Cara Menjaga Kesehatan Mental untuk Wanita yang Super Sibuk

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   13 Februari 2023

“Jadwal yang padat tidak hanya membuat tubuh mudah lelah, tetapi mental juga ikut terkuras. Pastikan kamu menjaga kesehatan mental meski sedang sangat sibuk dengan tetap aktif bergerak dan mencukupi cairan tubuh.”

Cara Menjaga Kesehatan Mental untuk Wanita yang Super SibukCara Menjaga Kesehatan Mental untuk Wanita yang Super Sibuk

Halodoc, Jakarta – Tak jarang, tubuh yang merasa kelelahan menjadi tanda umum dari banyak keluhan kesehatan. Sayangnya, tak banyak orang yang menyadari bahwa padatnya aktivitas tak hanya berdampak pada kesehatan tubuh, tetapi juga mental. Inilah sebabnya, menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan fisik.

Pasalnya, kelelahan bisa membuat kondisi emosi kamu mengalami gangguan. Terlebih jika kamu sampai melewatkan waktu makan dan istirahat. Jika kamu tidak bisa mengimbanginya, hal tersebut dapat berujung pada burnout, stres, bahkan depresi. Alhasil, pekerjaan tentu menjadi tidak lancar karena tidak produktif.

Cara Menjaga Kesehatan Mental saat Sedang Sibuk

Meski jadwal kegiatan sehari-hari sedang sangat padat, jangan sampai lupa untuk tetap memperhatikan diri sendiri. Ikuti cara menjaga kesehatan mental berikut ini, yuk!

Tetap aktif bergerak

Pertama, tetap aktif bergerak sehingga tubuh tetap bugar dan senantiasa sehat. Tak sedikit studi yang telah membuktikan bahwa tubuh yang tetap bergerak aktif meski sedang padat aktivitas bisa membuat energi dan stamina tetap terjaga.

Inilah mengapa, orang-orang yang selalu aktif berolahraga cenderung tidak mudah kelelahan. Bahkan, ahli turut berpendapat bahwa tubuh yang selalu aktif memiliki kaitan dengan meningkatnya kualitas hidup. 

Ini termasuk kerja dari organ paru-paru, jantung, dan otot yang lebih optimal. Tidak harus lama, olahraga intens sebenarnya hanya perlu waktu singkat, kok. Misalnya, bersepeda atau jalan pagi selama 30 menit setiap hari juga sudah cukup.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental adalah memenuhi asupan cairan tubuh. Hal ini sangat penting, karena cairan tubuh yang tidak terpenuhi bisa membuat tubuh memecah persediaan energi, sehingga kamu akan merasa lebih mudah lelah. 

Selain itu, kurang cairan juga membuat kamu lebih sulit untuk fokus. Sebab, air berfungsi untuk menunjang kinerja semua organ tubuh, tak terkecuali otak. Jadi, apabila cairan tubuh tidak kamu penuhi, otak juga tidak bisa bekerja dengan baik. 

Selain minum setidaknya 2 liter air mineral setiap hari, kecukupan cairan tubuh juga dapat kamu perhatikan dari warna urine. Jika warna urine pekat dan cenderung gelap, maka ini berarti kamu masih butuh lebih banyak cairan tubuh. 

Hindari terlambat makan

Selain itu, jangan sampai lupa untuk makan tepat waktu. Sebab, makanan berperan dalam memasok energi yang selanjutnya akan tubuh manfaatkan untuk melakukan aktivitas. 

Ketika tubuh sudah bekerja dengan keras dalam waktu beberapa jam, kamu perlu beristirahat dan makan supaya energi tubuh kembali. Apabila kamu tidak makan tepat pada waktunya, energi cadangan pada tubuh akan semakin menipis. Inilah yang membuat kamu menjadi lebih mudah lelah. 

Selain makan tepat waktu, kamu juga perlu memperhatikan asupan nutrisi. Pastikan makanan yang kamu konsumsi memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak sehat, mineral, dan vitamin dalam porsi yang pas alias tidak berlebihan. Selain itu, hindari mengonsumsi makanan siap saji meski kamu sedang sibuk. 

Luangkan waktu untuk keluar

Menjaga kesehatan mental juga bisa kamu coba dengan sesekali keluar rumah. Sejenak, kamu perlu menikmati sinar matahari pagi yang hangat yang sekaligus dapat memenuhi kebutuhan vitamin D harian tubuh. 

Tidak hanya itu, sinar matahari pagi juga efektif untuk merangsang kerja otak untuk memberi sinyal pada tubuh agar menaikkan energi dan stamina. Jadi, otak akan terasa lebih segar karena kamu tidak berada dalam ruangan terus-menerus.

Ini karena sinar matahari yang secara alami membuat pembentukan hormon melatonin berhenti. Hormon melatonin sendiri adalah hormon yang berperan dalam menimbulkan rasa mengantuk. 

Kenali jam tubuh untuk menjaga kesehatan mental

Mengenali jam tubuh juga menjadi cara menjaga kesehatan mental yang efektif untuk kamu coba. Mungkin kamu tidak terlalu menyadari bahwa kelelahan tubuh sering terjadi karena bekerja lebih dari kemampuannya. 

Padahal, sebenarnya tidak sulit mengenali jam tubuh sendiri. Contohnya, kamu merasa lelah pada siang hari dan tidak lagi bisa berkonsentrasi. Ini artinya, sebelum waktu itu tiba, kamu harus berhenti dan beristirahat sejenak. 

Begitu pula malam hari, hindari begadang jika memang tidak perlu. Istirahatkan tubuh dan bangunlah beberapa jam lebih pagi apabila kamu memiliki pekerjaan lain yang harus selesai. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa kelelahan pada sisa hari. 

Itu tadi beberapa cara menjaga kesehatan mental yang bisa kamu coba lakukan ketika jadwal aktivitas sedang begitu padat. Jangan sungkan untuk tanya psikolog di Halodoc kalau kamu butuh bantuan, cek dan download Halodoc langsung saja pada ponselmu. 

Referensi:
The Healthy. Diakses pada 2023. Always Tired? Try These 9 Energizing Tricks. 
WebMD. Diakses pada 2023. 9 Ways to Get Your Energy Back.
Medical News Today. Diakses pada 2023. Tiredness and Fatigue: Why It Happens and How to Beat It.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan