Cara Mengatasi Rasa Curiga dalam Hubungan

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Desember 2020
Cara Mengatasi Rasa Curiga dalam HubunganCara Mengatasi Rasa Curiga dalam Hubungan

Halodoc, Jakarta - Hubungan harus didasari dengan rasa saling percaya satu sama lain. Tanpa hal tersebut, sulit untuk mempertahankan hubungan dalam jangka panjang. Memang, perasaan cemas dan curiga boleh ada, tetapi jika berlebihan tentu saja tidak baik. Maka dari itu, kamu harus tahu cara yang paling baik untuk mengatasi rasa curiga pada pasangan jika ingin yang terbaik dalam hubungan. Ulasan lengkapnya baca di bawah ini!

Metode untuk Atasi Rasa Curiga pada Pasangan

Rasa cemas dan curiga adalah sikap yang memiliki potensi untuk mengalahkan perasaan romantis pada pasangan. Hal tersebut dapat mengurangi bahkan menghancurkan perasaan intim yang seharusnya dibentuk di antara kedua orang. Rasa curiga tersebut dapat berkembang menjadi perasaan paranoid sehingga segala hal yang dilakukan pasangan menjadi serba salah. Potensi untuk menyebabkan konflik semakin tinggi yang akhirnya membuat pertengkaran kerap terjadi.

Baca juga: Hubungan Asmara Juga Butuh Ilmu Psikologi

Perasaan curiga dapat menjadi lebih parah saat seseorang memang benar-benar telah jatuh cinta dengan pasangannya. Perasaan euforia cinta terus tumbuh dan kamu merasa rentan karena tahu jika tidak sepenuhnya mengontrol segala hal yang dilakukan oleh orang yang dicintai. Rasa curiga tersebut juga dapat timbul karena takut hubungan yang sedang berlangsung tidak berjalan dengan baik.

Maka dari itu, kamu harus tahu cara yang paling baik untuk atasi rasa curiga pada pasangan secara berlebihan. Menimbulkan rasa percaya satu sama lain sangat penting untuk memiliki hubungan yang sehat. Berikut ini beberapa cara yang efektif agar perasaan curiga pada pasangan dapat diatasi:

1. Bangun Keterikatan Satu Sama Lain

Tidak ada cara yang paling ampuh untuk mengatasi konflik, rasa cemburu, dan curiga dalam suatu hubungan, selain dengan menghabiskan melakukan sesuatu yang positif bersama-sama. Hal ini dapat membangun ikatan yang kuat dengan pasangan sehingga mampu melewati segala kesulitan yang timbul. Saat kenangan indah banyak terbentuk, maka perasaan curiga yang timbul dapat diatasi dengan baik.

Cobalah membiasakan diri untuk melakukan kegiatan yang mampu membuat kamu merasa dekat dan terhubung dengan pasangan. Jika kamu masih berpacaran, biasakan untuk lebih sering bertemu dan menghabiskan waktu bersama. Dengan melakukan beberapa hal seperti berpegangan tangan, berolahraga, hingga melakukan hobi bersama dapat membuat ikatan satu sama lain lebih baik.

Baca juga: Ini Alasan Pria Selingkuh Menurut Sains

2. Berkomunikasi Secara Terbuka

Cara yang efektif untuk atasi rasa curiga pada pasangan adalah dengan meningkatkan komunikasi harian. Semakin rendah komunikasi yang dilakukan, semakin sulit untuk menghasilkan rasa percaya yang tinggi. Hal ini akibat kamu tidak tahu segala hal yang lagi dan akan dilakukannya sehingga rasa khawatir timbul. Maka dari itu, cobalah untuk memberitahu pasangan tentang segala hal yang kamu inginkan. Komunikasi yang baik adalah satu-satunya cara untuk mengetahui jika pasangan kamu bisa membuat perasaan menjadi tenang dan segala hal menjadi lebih baik.

Kamu juga dapat bertanya pada psikolog dari Halodoc tentang cara lainnya yang paling ampuh untuk atasi rasa curiga dengan pasangan. Hanya dengan download aplikasi Halodoc di Apps Store atau Play Store, kemudahan dalam akses kesehatan dapat kamu rasakan dengan melakukan interaksi pada ahli medis tanpa perlu ke luar rumah.

3. Redam Rasa Curiga yang Berlebihan

Perasaan curiga yang berlebihan dapat membuat kamu merasa gelisah, tegang, jantung berdebar kencang, hingga sulit untuk rileks. Maka dari itu, kamu harus benar-benar mengendalikan pikiran-pikiran negatif yang dirasakan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi pikiran yang negatif adalah dengan bermeditasi selama 10 menit setiap hari. Duduk dengan tenang lalu bernapas sesuai irama dapat membebaskan pikiran dari segala hal yang buruk.

Baca juga: Ini 5 Tanda Pasangan yang Siap Berkomitmen

Sekarang kamu tahu cara yang ampuh untuk mengatasi rasa curiga pada pasangan secara berlebihan. Cobalah untuk lebih memberikan rasa percaya pada partner kamu sehingga rasa memiliki satu sama lain menjadi lebih kuat. Jika kamu terus menaruh rasa curiga, bukan tidak mungkin pasanganmu pada akhirnya tidak tahan dan memilih untuk menyelesaikan hubungan yang ada.

Referensi:

Psychology Today. Diakses pada 2020. 4 Ways to Overcome Insecurity in Romantic Relationships.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan