Cara Ampuh Mencegah Sakit Tenggorokan Sebelah Kanan

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Agustus 2021
Cara Ampuh Mencegah Sakit Tenggorokan Sebelah KananCara Ampuh Mencegah Sakit Tenggorokan Sebelah Kanan

“Sakit tenggorokan sebelah kanan bisa disebabkan oleh banyak hal. Selain memicu rasa sakit, kondisi juga sering disertai dengan gejala lain. Sakit pada area tenggorokan bisa membuat pengidapnya merasa tidak nyaman untuk berbicara maupun menelan makanan atau minuman. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara pencegahan yang bisa dilakukan!

Halodoc, Jakarta – Sakit tenggorokan sebelah kanan bisa disebabkan oleh banyak hal. Kondisi ini juga bisa muncul sebagai tanda dari penyakit tertentu, seperti alergi atau flu. Umumnya, nyeri bisa terasa pada area tenggorokan. Namun waspadai jika kondisi ini hanya terasa pada salah satu bagian, misalnya pada sisi kiri atau sisi kanan saja. 

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab sakit tenggorokan pada satu sisi, baik kiri maupun kanan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh sariawan, abses peritonsillar, postnasal drip, abses gigi, hingga laringitis dan cedera pada tenggorokan. Nyeri yang muncul bisa membuat tidak nyaman dan menyebabkan pengidapnya kesulitan menelan makanan. Lantas, bagaimana cara untuk mencegah sakit tenggorokan? 

Baca juga: 7 Cara Ampuh Atasi Radang Tenggorokan

Tips Mencegah Sakit Tenggorokan dengan Mudah 

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab sakit tenggorokan, salah satunya adalah penyakit asam lambung alias GERD. Jika disebabkan oleh gangguan kesehatan, maka cara terbaik untuk mencegah kondisi ini adalah dengan menjauhi hal-hal yang bisa memicu kambuhnya penyakit. Contohnya, menghindari sakit tenggorokan karena GERD bisa dilakukan dengan konsumsi makanan sehat dan menghindari makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung. 

Hal ini berlaku juga untuk nyeri pada tenggorokan yang disebabkan oleh hal lain. Selain sebagai gejala penyakit, sakit tenggorokan juga bisa muncul karena infeksi virus atau bakteri. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan selalu menjaga kebersihan dan menerapkan pola hidup sehat. Hal ini bisa membantu menghindari risiko penularan bakteri maupun virus penyebab penyakit. 

Baca juga: Ini Kondisi Radang Tenggorokan yang Perlu Diwaspadai

Ada beberapa cara mencegah sakit tenggorokan yang bisa dilakukan, di antaranya: 

  • Selalu mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, terutama sebelum dan setelah makan, menggunakan toilet, serta beraktivitas di luar ruangan. 
  • Saat bersin atau batuk, tutupi mulut dengan tisu. Kemudian, buang tisu bekas ke tempat sampah segera. 
  • Hindari bertemu atau melakukan kontak langsung dengan orang yang sedang sakit. 
  • Jangan berbagi atau menggunakan barang yang sama dengan pengidap penyakit flu, terutama perlengkapan makan dan minum. 
  • Selalu membersihkan benda-benda yang sering digunakan dan dipegang. Ini karena virus atau bakteri penyebab penyakit bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh melalui tangan. 

Meredakan Gejala yang Muncul 

Kondisi ini biasanya akan disertai dengan gejala lain, seperti sensasi terbakar di tenggorokan, rasa tidak nyaman, kering, dan iritasi di area tenggorokan. Gejala nyeri biasanya akan terasa lebih parah saat menelan atau berbicara, sehingga membuat pengidapnya mungkin akan kesulitan untuk menelan makanan dan minuman. Sakit tenggorokan juga bisa membuat suara pengidapnya menjadi serak. 

Ada beberapa tips meredakan gejala sakit tenggorokan yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah, termasuk beristirahat yang cukup, berkumur dengan air hangat yang dicampur garam, banyak minum air putih, serta mengonsumsi makanan sehat. Bagi perokok aktif, disarankan untuk menghindari atau berhenti merokok jika gejala sakit tenggorokan terasa parah. 

Baca juga: 6 Penyakit Ini Sebabkan Tenggorokan Sakit saat Menelan

Pada kondisi yang parah, nyeri pada tenggorokan juga bisa ditangani dengan konsumsi obat-obatan tertentu. Jika kamu sudah punya resep dari dokter untuk mengatasi kondisi ini, beli obatnya di aplikasi Halodoc saja. Dengan layanan antar, pesanan obat maupun produk kesehatan yang dibutuhkan akan dikirim segera. Download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Sore Throat.
Healthline. Diakses pada 2021. Sore Throat 101: Symptoms, Causes, and Treatment.
Healthline. Diakses pada 2021. Why Does My Throat Hurt on One Side?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan