Cara Mencegah Peradangan Gusi pada Pengidap Diabetes

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 September 2024

“Peradangan gusi jadi salah satu komplikasi yang umum ditemukan pada pengidap diabetes. Kabar baiknya, kondisi ini bisa dicegah dengan melakukan sejumlah cara seperti menghindari minuman asam dan bersoda, hingga menjaga kadar gula darah tetap stabil.”

Cara Mencegah Peradangan Gusi pada Pengidap DiabetesCara Mencegah Peradangan Gusi pada Pengidap Diabetes

Halodoc, Jakarta – Menurut data dari International Diabetes Federation (2019), disebutkan sekitar 463 juta dari total populasi dunia (20-79 tahun) mengidap diabetes. Angka ini kemudian diprediksi akan melonjak drastis menjadi 700 juta jiwa pada tahun 2045. 

Diabetes adalah salah satu penyakit yang mengancam jiwa, terutama jika tidak terkontrol atau ditangani dengan tepat. Penyakit yang satu ini juga dapat memicu berbagai komplikasi berbahaya, seperti penyakit jantung, kebutaan, penyakit kulit, hingga penyakit ginjal. 

Selain itu, diabetes juga bisa memicu masalah pada gigi dan mulut, salah satunya peradangan gusi. Lantas, bagaimana cara mencegah peradangan gusi pada pengidap diabetes? Simak informasinya berikut ini!

Cara Mencegah Peradangan Gusi pada Pengidap Diabetes

Peradangan gusi atau gingivitis adalah salah satu komplikasi yang terbilang umum pada pengidap diabetes. Kabar baiknya, ada beragam upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah peradangan gusi ketika mengidap kondisi diabetes. 

Kamu perlu Waspadai 9 Gejala Diabetes yang Menyerang Tubuh ini!

Pengidap diabetes bisa mencegah peradangan gusi dengan berbagai cara, antara lain: 

  • Hindari minuman asam seperti soda, minuman energi, dan air lemon. Minuman ini dapat mengikis enamel gigi yang menyebabkan pembusukan.
  • Bersihkan gigi dengan benang gigi setiap hari. Lakukan terutama di antara sela-sela setiap gigi. Caranya kamu bisa geser ke atas, ke bawah, maju dan mundur dengan lembut untuk menghindari pendarahan.
  • Sikat gigi dan gusi selama dua menit, dua kali setiap hari. Selain itu, lakukan juga setelah makan camilan manis atau bertepung.
  • Gunakan sikat berbulu lembut dengan sapuan lembut. Pastikan kamu menjangkau semua gigi untuk menghilangkan penumpukan plak. 
  • Gunakan pasta gigi berfluoride karena mampu melindungi terhadap kerusakan gigi.
  • Sikat lidah dengan lembut selama beberapa detik untuk menyingkirkan bakteri.
  • Ganti sikat gigi setiap 3 bulan atau lebih cepat, terutama jika sikat gigi terlihat usang atau bulunya menyebar. 
  • Pertimbangkan untuk menggunakan sikat gigi listrik, yang mungkin lebih efektif untuk menghilangkan plak dan karang gigi.
  • Temui dokter gigi sesuai jadwal yang disarankan oleh dokter.
  • Jangan merokok atau mengunyah tembakau.
  • Jaga kadar gula darah tetap stabil. Jika perlu, tanyakan pada dokter hal apa saja yang perlu kamu lakukan untuk mengontrol gula darah.
  • Konsumsi makanan sehat dan ikuti rencana diet yang disarankan oleh dokter.

Jika kamu mengalami gusi bengkak, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasinya. Mulai dari cara alami hingga obat-obatan. Cari tahu informasi selengkapnya pada artikel berikut ini: 

Bagaimana Diabetes Menyebabkan Masalah Gigi dan Mulut?

Mau tahu bagaimana cara diabetes menyebabkan masalah pada gigi dan mulut hingga menyebabkan peradangan gusi? 

Pada dasarnya, kadar glukosa yang terlampau tinggi dalam darah bisa menyebabkan rasa sakit, infeksi, dan masalah lain di mulut, termasuk:

  • Gigi.
  • Gusi.
  • Rahang.
  • Jaringan seperti lidah, atap dan bagian bawah mulut, dan bagian dalam pipi.

Nah, ketika diabetes tidak terkontrol, maka kadar gula darah yang tinggi juga akan terkandung dalam air liur. Hal ini yang kemudian memicu pertumbuhan bakteri berbahaya di mulut.

Bakteri yang tumbuh subur di dalam mulut akan bergabung dengan makanan, terutama yang mengandung gula dan pati (tepung). Kondisi ini kemudian membentuk lapisan lembut dan lengket yang disebut plak. 

Plak yang muncul bisa menyebabkan masalah kesehatan pada gigi dan mulut. Mulai dari kerusakan gigi, gigi berlubang, penyakit gusi, bau mulut, dan peradangan gusi. 

Nah, bagi kamu yang mengalami masalah gigi dan mulut serta mengidap diabetes, segeralah periksakan diri ke dokter. Konsultasi dengan dokter kini bisa dilakukan dengan mudah dari mana saja dan kapan saja melalui Halodoc. 

Selain itu, kamu bisa juga mendapatkan sejumlah obat untuk mengatasi gusi bengkak dan suplemen kesehatan lainnya melalui Toko Kesehatan Halodoc

Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. 5 Tips to Prevent Gum Disease If You Have Diabetes
National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. Diakses pada 2024. Diabetes, Gum Disease, & Other Dental Problems
The International Diabetes Federation. Diakses pada 2024. Diabetes facts & figures.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Diseases and Conditions. Gingivitis. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan