• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Sederhana Mengajari Anak Menjaga Lingkungan

5 Cara Sederhana Mengajari Anak Menjaga Lingkungan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Katanya, menjaga kebersihan lingkungan adalah sebagian dari iman. Namun tidak hanya itu, hal ini nyatanya juga bisa memberi dampak yang baik bagi kelangsungan hidup. Lingkungan yang bersih dan sehat bisa membantu menghindari terjadinya penyakit fisik serta menjaga kondisi mental lebih seimbang. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan, salah satunya dengan melibatkan anak. Para orangtua bisa mengajarkan hal ini mulai dari lingkungan terdekat, yaitu di dalam rumah maupun di lingkungan sekitar rumah. Lantas, bagaimana cara mengajari anak menjaga kebersihan lingkungan? Simak jawabannya dalam artikel berikut! 

Baca juga: Ini 6 Manfaat Mengajak Anak Berkebun

Agar Anak Menjaga Lingkungan 

Menjaga lingkungan tempat tinggal tetap bersih dan sehat adalah hal yang penting. Hal ini juga berkaitan dengan tumbuh kembang Si Kecil. Ibu dan ayah bisa mengajak anak untuk menjaga lingkungan melalui beberapa cara sederhana, di antaranya: 

  • Beri  Contoh 

Cara paling mudah dan utama dalam menerapkan kebiasaan pada anak adalah dengan memberi contoh. Seperti diketahui, anak-anak adalah peniru yang hebat. Maka dari itu, orangtua sebaiknya memberi contoh baik dalam menjaga lingkungan yang bisa diikuti sang buah hati. 

  • Kenalkan pada Alam 

Tak kenal maka tak sayang. Ungkapan tersebut mungkin benar adanya. Agar anak lebih mencintai dan mau menjaga lingkungan, pastikan untuk memperkenalkannya pada alam atau lingkungan sekitar terlebih dahulu. Orangtua bisa mengajak anak untuk beraktivitas di luar rumah, seperti aktivitas liburan dengan menikmati alam terbuka atau sekadar jalan-jalan keliling kota. Beri tahu pada anak, bagaimana lingkungan hidup yang seharusnya.  

Baca juga: Anak Bermain Lumpur dan Tanah, Boleh atau Tidak?

  • Buang Sampah di Tempatnya 

Salah satu cara menjaga lingkungan adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Sudah bukan rahasia, kebiasaan membuang sampah sembarangan tidak hanya membuat lingkungan kotor, tetapi juga bisa meningkatkan risiko banjir. Maka dari itu, terapkan pada anak agar tidak membiasakan buang sampah sembarangan. 

  • Kurangi Penggunaan Plastik

Sebenarnya tidak hanya plastik sekali pakai, ibu dan ayah juga bisa mengajarkan anak untuk menghindari penggunaan barang tertentu yang bisa menghasilkan sampah. Ajarkan hal-hal sederhana kepada anak dalam menerapkannya, seperti dengan membawa botol minuman sendiri ke sekolah. Dengan begitu, penggunaan botol plastik sekali pakai bisa dikurangi.

  • Ajak Berkebun

Selain dengan jalan-jalan keliling kota, menumbuhkan rasa cinta dan mengenalkan anak pada lingkungan juga bisa dilakukan dengan berkebun bersama. Sebab, salah satu cara efektif untuk mengajarkan anak menjaga kebersihan lingkungan, yaitu dengan membuat lingkungan itu sendiri. Dan hal ini bisa diwujudkan dengan membuat kebun kecil sendiri di rumah dan minta anak untuk merawatnya setiap hari. 

Ajaklah Si Kecil berkebun atau menanam pohon bersama di halaman rumah. Ajarkan pada anak bahwa pohon merupakan bagian dari lingkungan dan sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan begitu, anak akan sadar betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungannya. Hal ini kemudian akan membuat anak lebih mencintai lingkungan dan lebih memiliki kesadaran untuk menjaganya dengan baik. 

Baca juga: Berkebun Bisa Bantu Mengurangi Stres, Ini Faktanya

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Kidsource. Diakses pada 2020. What Can I Teach My Young Child About The Environment? 
Kidshealth. Diakses pada 2020. Raising Earth-Friendly Kids (For Parents).
Unesco. Diakses pada 2020. Educational Activities To Involve Children In The Protection Of The Environment.