Cara Memanfaatkan Argan Oil untuk Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 November 2021
Cara Memanfaatkan Argan Oil untuk Kesehatan KulitCara Memanfaatkan Argan Oil untuk Kesehatan Kulit

“Argan oil sebagai bahan alami memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan kulit sejak ratusan tahun yang lalu. Tak hanya menunjang kecantikan kulit, minyak satu ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Lalu, bagaimana cara tepat menggunakan minyak argan supaya hasilnya maksimal?”

Halodoc, Jakarta – Ketika membicarakan produk kecantikan, kamu bisa menemukan banyak sekali merek yang berbeda dengan bahan yang sama, misalnya minyak kelapa atau lidah buaya. Namun, tahukah kamu dengan eksistensi argan oil dalam kecantikan kulit? Minyak argan ternyata memiliki harga yang cukup terjangkau dengan manfaat untuk kesehatan kulit dan rambut yang begitu luar biasa. 

Minyak argan sangat kaya akan nutrisi yang bermanfaat, seperti vitamin E, asam lemak, squalene, dan antioksidan. Minyak satu ini dapat memberikan keajaiban bagi kulit dan rambut. Lalu, bagaimana cara tepat menggunakan minyak tersebut sehingga bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal? 

Sebenarnya, Apa Itu Argan Oil?

Minyak argan dihasilkan dari biji pohon argan yang banyak ditemukan di barat daya Maroko. Proses mendapatkan minyak tersebut dilakukan dengan membuang kulit tebal dan daging buahnya, kemudian memecah bijinya dengan tangan untuk mendapatkan minyak di dalamnya. 

Biji tersebut kemudian digiling dan ditekan untuk menghasilkan minyak argan murni yang tidak disaring. Proses terakhirnya adalah dituang dan disaring kembali untuk menghasilkan minyak yang lebih jernih. Hasil akhirnya adalah minyak yang sangat bergizi yang dengan mudah menembus kulit untuk meningkatkan kelembapan dan mengaktifkan pembentukan lipid alami untuk melindungi penghalang kulit. 

Oleh karena sifatnya yang relatif ringan, minyak ini bisa diaplikasikan pada sebagian besar jenis kulit dan seluruh tekstur rambut. 

Bagaimana Menggunakan Minyak Argan untuk Kesehatan Kulit?

Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam minyak argan membuat minyak ini banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit. Nah, berikut manfaat minyak argan untuk kesehatan kulit sekaligus cara mudah menggunakan minyak tersebut yang bisa kamu coba: 

  • Menjaga Hidrasi Kulit

Minyak argan memberikan dukungan besar untuk membuat kulit tetap terhidrasi dengan baik. Ini berkat kandungan vitamin E yang tinggi. Vitamin ini akan membantu memperkuat penghalang kulit sehingga mampu mempertahankan lebih banyak hidrasi. Guna membantu menyegel hidrasi, kamu disarankan untuk menambahkan beberapa tetes minyak argan murni 100 persen ke produk pelembap harian yang kamu pakai.

  • Mengurangi Kerutan pada Wajah

Oleh karena memiliki kandungan nutrisi yang begitu beragam, minyak argan juga dapat membantu kulit tampak lebih muda. Ketika membicarakan penipisan kulit seiring bertambahnya usia, tubuh akan kehilangan kolagen (bahan penyusun kulit) dan elastisitas (kemampuan kulit untuk kembali pulih setelah diregangkan), yang menyebabkan kerutan seperti kertas tisu pada kulit. 

Nah, ketika digunakan secara topikal, minyak argan telah ditemukan untuk meningkatkan elastisitas kulit pada wanita pascamenopause. Inilah mengapa banyak sekali produk perawatan kulit yang berfungsi mencegah kerutan menggunakan minyak argan sebagai salah satu bahan alaminya. 

  • Mencerahkan Kulit dan Memudarkan Flek Hitam

Jika kamu mengalami masalah hiperpigmentasi atau muncul bintik-bintik coklat pada kulit yang disebabkan oleh hormon, penuaan, atau paparan sinar matahari selama bertahun-tahun, minyak argan dapat membantu memperbaiki dan mencerahkan warna kulit wajah. Minyak argan mengandung tokoferol (senyawa vitamin E) yang dapat menghambat produksi pigmen berlebih dari melasma atau bekas luka, termasuk luka bakar. 

  • Membantu Membersihkan Kulit

Jika kamu sedang berjuang melawan kulit berminyak dan rawan jerawat, menambahkan lebih banyak minyak mungkin bukan rencana yang baik menurutmu. Namun, ini mungkin membantu lebih dari yang kamu pikirkan. Sebuah penelitian kecil yang dipublikasikan dalam Journal of Cosmetic Dermatology menunjukkan bahwa aplikasi topikal minyak argan dua kali sehari selama empat minggu dikaitkan dengan berkurangnya sebum (alias minyak) dan kulit yang kurang berkilau.

Ini berarti minyak argan berpotensi membantu mengurangi pori-pori tersumbat dan jerawat pada kulit muka. Kamu bahkan dapat mengoleskan minyak argan ke kapas bersih dan mengusapkannya ke wajah. Lalu, ikuti dengan produk pembersih yang lembut.

Namun, kalau kamu mengalami masalah kulit serius dan tidak bisa membaik dengan pengobatan alami, kamu bisa langsung memeriksakan ke klinik kecantikan atau membuat janji dengan dokter spesialis kulit di rumah sakit terdekat. Kamu bisa booking rumah sakit lebih mudah dengan download aplikasi Halodoc di ponselmu. 

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi: 

Hristo Dobrev. 2007. Diakses pada 2021. Clinical and instrumental study of the efficacy of a new sebum control cream. Journal of Cosmetic Dermatology 6(2):113-8.
Prevention. Diakses pada 2021. 11 Ways to Use Argan Oil for Shinier Hair and Healthier Skin, According to Experts.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan