Catat, Ini 7 Cara Meredakan Radang Tenggorokan Secara Alami

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 April 2024

“Radang tenggorokan dapat membuat pengidapnya sulit menelan makanan atau minuman. Ada beberapa cara alami yang efektif untuk meredakannya, seperti dengan mengonsumsi madu, berkumur air garam, hingga mengonsumsi bawang putih.”

Catat, Ini 7 Cara Meredakan Radang Tenggorokan Secara AlamiCatat, Ini 7 Cara Meredakan Radang Tenggorokan Secara Alami

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat untuk Radang Tenggorokan


Halodoc, Jakarta – Radang tenggorokan adalah kondisi ketika tenggorokan terasa sakit, gatal, dan terdapat iritasi yang menimbulkan rasa sakit saat menelan. Penyebab paling umum dari kondisi ini adalah infeksi virus, seperti pilek atau flu. 

Meskipun dapat sembuh dengan sendirinya, radang tenggorokan dapat membuatmu merasa tidak nyaman, bahkan saat tidur karena rasa sakitnya.

Nah, ada beberapa pengobatan alami untuk meredakan radang tenggorokan. Mau tahu caranya? Berikut ulasannya!

Cara Meredakan Radang Tenggorokan Secara Alami

Untuk meredakan radang tenggorokan, tak harus selalu dengan mengonsumsi obat-obatan. Ada beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk membantu mengatasi kondisi ini, seperti: 

1. Madu 

Kamu dapat mengkombinasikan madu dengan teh atau dapat juga mengonsumsi madu itu sendiri. Bisa dibilang, pengobatan ini merupakan cara yang umum untuk meredakan radang tenggorokan. 

Menurut sebuah penelitian, madu lebih efektif untuk meredakan gejala infeksi saluran pernapasan, dibandingkan pengobatan alami lainnya. 

2. Kumur air garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan radang tenggorokan dan memecah memecah sekresi. Hal ini juga dapat membantu mengurangi bakteri di tenggorokan dan membantu mengurangi pembengkakan. Berikut adalah caranya:

  • Sediakan air hangat secukupnya.
  • Larutkan garam ke dalam air hangat sebanyak setengah sendok teh.
  • Berkumur dengan posisi kepala sedikit menengadah ke atas.
  • Berkumur sekitar 15 detik atau selama yang kamu bisa.
  • Keluarkan air kumur.

Kamu dapat melakukan cara ini setidaknya satu jam sekali untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat radang tenggorokan. Mau tahu lebih jauh mengenai manfaat lainnya dari air garam? Baca artikel ini: “Cek Fakta: Manfaat Terapi Garam untuk Sistem Pernapasan”.

3. Konsumsi teh chamomile

Teh chamomile sudah menjadi alternatif pengobatan sejak lama, termasuk mengobati radang tenggorokan. Teh ini memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan astringen. 

Berdasarkan penelitian, bubuk chamomile dapat membantu meredakan peradangan pada mata, hidung, dan tenggorokan.

Dengan mengonsumsi teh chamomile dapat memberikan manfaat yang sama. 

Teh ini juga dapat menguatkan sistem kekebalan untuk membantu tubuh mengobati infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan. Selain untuk meredakan radang tenggorokan, ternyata teh chamomile memiliki manfaat lainnya! 

Simak selengkapnya di sini : “Rutin Minum Teh Chamomile Baik untuk Pengidap Asam Lambung

4. Mengonsumsi peppermint 

Peppermint terkenal karena dapat menyegarkan napas. Menurut penelitian,  peppermint juga memiliki sifat antiinflamasi dan beberapa kualitas antibakteri dan antivirus. 

Selain itu, peppermint juga memiliki senyawa mentol yang membantu mengencerkan lendir dan meredakan sakit tenggorokan dan juga batuk. 

5. Konsumsi bawang putih

Jangan salah, bawang putih yang biasa menjadi bahan makanan juga memiliki manfaat untuk pengobatan. Bawang putih memiliki sifat antibakteri alami.

Bawang putih mengandung allicin, yaitu senyawa yang dikenal karena kemampuannya melawan infeksi virus. 

Mengonsumsi suplemen bawang putih setiap hari juga dapat membantu mencegah dan mengobati infeksi saluran pernapasan atas.

Kamu dapat melakukannya dengan menambahkan bawang putih segar ke dalam makanan, setidaknya satu siung bawang putih. 

6. Mengonsumsi cairan panas seperti teh atau sup

Cara ini dapat menenangkan tenggorokan dan membantu mengencerkan lendir sinus, sehingga menghasilkan drainase yang lebih baik dan mengurangi rasa tersumbat. 

Sup yang dapat kamu konsumsi salah satunya adalah sup ayam. Penelitian terdahulu menemukan bahwa sup ayam dapat membantu meredakan gejala penyakit pernapasan dan tenggorokan. 

7. Istirahat yang cukup

Pengobatan alami di atas tentu juga harus dibarengi dengan istirahat yang cukup. Jika kamu sedang mengalami sakit tenggorokan datang, cobalah untuk santai dan pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup.

Selain tidur, ada baiknya jika kamu mengistirahatkan suara untuk sementara waktu.

Seperti tidak berbicara dengan keras, bernyanyi, dan berteriak. Sebab, hal-hal tersebut dapat semakin mengiritasi tenggorokan.

