• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Melancarkan BAB Secara Alami Tanpa Minum Obat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Melancarkan BAB Secara Alami Tanpa Minum Obat

Cara Melancarkan BAB Secara Alami Tanpa Minum Obat

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 22 April 2022

“Cara melancarkan BAB secara alami yang bisa kamu lakukan adalah dengan meningkatkan konsumsi serat, perbanyak minum air putih, olahraga, dan tidak menahan BAB.”

Cara Melancarkan BAB Secara Alami Tanpa Minum ObatCara Melancarkan BAB Secara Alami Tanpa Minum Obat

Halodoc, Jakarta – Ada banyak penyebab BAB tersendat alias sembelit. Mulai dari kurangnya makan serat, pola tidur tidak teratur, terlalu banyak duduk, kurang aktif bergerak, sering menahan BAB, termasuk juga efek samping dari konsumsi obat tertentu.

Bila sembelit dibiarkan, kondisi ini bisa mengganggu kesehatan, salah satunya memicu wasir atau biasa dikenal dengan ambeien. Bagaimana cara melancarkan BAB secara alami selengkapnya bisa dibaca di sini!

Melancarkan BAB Lewat Perubahan Gaya Hidup

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada banyak penyebab BAB tidak lancar. Stres juga bisa menjadi salah satu faktor. Lantas, seperti apa cara melancarkan BAB secara alami tanpa minum obat?

1. Konsumsi makanan berserat

Cara melancarkan BAB secara alami yang bisa kamu lakukan adalah dengan meningkatkan konsumsi serat. Ini bisa kamu peroleh dari makan sayur dan buah-buahan secara rutin. Usahakan untuk makan buah dan sayur setiap hari dan hindari sayuran bersantan.

2. Tingkatkan Asupan Air Putih

Air putih dapat membantu melancarkan BAB secara alami. Mulai sekarang, biasakan untuk minum air putih hangat setiap bangun tidur pagi. Lalu, selalu bawa tumbler berisi air putih sebagai pengingat untuk memenuhi kebutuhan asupan air putih. 

3. Jangan Terlalu Lama Duduk

Duduk terlalu lama yang dikarenakan kebiasaan work from home bisa mengakibatkan BAB tertahan sehingga sulit untuk dikeluarkan. Salah satu cara melancarkan BAB secara alami adalah dengan tidak berlama-lama duduk, dan menyelingi aktivitas duduk dengan berdiri atau berjalan. Terlalu lama duduk memang bisa menyebabkan konstipasi. Itulah sebabnya mengapa pasien-pasien yang hanya bisa terbaring di tempat tidur lebih sering mengalami sembelit.

4. Meningkatkan Aktivitas Olahraga

Rajin olahraga, aktif bergerak, dan punya waktu rutin untuk olahraga bisa melancarkan BAB secara alami. Soalnya, ketika kamu aktif bergerak, maka bisa memperbaiki sistem metabolisme tubuh, salah satunya adalah sistem pencernaan.

5. Jangan Menahan BAB

Terkadang sebagian orang punya kebiasaan menahan BAB, biasanya karena sedang mengerjakan sesuatu atau tidak nyaman untuk BAB di tempat umum. Kalau hasrat atau keinginan BAB sudah ada, sebaiknya jangan ditunda-tunda. Sering menahan BAB bisa membuat BAB tidak lancar.

Itulah cara melancarkan BAB secara alami tanpa minum obat. Kalau kamu punya masalah pencernaan dan butuh melakukan pemeriksaan ke rumah sakit, buat janji saja lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
National Health Service. Diakses pada 2022. Constipation.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Constipation.