• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Pakai Masker Dobel yang Benar untuk Tangkal COVID-19
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Pakai Masker Dobel yang Benar untuk Tangkal COVID-19

Cara Pakai Masker Dobel yang Benar untuk Tangkal COVID-19

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 28 Juni 2021

“Penggunaan masker dobel kini direkomendasikan, untuk meningkatkan keamanan terhadap risiko penularan COVID-19. Namun, penting untuk mengetahui cara yang tepat dalam menggunakannya, agar efektivitas tidak berkurang. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah kombinasi masker. Pastikan hanya menggunakan kombinasi masker kain di atas masker medis.”

Cara Pakai Masker Dobel yang Benar untuk Tangkal COVID-19

Halodoc, Jakarta – Sejak dimulainya pandemi COVID-19 tahun lalu, masker menjadi atribut yang harus dipakai untuk menghindari penularan virus. Seiring dengan melonjaknya kasus positif di berbagai negara, penggunaan masker dobel kini dianjurkan untuk meningkatkan keamanan.

 

Sebelumnya, masyarakat hanya dianjurkan memakai satu masker, baik itu masker kain, masker bedah, atau masker KN95. Namun, keefektifan perlindungan dari virus corona diyakini dapat meningkat jika menggunakan masker dobel. 

Baca juga: Jenis Masker yang Efektif Tangkal COVID-19 Varian Baru

Seberapa Efektif Mengenakan Masker Dobel?

Penelitian yang dilakukan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan bahwa penggunaan masker dobel lebih efektif mencegah penularan virus corona. Hal ini jika dibandingkan menggunakan satu helai masker saja.

Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah, masker medis yang hanya digunakan satu helai hanya memblokir 56,1 persen partikel dari percobaan batuk. Sementara itu, satu helai masker kain hanya bisa memblokir 51,4 persen. 

Namun, bila keduanya dikombinasikan dengan masker kain di atas masker medis, bisa memblokir hingga 85,4 persen partikel udara. Selain itu, diketahui juga bahwa masker medis yang digunakan dengan menyilangkan talinya pada telinga serta memasukkan lipatan masker ke bagian dalam, dapat menghalau 77 persen partikel dari simulasi batuk yang dilakukan.

Baca juga: Perhatikan Ini Sebelum Pakai Masker Medis Didobel

Cara Penggunaan yang Tepat

Meski penggunaan masker dobel direkomendasikan, kamu perlu tahu cara yang tepat dalam memakainya. Salah-salah, bukannya mendapatkan perlindungan ekstra, justru risiko penularan malah meningkat. Salah satu hal yang sering salah adalah kombinasi masker yang digunakan.

Gunakan kombinasi masker yang tepat, yaitu masker kain di atas masker bedah. Hindari kombinasi masker lainnya, terutama kombinasi dua masker bedah, serta masker KN95 atau N95 dengan masker jenis lain.

Selain itu, lakukan tes terlebih dahulu di rumah sebelum menggunakannya di tempat umum. Periksa hal-hal seperti:

  • Pastikan masker kain di sisi paling luar membantu menekan masker medis di bagian dalam dekat dengan wajah. Untuk mengetesnya, lipat tangan di atas masker dan rasakan udara yang keluar dari tepi saat bernapas.
  • Keleluasaan pernapasan perlu diperhatikan. Meski butuh usaha ekstra untuk bernapas, pastikan masker dobel yang kamu gunakan hanya membuat napas sedikit tidak membuat sulit bernapas.
  • Pastikan masker yang kamu gunakan tidak menghalangi penglihatan.
  • Evaluasi situasi sekitar. Bila kamu bisa menjaga jarak fisik yang cukup dari orang lain di luar rumah, satu masker dapat memberikan perlindungan yang baik. Namun, sebaiknya gunakan masker dobel jika sedang bepergian atau beraktivitas yang membuat kamu tidak bisa menjaga jarak fisik dengan orang lain.

Baca juga: Masker N95 vs KN95, Kenali Perbedaan Keduanya

Cara Lain untuk Meningkatkan Efektivitas Masker

Selain menggunakan masker dobel, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan efektivitas masker, yaitu:

  • Prioritaskan lapisan. Beberapa lapisan berfungsi untuk melindungi wajah dengan lebih baik dari paparan virus. Ketika memilih masker kain, pilihlah masker yang memiliki setidaknya dua atau tiga lapis kain.
  • Tambahkan filter ke masker kain. Beberapa jenis masker kain dilengkapi dengan saku built-in di mana kamu dapat menempatkan filter atau lapisan kain tambahan. 
  • Pilih masker yang dilengkapi kawat hidung. Carilah masker dengan strip kawat di bagian hidung yang bisa ditekuk agar lebih pas. Menggunakan masker dengan kawat hidung juga dapat mencegah kacamata berkabut yang menghalangi penglihatan.
  • Coba metode simpul dan selip. Metode ini dapat digunakan untuk membuat masker lebih pas menutupi wajah. Caranya, ikat karet telinga di sisi tepi masker dan selipkan lipatan ke bagian dalam, lalu pakai masker seperti biasa.
  • Gunakan penyangga masker. Mask brace atau penyangga masker adalah alat yang terbuat dari bahan elastis. Alat ini bisa membantu mencegah udara keluar dari celah bagian atas dan samping masker.

Itulah sedikit penjelasan mengenai cara pakai masker dobel yang benar dan tips lain yang mungkin dapat membantu. Bila kamu mengalami keluhan kesehatan, segera gunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit, ya.

Referensi:
CDC. Diakses pada 2021. Improve How Your Mask Protects You.
CDC – Morbidity and Mortality Weekly Report (MMWR). Diakses pada 2021. Maximizing Fit for Cloth and Medical Procedure Masks to Improve Performance and Reduce SARS-CoV-2 Transmission and Exposure, 2021.
Healthline. Diakses pada 2021. Should You Be Double Masking?
Prevention. Diakses pada 2021. Double Masking Offers More Protection Against COVID-19, According to the CDC.