Catat, Ini 4 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   10 September 2021
Catat, Ini 4 Perbedaan Kucing Anggora dan PersiaCatat, Ini 4 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Perbedaan kucing Anggora dan Persia bisa terlihat dengan jelas, karena hampir semua bagian tubuhnya akan terlihat berbeda. Kedua jenis kucing ras ini memang memiliki bulu yang panjang, tetapi persamaannya tidak hanya berhenti di situ. Kucing Persia dan Anggora nyatanya memiliki karakter fisik, bulu dan perawatan, serta perangai yang berbeda.

Halodoc, Jakarta – Perbedaan kucing anggora dan Persia ada pada hampir semua bagian tubuhnya. Jadi, kamu tidak akan kesulitan untuk membedakannya. 

Meskipun kedua ras kucing ini sama-sama memiliki bulu yang lebat dan panjang, tetap kucing Anggora dan Persia nyatanya memiliki banyak perbedaan mulai dari personality, tingkat aktivitas, serta kebutuhan tubuhnya. Dengan mengetahui perbedaan keduanya, kamu bisa menentukan jenis kucing mana yang paling cocok dan memang ingin dijadikan hewan peliharaan

Melihat Perbedaan Kucing Anggora dan Persia 

Kucing Anggora dan Persia adalah dua jenis ras kucing yang berbeda. Maka dari itu, kebutuhan dan karakteristiknya pun akan berbeda pula. Berikut ini beberapa perbedaan kucing Anggora dan Persia yang perlu diketahui: 

  1. Karakter Fisik 

Salah satu perbedaan nyata dari kedua jenis kucing ini ada pada bentuk wajahnya. Kucing Persia dikenal dengan bentuk wajah yang pendek, rata, serta memiliki hidung yang pendek. Sementara kucing Anggora cenderung memiliki hidung yang lebih mancung dengan bentuk kepala yang khas. Kucing Persia memiliki mata yang besar dan bundar dengan letak berjauhan. Sementara letak telinga kucing rendah dan dekat dengan kepala. 

Pada kucing Anggora, bentuk matanya berbentuk seperti almond dan sedikit miring ke atas. Letak telinga kucing ini berdekatan dan tidak jarang kucing Anggora memiliki warna mata yang saling berbeda. Perbedaan kucing Anggora dan Persia juga terletak pada ukuran tubuhnya. Kucing Anggora lebih ramping dengan bulu ekor yang panjang, sedangkan Persia memiliki bentuk badan yang agak berotot dengan kaki pendek dan ekor yang pendek serta tebal.

  1. Bulu Kucing dan Perawatan 

Kucing Persia dikenal memiliki bulu yang lebat dan panjang yang tersusun dari dua layer, yaitu lapisan atas dan lapisan bawah. Untuk mencegah bulu kusut dan terbentuknya bola rambut, disarankan untuk menyisir bulu kucing Persia setiap hari. Pastikan juga untuk memandikan kucing secara rutin untuk menjaga kebersihan tubuhnya. 

Bulu kucing Anggora biasanya tidak sepanjang kucing Persia. Namun, bulu kucing ini biasanya lebih halus dan jarang kusut. Agar bulu kucing tertata rapi, disarankan untuk menyisir setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu. 

  1. Perangai 

Perbedaan selanjutnya ada pada perangai kucing. Anggora dikenal sebagai kucing yang ramah dan penuh kasih sayang. Ras kucing ini juga dikenal mandiri, cerdas, serta aktif berlari dan memiliki naluri berburu. Kucing Anggora cenderung menyukai tempat tinggi, sehingga mungkin sering memanjat. Sementara itu, kucing Persia lebih manis, lembut, dan menyukai ketenangan. Jenis kucing ini juga suka mendapatkan perlakukan yang lembut. Kucing ini tidak suka melompat dan aktivitas yang dilakukan cenderung secukupnya saja. 

Oleh karena karakteristik yang sudah disebutkan di atas, kucing Persia cenderung tidak suka dengan kehadiran anak-anak, terutama bila mereka mengganggu ketenangan hewan berbulu tersebut. Sementara kucing Anggora bisa hidup dengan baik bersama anak kecil. Selain itu, kucing Anggora juga lebih mudah hidup dengan hewan lain, tidak seperti kucing Persia yang tidak suka adanya gangguan dalam rutinitasnya.

  1. Risiko Masalah Kesehatan 

Sebagian besar kucing ras memiliki kondisi kesehatan yang baik. Namun, rentan terhadap masalah genetik tertentu. Baik kucing Anggora maupun kucing Persia disebut bisa mengalami gangguan pada jantung yang dikenal dengan istilah kardiomiopati hipertrofik, yaitu kondisi yang menyebabkan penebalan otot jantung. Penyakit mata juga rentan terjadi, terutama pada Persia. Sebab, mata yang besar dan menonjol pada kucing ini membuatnya rentan terhadap infeksi dan iritasi mata, dan hidungnya yang rata dan pendek dapat mengakibatkan masalah pernapasan.

Jika kucing peliharaan menunjukkan gejala kesehatan tertentu, coba saja bicarakan pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter hewan terpercaya di Halodoc bisa memberimu saran kesehatan untuk merawat hewan peliharaanmu. Ayo, download aplikasinya sekarang juga di App Store atau Google Play!

Referensi:
The Nest. Diakses pada 2021. The Differences Between Angora & Persian Cats.
Animal Wised. Diakses pada 2021. Differences Between a Persian vs. Angora Cat

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan