untuk chat dengan psikolog tepercaya di sebanyak 2 kali sesi. Harganya pun terjangkau, hanya Rp76.000,- saja. Yuk aktifkan paketnya sekarang untuk mental yang lebih sehat!

Referensi:

Momspresso. Diakses pada 2022. 8 Time Management Tips for Homemakers.
Simply Sweet Home. Diakses pada 2022. 7 Easy Home Management Tips for Housewife.