Cegah Kanker dengan CERDIK, Ikuti Langkah Ini

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   12 Januari 2018
Cegah Kanker dengan CERDIK, Ikuti Langkah IniCegah Kanker dengan CERDIK, Ikuti Langkah Ini

Halodoc, Jakarta – Kamu tentu sudah akrab dengan istilah, "lebih baik mencegah daripada mengobati". Dan hal ini berlaku untuk menghadapi penyakit kanker. Daripada mengobati, alangkah baiknya untuk melakukan pencegahan terlebih dahulu terhadap kanker. Ini karena pengobatan kanker memberikan cukup banyak risiko. Mulai dari segi finansial, psikis, hingga kemungkinan sembuh bagi pengidapnya.

Oleh karena itu, sejak dini kamu harus sudah mulai sadar untuk memproteksi diri dari kanker. Cara sederhananya adalh dengan CERDIK. Yakni, program yang digagas oleh Kementrian Kesehatan guna mencegah dan mengendalikan potensi kanker yang mungkin muncul di kemudian hari.

CERDIK Bantu Cegah Kanker

Untuk mencegah kanker sebenarnya mudah saja jika kamu tahu cara yang tepat untuk melakukannya. Kuncinya adalah CERDIK, yaitu C (Cek kesehatan secara rutin), E (Enyahkan asap rokok), R (Rajin akitifitas fisik), D (Diet seimbang), I (Istirahat yang cukup), dan K (Kelola stres).

1. Cek Kesehatan Secara Rutin

Sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dalam kurun waktu tertentu. Dengan begini kamu jadi bisa memantau kondisi kesehatan dari waktu ke waktu. Jika ternyata ada gangguan kesehatan, kamu jadi bisa mengetahuinya lebih awal dan penanganan pun bisa dilakukan lebih cepat.

2. Enyahkan Asap Rokok

Sudah bukan rahasia lagi kalau asap rokok memang berbahaya bagi kesehatan. Bukan hanya bagi yang merokok saja, namun yang tidak merokok alias perokok pasif pun bisa mendapatkan dampak negatifnya. Jika kamu mengurangi kebiasaan merokok, atau bahkan berhenti sama sekali dari rokok maka risiko terkena gangguan kesehatan yang berhubungan dengan pernafasan dan jantung pun pasti menurun.

3. Rajin Akitivitas Fisik

Manfaat dari berolahraga bukan lagi rahasia. Sudah jelas hasilnya bahwa berolahraga juga merupakan cara tepat menjaga kesehatan tubuh. Dengan berolahraga, fisik jadi terjaga dan kamu pun lebih fit serta bugar.

4. Diet Seimbang

Mengatur pola makan sangat penting jika kamu ingin punya tubuh yang sehat. Hindari makanan tinggi kolesterol dan berlemak. Mulai santap makanan dengan gizi seimbang serta kaya serat seperti buah dan sayuran.

5. Istirahat yang Cukup

Karena padatnya aktivitas, kadang kamu mengabaikan kebutuhan tubuh untuk beristirahat. Padahal setelah bekerja seharian, tubuh sangat butuh waktu untuk mengembalikan energi yang digunakan seharian. Biasakan untuk tidur berkualitas selama delapan jam dalam sehari sehingga tubuh kembali fit.

6. Kelola Stres

Kanker juga bisa disebabkan oleh stres, hal ini karena besarnya tekanan yang dirasakan tubuh secara psikologis. Misalnya kelelahan bekerja, beban pikiran, serta hal lainnya. Stres ini pun akhirnya memengaruhi gaya hidup, misalnya jadi suka mengonsumsi alkohol atau merokok berlebihan, makan berlebihan, bekerja berlebihan, dan masih banyak lagi.

 

Perlu kamu ketahui bahwa hingga saat ini, kanker masih menjadi penyebab kematian yang tinggi di Indonesia. Meski termasuk penyakit yang tidak menular, namun tetap saja jumlah angka kematian yang tinggi mempengaruhi secara ekonomi dan sosial.

Oleh karena itu, kamu perlu menjaga kesehatan sejak dini. Salah satu caranya adalah “mengamalkan” CERDIK. Jadi kamu bisa mencegah kanker, bukan?

Sedia selalu aplikasi Halodoc di smartphone kamu. Dengan Halodoc kamu jadi bisa bicara langsung dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Jadi kalau kondisi kesehatan kamu terganggu, kamu tetap bisa menghubungi dokter kapan saja, dimana. Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan laboratorium sesuai dengan saran dokter jika diperlukan. Selain itu, kamu juga bisa membeli vitamin dan suplemen yang dibutuhkan dan pesanan akan diantar dalam satu jam, lho. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.




Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan