Cara Tepat Antisipasi Cacar Monyet yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Oktober 2023

“Cacar monyet sedang marak menyebar belakangan ini, sehingga kamu perlu tahu cara tepat untuk mengantisipasinya. Beberapa caranya adalah rutin mencuci tangan dan menghindari kontak dengan seseorang yang terinfeksi.”

Cara Tepat Antisipasi Cacar Monyet yang Perlu DiketahuiCara Tepat Antisipasi Cacar Monyet yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Cacar monyet sudah masuk dalam kategori darurat kesehatan global. Per laporan Organisasi Kesehatan Dunia alias WHO sudah terdapat 17.800 kasus yang tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Per 13 Oktober 2023 lalu telah dilaporkan kasus cacar monyet di Indonesia meningkat menjadi 7 kasus tahun ini.

Cacar monyet adalah penyakit yang terjadi akibat infeksi monkeypox pada monyet. Virus ini adalah turunan dari virus variola yang masuk dalam genus orthopoxvirus atau yang biasa menjadi penyebab cacar skala kecil.

Mengutip dari The New England Journal of Medicine, penularan cacar monyet terjadi melalui air liur, kontak dekat atau langsung dengan lesi pada kulit, serta melalui benda yang terkontaminasi. Beberapa riset menyebut jika aktivitas seksual sesama pria lebih rentan untuk alami penyakit ini.

Cara Antisipasi Cacar Monyet

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyarankan orang untuk menjauhi hewan yang terinfeksi cacar monyet. Selain itu mereka menyarankan agar:

Hindari Kontak dengan Seseorang yang Terinfeksi 

Cacar monyet dapat menyebar antar manusia melalui kontak dengan lesi atau koreng pada seseorang yang terinfeksi. Luka tersebut dapat kamu temukan pada kulit atau permukaan mukosa, seperti mata, mulut, tenggorokan, alat kelamin, anus, atau rektum.

Penyakit ini juga dapat menyebar melalui kontak dengan cairan tubuh seseorang yang terinfeksi, seperti darah, air liur, hingga air mani. Contohnya yaitu:

  • Kontak seksual dengan pengidap penyakit ini, termasuk kontak oral.
  • Tinggal di rumah yang sama dengan pengidap cacar monyet.
  • Tidak sengaja menghirup air liur saat pengidapnya bicara, batuk, hingga bersin.

Cara Pencegahan

Beberapa langkah pencegahan yang bisa kamu lakukan, misalnya:

  • Tetap tinggal di rumah dan batasi kontak dengan seseorang yang memiliki gejala penyakit ini.
  • Hindari kontak fisik, termasuk kontak seksual, terhadap orang yang terinfeksi atau memiliki kemungkinan telah terpapar virus ini.
  • Rutin mencuci tangan dan menutup mulut saat batuk atau bersin.
  • Bersihkan permukaan dan benda yang sering orang sentuh.
  • Kenakan masker wajah jika melakukan kontak dekat dengan seseorang yang memiliki gejala.

Terdapat tempat-tempat yang memungkinkan terjadinya penularan cacar monyet. Kamu bisa ketahui tempat-tempatnya di sini: Terkonfirmasi di Indonesia, Waspadai Tempat Penularan Cacar Monyet.

Untuk menurunkan risiko terserang virus cacar monyet melalui kontak seksual, kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Menggunakan kondom.
  • Mempraktikkan seks aman. 
  • Membatasi pasangan seksual, terutama orang yang baru kamu kenal.

Pengobatan untuk Cacar Monyet

Cacar monyet merupakan penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya dan dengan gejala yang berlangsung antara 2-4 minggu. 

Sejauh ini, belum ada pengobatan yang teruji dan terbukti aman serta efektif untuk mengatasi penyakit ini.

Namun biasanya setelah diagnosis, dokter akan memantau kondisi kamu dan mencoba meringankan gejala, mencegah dehidrasi dan memberikan antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri sekunder jika berkembang.

Mengutip dari CDC, pemberian vaksin dapat mencegah penularan penyakit ini ke orang lain. Hal ini telah terbukti memutus penyebaran penyakit cacar yang terjadi pada tahun 1980. Hal yang terpenting adalah, setiap orang yang berisiko mengalami cacar monyet, sebaiknya mendapatkan vaksin sesegera mungkin.

Kamu bisa ketahui fakta-fakta mengenai vaksin cacar monyet di sini: Inilah 5 Fakta tentang Vaksin Cacar Monyet.

Nah, itu tadi adalah beberapa cara tepat untuk mengantisipasi cacar monyet yang sedang marah terjadi di beberapa negara.

Pastikan untuk kamu melindungi diri dengan mendapatkan vaksin cacar agar gangguan yang membahayakan bisa dihindari.

Selain itu, terapkan segala cara pencegahan yang membuat seseorang lebih rentan untuk terserang infeksi penyakit ini.

Apabila kamu mencurigai kondisi kamu mengalami gejala cacar monyet atau sebelumnya berinteraksi dengan pengidap cacar monyet, kamu bisa konsultasikan kondisi kamu dengan menghubungi dokter melalui Halodoc.

Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk informasi kesehatan yang lebih lengkap.

Referensi
Government of Canada. Diakses Pada 2023. Monkeypox: How it spreads, prevention and risks.
The New England Journal of Medicine. Diakses Pada 2023. Monkeypox Virus Infection in Humans across 16 countries–April–June 2022.
CDC. Diakses Pada 2023. Monkeypox and Smallpox Vaccine Guidance. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan