Catat, Ini 7 Titik Akupunktur untuk Atasi Sakit Kepala

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   31 Januari 2023

“Akupunktur menjadi pilihan pengobatan alternatif untuk beberapa kondisi kesehatan, salah satunya adalah sakit kepala. Namun, sebaiknya kamu cari tahu dulu mana saja titik akupuntur sakit kepala.”

Catat, Ini 7 Titik Akupunktur untuk Atasi Sakit KepalaCatat, Ini 7 Titik Akupunktur untuk Atasi Sakit Kepala

Halodoc, Jakarta – Akupuntur sudah menjadi metode pengobatan alternatif sejak ribuan tahun lalu. Teknik pengobatan tradisional yang berasal dari Tiongkok ini dapat membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan, tak terkecuali sakit kepala. 

Teknik pengobatan ini dilakukan dengan menggunakan jarum khusus yang tipis dan kecil. Ahli akupuntur akan menusukkan jarum tersebut pada titik tertentu, yang selanjutnya kamu ketahui sebagai titik akupuntur.

Faktanya, titik tekanan untuk setiap gangguan kesehatan yang terjadi pada tubuh bisa tidak sama, meski sebagian besar titik tubuh manusia itu saling terkoneksi satu dengan lainnya. Melalui penekanan pada titik yang pas menggunakan jarum, kamu bisa mendapatkan manfaat akupuntur untuk meredakan sakit kepala. 

Titik Akupuntur untuk Sakit Kepala

Akan tetapi, akupuntur tidak boleh kamu lakukan secara asal. Bahkan, hanya orang yang telah menguasai bidang ini dan memiliki sertifikat yang boleh melakukannya. Sekarang ini, dunia medis juga telah mengadopsi teknik pengobatan akupuntur yang memiliki sebutan akupuntur medis. 

Sebenarnya, metode pengobatan ini memiliki tujuan dan fokus guna membantu mengembalikan energi yang positif ke semua bagian tubuh. Dalam pandangan medis, ahli meyakini teknik ini dapat menstimulasi dan meningkatkan imunitas tubuh. 

Metode pengobatan ini terbagi menjadi beberapa rangkaian titik tekan dan zona. Selanjutnya, ahli akan memasukkan jarum khusus pada titik tekan yang sesuai dengan keluhan dan gejala yang muncul. Ini artinya, titik akupuntur sakit kepala pastinya tidak sama dengan masalah kesehatan lain. 

Bahkan, metode ini dapat membantu meringankan sakit kepala tegang dan sebelah alias migrain. Lalu, mana saja titik tersebut?

1. Pergelangan tangan

Titik pertama ada pada bagian pergelangan tangan, tepatnya bagian atas. Ahli akan mulai memberikan tekanan pada bagian tersebut.

2. Jari tangan

Kemudian, ahli akan melanjutkan memberi tekanan pada jari tangan, tepatnya antara ibu jari dan jari telunjuk. Supaya bisa menemukan bagian yang pas, ahli tentu perlu memberikan tekanan secara bersamaan pada kedua jari.

3. Lubang hidung

Titik akupuntur sakit kepala berikutnya ada pada lubang hidung. Ahli akan menjepit area lubang hidung pada bagian yang berlawanan dengan area septum.

4. Pergelangan tangan sisi dalam

Selanjutnya, area pergelangan tangan pada sisi yang lebih dalam. Titik paling tepat berada pada bagian lipatan yang paling besar pergelangan tangan area dalam yang sejajar dengan jari jempol. 

5. Bahu

Kamu pasti sudah sangat akrab dengan area bahu untuk mengatasi rasa sakit pada kepala. Kamu bisa menemukan titik tekannya dengan menekan atau mencubit otot bahu.

6. Belakang rahang

Kemudian, titik akupuntur yang berada pada area belakang rahang. Tepatnya, kamu bisa menekan pada area bawah telinga.

7. Telinga

Terakhir adalah bagian telinga. Area ini tepatnya ada pada tulang mastoid hingga ke bagian otot leher. 

Demikian tadi beberapa titik akupuntur sakit kepala yang perlu kamu tahu. Namun, jangan lupa kalau hanya para ahli akupuntur yang bisa melakukan teknik satu ini. Pasalnya, akupuntur juga tidak lepas dari berbagai efek samping, misalnya nyeri, perdarahan, dan kelelahan setelah kamu menjalani perawatan. 

Tak hanya itu, pastikan kamu membuat janji melakukan pengobatan ini pada klinik tepercaya. Supaya lebih praktis, kamu bisa melalui aplikasi Halodoc. Jangan tunda sebelum kondisinya semakin memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Migraine Again. Diakses pada 2023. 9 Pressure Points for Headaches You Need to Know.
Harvard Medical School. Diakses pada 2023. Acupuncture for headache.
Healthline. Diakses pada 2023. Acupuncture for Headaches and Migraines.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan