• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 5 Tanda Penyakit Jantung di Usia Produktif
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 5 Tanda Penyakit Jantung di Usia Produktif

Catat, Ini 5 Tanda Penyakit Jantung di Usia Produktif

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 09 Mei 2022

“Perkembangan zaman memberikan tuntutan hidup yang membuat orang di usia produktif rentan penyakit jantung. Tanda penyakit jantung di usia produktif bisa meliputi cepat merasa lelah dan detak jantung tidak teratur.”

Catat, Ini 5 Tanda Penyakit Jantung di Usia ProduktifCatat, Ini 5 Tanda Penyakit Jantung di Usia Produktif

Halodoc, Jakarta –  Dewasa ini, orang-orang yang berada pada usia produktif berisiko mengalami penyakit jantung. Faktor gaya hidup tidak sehat menjadi pemicu utama. Pola hidup tidak sehat ini termasuk mengonsumsi makanan tidak sehat, tidak memiliki tidur teratur, stres, kebiasaan merokok, dan tidak aktif berolahraga. 

Anak muda zaman sekarang lebih cepat stres. Perkembangan zaman memberikan tuntutan hidup lebih. Mulai dari tekanan gaya hidup, lingkungan sekitar, yang sedikit banyak dipengaruhi efek teknologi. Penting mengetahui tanda penyakit jantung di usia produktif untuk mencegah komplikasi dan penanganan lebih lanjut. 

1. Cepat Merasa Kelelahan

Bisa ditandai dengan cepat merasa lelah, seperti menaiki tangga atau bahkan sesederhana mengangkat barang belanjaan dari dalam mobil ke rumah. Ketidakmampuan fisik yang ditandai dengan kelelahan ekstrem ini terkadang tidak dapat dijelaskan. Bahkan saat tidak melakukan sesuatu yang signifikan pun, tubuh sudah merasa lelah. 

2. Membiru di Sekitar Gusi atau Lidah

Biru pada gusi dan lidah bisa menjadi ciri penyakit jantung koroner. Warna kebiruan ini juga bisa ditemukan di area tubuh yang lain. Biasanya membiru di gusi atau lidah dikarenakan kekurangan oksigen sebagai akibat dari tersumbatnya jalan napas. 

3. Tubuh Berkeringat

Keringat adalah sesuatu yang normal, terutama bila sedang berada pada ruangan yang panas atau menjalani aktivitas. Namun, bila kamu berkeringat berlebihan padahal tidak sedang melakukan apa-apa, ini bisa jadi ciri penyakit jantung di usia produktif. 

Keringat menjadi tanda penyakit jantung dikarenakan jantung memompa darah melalui arteri yang tersumbat membutuhkan lebih banyak upaya. Itulah sebabnya, tubuh berkeringat supaya menjaga suhu tubuh tetap rendah selama aktivitas ekstra tersebut.

4. Pembengkakan pada Pergelangan Kaki

Saat jantung tidak dapat bekerja dengan baik, aliran darah melambat dan kembali ke pembuluh darah di kaki. Ini menyebabkan cairan menumpuk sehingga terjadi pembengkakan pada pergelangan kaki. 

Jika kamu mengalami pembengkakan parah disertai gejala lain seperti sakit perut, sakit kepala, jarang buang air kecil, mual dan muntah, atau perubahan pada penglihatan, ini bisa jadi ciri pasti penyakit jantung.

5. Detak Jantung Tidak Beraturan

Detak jantung tak beraturan sangat normal, terutama bila kamu sedang gugup, sangat bersemangat, atau mengonsumsi makanan tertentu. Namun, jika kamu merasakan jantung berdetak lebih dari beberapa detik sekali, dan ini sering terjadi, besar kemungkinan itu adalah ciri penyakit jantung.

Itulah ciri-ciri penyakit jantung di usia produktif yang perlu diketahui. Kalau kamu pernah mengalaminya, segera buat janji pemeriksaan ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Bem Secours. Diakses pada 2022. Why Heart Disease Is Not Just an Old Man’s Disease
Times of India. Diakses pada 2022. Why has heart attack become so prevalent in young people?
MedlinePlus. Diakses pada 2022. Warning signs and symptoms of heart disease
WebMD. Diakses pada 2022. Never Ignore These 11 Heart Symptoms