Itulah cara alami yang dapat kamu lakukan untuk meredakan radang tenggorokan yang kamu alami. Di samping itu, kamu juga dapat mengonsumsi obat tanpa resep dokter yang diperuntukan untuk sakit tenggorokan. 

Kunjungi laman berikut untuk informasi lengkapnya : “Ini 11 Obat Radang Tenggorokan untuk Dewasa Tanpa Resep Dokter

Segera hubungi dokter di Halodoc jika kamu merasa radang tenggorokan tidak kunjung sembuh lebih dari seminggu dan merasa kesusahan untuk bernapas.

Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Play Store untuk informasi kesehatan lebih lengkap!

chat dokter umum jika mengalami gejala radang tenggorokan

Rekomendasi Obat untuk Radang Tenggorokan 

Selain menggunakan cara alami, kamu dapat menggunakan sejumlah obat radang tenggorokan ampuh. Berikut ini rekomendasi obat radang tenggorokan yang dapat kamu gunakan:

1. Degirol Hisap 0.25 mg 20 Tablet

Obat radang tenggorokan pertama yang dapat kamu gunakan adalah Degirol Hisap 0.25 mg 20 Tablet. Degirol merupakan jenis tablet hisap yang mengandung Dequalinium Chloride. Obat ini bermanfaat mengatasi berbagai masalah pada tenggorokan, rongga mulut, dan pencegahan flu dan batuk. 

Untuk mengkonsumsi obat ini, tablet hanya perlu dibiarkan larut perlahan di dalam mulut. Bagi orang dewasa, dosis yang disarankan adalah 1 tablet setiap 3-4 jam, dengan maksimal 8 tablet per hari.

Rentang harga: Rp30.700 per box.

Dapatkan Degirol Hisap 0.25 mg 20 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. SP Troches Meiji Rasa Strawberry 12 Tablet

Berikutnya, kamu juga bisa mencoba obat SP Troches Meiji Rasa Strawberry 12 Tablet. Obat radang tenggorokan ini merupakan tablet hisap dengan perisa stroberi yang dapat membantu mengatasi infeksi bakteri, dan fungi dalam ruang mulut dan tenggorokan. 

Tablet ini dapat dihisap perlahan-lahan hingga larut dalam mulut tanpa dikunyah. Dosis yang disarankan adalah 6 kali sehari 1 tablet, tidak lebih dari 8 tablet sehari

Hindari penggunaan tablet ini untuk jangka waktu yang panjang. 

Rentang harga: Rp18.200 – Rp19.000 per box.

Dapatkan SP Troches Meiji Rasa Strawberry 12 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Lo Han Kuo Infusion 12 Tablet

Selain menggunakan obat konvensional, kamu juga dapat memilih menggunakan obat herbal.

Lo Han Kuo Infusion adalah minuman herbal tradisional Cina yang dapat membantu meredakan gejala panas dalam yang disertai batuk serta sakit tenggorokan. Obat ini terbuat dari bahan alami buah Lo Han Kuo (Fructus Momordicae) dan gula tebu.

Untuk konsumsi obat ini, minumlah 1-2 kali sehari dengan melarutkan satu potong Lo Han Kuo dalam 100 ml air hangat atau air dingin.

Rentang harga: Rp17.200 – Rp36.500 per box.

Dapatkan Lo Han Kuo Infusion 12 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Tantum Verde Oral Rinse 120 ml

Obat lainnya yang bisa kamu gunakan untuk sakit tenggorokan adalah Tantum Verde Oral Rinse 120 ml.

Dengan kandungan Benzydamine HCl dan alkohol, obat ini efektif untuk meringankan rasa sakit pada mulut dan tenggorokan, seperti tonsilitis, sakit tenggorokan, pasca ekstraksi gigi, dan kelainan periodontal.

Penggunaannya cukup dengan berkumur-kumur tanpa ditelan 2-3 kali sehari dengan 15 mL larutan selama 60 detik. Namun, pengobatan yang terus menerus tidak boleh melebihi 7 hari. 

Obat ini tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia 12 tahun.

Rentang harga: Rp47.300 – Rp47.600 per botol.

Dapatkan Tantum Verde Oral Rinse 120 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Betadine Throat Spray 50 ml

Terakhir, kamu bisa menggunakan  Betadine Throat Spray 50 ml untuk membantu mengatasi sakit tenggorokan.

Betadine Throat Spray merupakan obat berbentuk spray mulut yang mengandung Povidone Iodine 0.45%. Obat ini bermanfaat meredakan sakit tenggorokan, sariawan, gusi bengkak, bau mulut, dan nafas tidak segar.

Untuk dosis pemakaian, kamu cukup menggunakan obat ini 1 hingga 3 kali per hari. Caranya, semprotkan ke dalam rongga mulut dan keluarkan sisa cairan tanpa perlu dibilas dengan berkumur.

Rentang harga: Rp140.700 per botol.

Dapatkan Betadine Throat Spray 50 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Nah, itu dia sejumlah obat radang tenggorokan yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa mendapatkan obat-obatan tersebut di Toko Kesehatan Halodoc. Tersedia juga vitamin dan produk kesehatan lainnya!

Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses Pada 2023. Sore throat
Healthline. Diakses Pada 2023. Sore throat remedies that work (and what not to do)
American Osteopathic Association. Diakses Pada 2023. Sore throat
GoodRx Health. Diakses Pada 2023. Does gargling with salt water really help a sore throat?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan