Cara Menangani Anak Kucing Belekan

3 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   06 September 2021

Banyak masalah kesehatan bisa menyebabkan anak kucing belekan. Untuk menanganinya, kamu bisa membersihkan belek secara teratur, dan membawa anak kucing ke dokter hewan, bila gejala tidak hilang lebih dari 24 jam.

Cara Menangani Anak Kucing BelekanCara Menangani Anak Kucing Belekan

Halodoc, Jakarta – Mata anak kucing yang sehat biasanya jernih dan cerah. Bila kamu menjumpai anak kucing belekan, dan sering menggosok-gosokkan wajahnya ke sofa atau karpet, bisa jadi ada sesuatu yang salah. 

Ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab anak kucing belekan. Mulai dari flu biasa, hingga penyakit serius dapat menyebabkan keluarnya cairan dari mata kucing. Apa yang bisa dilakukan untuk menanganinya? Yuk, simak lebih lanjut!

Baca juga: Cara Merawat Kucing Persia Berdasarkan Jenisnya

Lakukan Ini saat Anak Kucing Belekan

Kamu dapat membantu menghindari masalah mata pada anak kucing dengan memberikan vaksinasi yang diperlukan, dan sering memeriksa kondisi matanya. 

Ketika anak kucing belekan, kamu bisa membersihkannya agar membuatnya lebih nyaman, dengan cara:

  • Celupkan bola kapas ke dalam air hangat. Bersihkan kotoran mata, selalu dari sudut mata ke arah luar. Gunakan bola kapas segar untuk setiap mata.
  • Hindari obat tetes atau pencuci yang dijual bebas kecuali dokter hewan telah meresepkannya.

Karena perawatan yang benar bisa sangat penting untuk kesehatan dan kucing, selalu bicarakan dengan dokter hewan untuk memastikan kucing mendapatkan perawatan yang tepat yang dibutuhkan.

Lantas, kapan harus ke dokter hewan bila anak kucing belekan? Jika belekan pada mata kucing tidak hilang dalam waktu 24 jam, segera bicarakan dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc. Jangan sepelekan hal ini karena masalah kecil dapat dengan cepat berubah menjadi kondisi serius.

Jika ada sisa obat dari masalah mata sebelumnya, jangan menggunakannya pada mata kucing. Masalah mata yang berbeda memerlukan pengobatan yang berbeda, dan salah pengobatan dapat berakhir menyebabkan kondisi serius pada kucing.

Baca juga: Apa Saja Vaksin yang Harus Diberikan pada Kucing?

Ketahui Penyebabnya

Ada banyak hal yang bisa jadi penyebab anak kucing belekan. Hal ini hanya bisa diketahui saat kamu membawa anak kucing untuk diperiksa oleh dokter hewan.

Secara umum, berikut ini beberapa penyebab anak kucing belekan yang perlu diketahui:

  • Infeksi saluran pernapasan atas. Ini adalah penyebab umum keluarnya cairan dari mata pada kucing. Bisa karena infeksi virus seperti feline calicivirus, penyakit pernapasan menular, pneumonitis atau rhinotracheitis (herpesvirus). Bisa juga karena infeksi bakteri, dan protozoa. Gejalanya bisa ringan atau berkembang menjadi sesuatu yang sangat serius dan mungkin termasuk kotoran mata yang lengket seperti nanah.
  • Konjungtivitis. Merupakan kondisi peradangan pada lapisan merah muda muda di sekitar mata kucing. Kondisi ini bisa menyebabkan salah satu atau kedua mata kucing terlihat merah dan bengkak, peka terhadap cahaya, dan mengeluarkan kotoran mata yang bening, berair, atau kental. Konjungtivitis dengan demam, diare, dan kesulitan bernapas dapat mengarah ke peritonitis infeksi kucing yang berpotensi fatal, meskipun ini terbilang jarang terjadi.
  • Gangguan kornea. Kornea mata kucing adalah permukaan berbentuk kubah yang menutupi bagian depan mata. Bagian mata ini dapat meradang, terluka, atau mengalami ulserasi. Menyebabkan terjadinya kekeruhan pada mata, kedipan berlebihan, peradangan, dan peningkatan produksi air mata.
  • Mata berair (epifora). Saluran air mata yang tersumbat, produksi air mata yang berlebihan, alergi, konjungtivitis virus, dan banyak lagi dapat menjadi penyebab robekan abnormal pada mata kucing yang berujung pada belekan.
  • Uveitis. Peradangan pada struktur internal mata, trauma, kanker, masalah kekebalan atau infeksi dapat menyebabkan peradangan uveitis yang serius dan sering menyebabkan belekan.
  • Mata kering (keratokonjungtivitis sicca). Mata kering dapat menyebabkan kornea meradang, kemerahan, dan jika tidak diobati dapat terjadi kebutaan. Hal ini karena bagian air mata yang encer tidak ada, serta dapat terjadi keluarnya cairan mata berwarna kuning dan lengket.

Baca juga: Waktu Ideal untuk Bermain dengan Kucing

Selain berbagai kondisi tersebut, anak kucing belekan juga bisa terjadi karena penyebab lain seperti alergi, masuknya kotoran, atau masalah pada kelopak mata. Untuk tahu lebih pasti penyebab dari kondisi ini, kamu perlu berkonsultasi pada dokter hewan, ya.

Setelah konsultasi, kamu bisa tebus obat yang disarankan dokter di Toko Kesehatan Halodoc.✔️ Klik banner di bawah ini dan temukan produk berkualitas untuk kesehatan kucingmu!

banner seo toko kesehatan
Referensi:
Fetch by WebMD. Diakses pada 2021. Eye Discharge in Cats.
VCA Animal Hospital. Diakses pada 2021. Eye Discharge (Epiphora) in Cats.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan