Catat, Ini yang Perlu Diketahui tentang Tes Amilase Pankreatik

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Maret 2023

"Tes amilase pankreatik adalah prosedur medis yang dilakukan untuk mengukur jumlah enzim amilase di dalam darah atau urine seseorang. Tes ini bisa menunjukkan penyakit pankreatik yang seseorang miliki.”

Catat, Ini yang Perlu Diketahui tentang Tes Amilase PankreatikCatat, Ini yang Perlu Diketahui tentang Tes Amilase Pankreatik

Halodoc, Jakarta – Tes amilase pankreatik adalah jenis tes yang mengukur jumlah enzim amilase di dalam darah atau urine. Enzim amilase ini adalah senyawa kimia yang membantu tubuh memecah belah karbohidrat agar pencernaannya lebih mudah.

Dalam jumlah terbatas, enzim amilase di dalam urine dan darah memiliki peran yang baik untuh tubuh. Tetapi, seseorang yang memiliki enzim amilase yang terlalu banyak atau terlalu sedikit mungkin mengalami kondisi kesehatan tertentu. 

Kegunaan Tes Amilase Pankreatik

Tes amilase pankreatik bertujuan untuk mendiagnosis masalah yang berhubungan dengan organ tubuh pankreas. Contohnya adalah pankreatitis, penyakit peradangan pankreas, atau tanda diabetes. Selain mendiagnosis, tes ini juga bisa untuk mengecek perkembangan pengidap pankreatitis.

Tes amilase ini terbagi menjadi dua tes khusus, yaitu tes darah dan tes urine. Dokter bisa menyarankan pasien untuk melakukan satu tes atau keduanya. Pada tes darah, level enzim amilase bisa meningkat atau menurun saat tes darah dilakukan. Oleh karena itu, tes urine biasanya ahli medis lakukan setelah tes darah. 

Cara Kerja Tes Amilase

Untuk tes darah, seperti pada umumnya ahli medis akan mengambil sampel darah dari lengan pasien dengan jarum steril. Setelah itu, sampel darah akan tersimpan dalam tabung. Seluruh proses ini hanya akan mengambil waktu sekitar lima menit. 

Setelah tes darah, tes urine juga mungkin dilakukan. Untuk tes ini, prosedurnya akan lebih lama dari tes darah. Pertama-tama, ahli medis akan memberikan tisu pembersih, kontainer kecil untuk menampung urine, dan memberikan instruksi cara pengambilan urine dengan benar. Setelah kamu telah pipis, kamu bisa mengembalikan kontainer berisi urine kepada ahli medis yang bertugas.

Ada kemungkinan bahwa kamu harus melakukan tes urine lebih dari sekali dalam kurun waktu 24 jam. Cara ini bertujuan untuk menggambarkan kondisi tubuh yang sesuai karena jumlah amilase di dalam tubuh bisa berubah-ubah dalam sehari. Jika kamu melakukan tes urine seperti ini, akan ada instruksi spesifik dari dokter untuk mengumpulkan sampel di rumah. 

Apabila kamu sedang mengalami menstruasi atau pendarahan, kamu harus menginformasikan sebelumnya kepada ahli medis yang bertanggung jawab atas tesmu. Selain itu, kamu juga tidak bisa mengonsumsi alkohol 24 jam sebelum melakukan tes.

Kapan Harus Melakukan Tes Amilase Pankreatik?

Ahli medis akan menyarankan kamu untuk melakukan tes amilase baik darah, urine, atau keduanya jika kamu memiliki gejala penyakit pankreatik. Gejala-gejala yang mungkin kamu alami antara lain: 

  • Nyeri pada perut bagian atas, pada kasus tertentu bisa menyebar ke punggung.
  • Hilang nafsu makan.
  • Mual dan muntah.
  • Demam.
  • Detak jantung cepat.
  • Warna kekuningan pada kulit.
  • Kotoran ekskresi yang berbau busuk.

Kamu juga bisa melakukan tes ini untuk memonitor penyakit pankreas yang kamu sudah idap sebelumnya, antara lain pankreatitis kronis, kanker pankreas, cystic fibrosis, penyakit karena konsumsi alkohol berlebihan. Selain itu, tes amilase pankreatik juga bisa dokter berikan selama tahap penyembuhan setelah prosedur pengangkatan batu empedu.

Arti Hasil Tes Amilase 

Jika jumlah enzim amilase terlalu tinggi, ada kemungkinan kamu mengalami pankreatitis akut, penyumbatan saluran pankreas, kanker pankreas, atau tumor pankreas. Kebalikannya, jika jumlah enzim di dalam darah dan urin terlalu rendah, kamu mungkin mengalami pankreatitis kronis, cystic fibrosis, penyakit ginjal, penyakit hati, atau preeklampsia.

Tes amilase pankreatik secara umum tidak berisiko. Oleh karena itu, kamu sebaiknya melakukan tes ini jika merasakan gejala-gejala penyakit pankreas. Kamu juga bisa mencari tahu tentang Penyakit yang Sering Terjadi pada Pankreas.

Itulah informasi yang perlu kamu tahu tentang amilase pankreatik. Kalau kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan menghubungi dokter bidang ahlinya melalui aplikasi Halodoc. Kini, kamu bisa berkonsultasi dengan praktis kapan saja dan dari mana saja.

Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
MedlinePlus. Diakses pada 2023. Amylase Test.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Amylase Test.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan