Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Pubertas Dini

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 November 2022

“Mencegah pubertas dini tidak selalu memungkinkan. Sebab, pada beberapa kasus, penyebab dari kondisi ini tidak jelas.”

Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Pubertas DiniCara yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Pubertas Dini

Halodoc, Jakarta – Bagi orang tua, mencegah pubertas dini pada anak sangat penting. Ini adalah kondisi ketika anak mengalami percepatan pertumbuhan dan mengembangkan fitur fisik seksual orang dewasa.

Kondisi ini berhubungan dengan otak, di mana hipotalamus melepaskan hormon yang memicu kelenjar pituitari melepaskan hormon gonadotropin. Hormon ini dapat merangsang pertumbuhan kelenjar seks, yang pada anak laki-laki adalah testis, dan pada anak perempuan adalah ovarium. 

Pada anak laki-laki, testis melepaskan testosteron, sedangkan pada anak perempuan, ovarium melepaskan estrogen. Pubertas biasanya dimulai antara usia 8-13 tahun pada anak perempuan dan 9-14 tahun pada anak laki-laki.

Cara Mencegah Pubertas Dini

Anak-anak yang terkena pubertas dini menjalani proses pubertas jauh lebih awal Anak perempuan mengembangkan karakteristik seksual sekunder, seperti payudara, sebelum usia 8 tahun. Sementara anak laki-laki dengan pubertas dini mengalami perubahan sebelum usia 9 tahun.

Kamu tidak bisa mencegah beberapa faktor risiko pubertas dini, seperti jenis kelamin dan ras. Namun, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi kemungkinan anak mengalami pubertas dini, antara lain:

  • Menjauhkan anak dari sumber eksternal estrogen dan testosteron. Seperti obat resep untuk orang dewasa atau suplemen makanan yang mengandung estrogen atau testosteron.
  • Mendorong anak untuk mempertahankan berat badan yang sehat.

Ketahui Penyebabnya

Untuk mencegah pubertas dini pada anak, kamu perlu memahami apa yang jadi penyebabnya. Otak memulai proses dengan produksi hormon yang disebut hormon pelepas gonadotropin (GnRH).

Ketika hormon ini mencapai kelenjar hipofisis (kelenjar kecil berbentuk kacang di dasar otak), itu mengarah pada produksi lebih banyak hormon di ovarium untuk wanita (estrogen) dan testis untuk pria (testosteron).

Estrogen terlibat dalam pertumbuhan dan perkembangan karakteristik seksual wanita. Sementara testosteron bertanggung jawab atas pertumbuhan dan perkembangan karakteristik seksual pria.

Mengapa proses ini dimulai lebih awal pada beberapa anak? Ini bergantung pada apakah mereka mengalami pubertas prekoks sentral atau pubertas prekoks perifer.

Penyebab pubertas prekok sentral seringkali tidak jelas. Pola dan waktu langkah-langkah dalam proses umumnya normal. Untuk sebagian besar anak dengan kondisi ini, tidak ada masalah medis yang mendasari dan tidak ada alasan yang jelas untuk pubertas dini.

Dalam kasus yang jarang terjadi, beberapa penyebab pubertas prekoks sentral adalah:

  • Tumor di otak atau sumsum tulang belakang (sistem saraf pusat).
  • Cacat di otak saat lahir, seperti penumpukan cairan berlebih (hidrosefalus) atau tumor non-kanker (hamartoma).
  • Radiasi ke otak atau sumsum tulang belakang.
  • Cedera pada otak atau sumsum tulang belakang.
  • Hipotiroidisme.

Sementara itu, untuk mencegah pubertas dini jenis prekoks perifer, kamu juga perlu tahu penyebabnya. Kondisi ini terjadi karena adanya estrogen atau testosteron dalam tubuh anak. 

Pubertas jenis ini terjadi tanpa keterlibatan hormon di otak (GnRH). Sebaliknya, penyebabnya adalah pelepasan estrogen atau testosteron ke dalam tubuh karena masalah pada ovarium, testis, kelenjar adrenal, atau kelenjar pituitari.

Baik pada anak perempuan maupun laki-laki, hal-hal berikut ini dapat menyebabkan pubertas prekoks perifer:

  • Tumor di kelenjar adrenal atau di kelenjar hipofisis yang melepaskan estrogen atau testosteron.
  • Sindrom McCune-Albright, kelainan genetik langka yang memengaruhi warna kulit dan tulang serta menyebabkan masalah hormonal.
  • Paparan sumber eksternal estrogen atau testosteron, seperti krim atau salep.

Itulah pembahasan mengenai cara mencegah pubertas dini pada anak dan penyebab yang perlu kamu waspadai. Jika ingin tahu lebih lanjut mengenai kondisi ini, download Halodoc saja untuk bertanya pada dokter melalui chat.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Precocious (Early) Puberty.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Precocious Puberty.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan