Cara Tepat Menjaga Kebersihan Kandang Hamster

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   18 Mei 2021
Cara Tepat Menjaga Kebersihan Kandang HamsterCara Tepat Menjaga Kebersihan Kandang Hamster

Halodoc, Jakarta - Kandang merupakah salah satu bagian penting dan perlu kamu perhatikan ketika memutuskan untuk memiliki hewan peliharaan, seperti hamster. Hewan satu ini memang memiliki ukuran tubuh yang terbilang kecil, tetapi bukan berarti kamu bisa menempatkan pada kandang yang sempit. 

Pasalnya, kandang hamster juga memiliki kriteria tertentu sehingga hewan ini nyaman berada di dalamnya. Sekilas, kandang hamster memang terlihat kecil, lengkap dengan rumah dan roda untuknya berputar. Namun, sebenarnya, kandang tersebut memiliki ukuran yang telah diperhitungkan. 

Menjaga Kebersihan Kandang Hamster

Sama seperti kucing, semakin besar ukuran tubuhnya, tentu kamu harus memberikan kandang dengan ukuran yang lebih besar pula. Nah, untuk hamster yang terbilang kecil, kamu bisa memilih kandang dengan panjang minimal 40 sentimeter dan tinggi sekitar 30 sentimeter. Sesuaikan saja dengan kenyamanan hewan tersebut. 

Baca juga: Inilah Cara Tepat Memelihara Hamster di Rumah

Jangan lupa, hamster adalah hewan yang terbilang aktif meski tubuhnya kecil. Jadi, kamu pun perlu memberikan ruang gerak yang cukup untuk hamster beraktivitas. Hewan satu ini juga senang bermain, kamu bisa menambahkan roda atau jenis mainan lain untuk mendukung hobinya itu. 

Tak hanya ukuran, kamu juga harus memperhatikan dan mengetahui bagaimana cara tepat membersihkan kandang hamster. Kandang yang bersih tentu akan membuat hewan ini terjaga kesehatannya dan semakin semangat bermain. Coba bayangkan, bagaimana jadinya jika kandang hewan peliharaanmu kotor dan bau. Tentu ini akan berpengaruh pada kondisi kesehatan hewan tersebut. 

Lalu, apa yang perlu diperhatikan? 

Pertama, pastikan kamu memberikan lapisan sebagai alas kandang hamster. Kamu bisa menggunakan alas yang terbuat dari serbuk kayu atau menggunakan pasir yang memang dibuat khusus untuk hamster. Gantilah alas kandang ini setidaknya seminggu sekali. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Hewan Peliharaan untuk Anak

Kedua, perhatikan bagaimana cara membersihkan kandang hamster. Bersihkan kandang secara rutin dengan menggunakan air hangat dan sabun. Keringkan kandang setelah dicuci, jangan sampai ada bagian yang basah karena akan membuat kandang jadi lembap. Lalu, supaya hewan kecil ini terjaga kesehatan dan kenyamanannya, kamu bisa menempatkan kandang pada ruangan yang memiliki suhu hangat dan hindari paparan langsung sinar matahari.

Sebenarnya, mengapa alas kandang juga perlu diperhatikan? Alas kandang hamster punya peran penting, yaitu sebagai penyerap urine dan membuat hamster menjadi lebih nyaman di kandang. Jadi, ukuran alas juga penting. Pilih ukuran antara 5 hingga 12 sentimeter dari dasar kandang. 

Nah, untuk bahannya, tadi sudah disebutkan, bisa kamu pilih serbuk kayu atau pasir khusus. Namun, kalau kamu pakai serbuk kayu, hindari kayu cedar atau pinus, ya! Kedua jenis kayu tersebut memiliki tekstur yang justru bisa membuat hamster tidak nyaman dan terluka. 

Kamu juga bisa menggunakan alas kandang yang terbuat dari serat selulosa, serutan aspen, atau kertas. Soal warna, pilih yang netral atau tanpa pewarna tambahan karena bisa membuat hamster menjadi bingung karena kondisi kandang yang terlalu ramai. 

Baca juga: Begini Cara Ajak Anak Menyukai Hewan Sejak Kecil

Terakhir, pastikan kamu juga memperhatikan kondisi kesehatan hamster. Jika hewan mungil ini menunjukkan gejala yang tidak biasa, kamu bisa langsung akses aplikasi Halodoc dan tanyakan pada dokter hewan. Kamu cukup download aplikasinya di ponsel dan ceritakan semua keluhanmu lewat chat atau video call. 

Referensi:
PetMD. Diakses pada 2021. Hamster Care 101: How to Care For Your Hamster.
RSPCA.gov.uk. Diakses pada 2021. Hamsters.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan