• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah Keluar Air Mani saat Puasa
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah Keluar Air Mani saat Puasa

Cegah Keluar Air Mani saat Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 28 Mei 2018
Cegah Keluar Air Mani saat PuasaCegah Keluar Air Mani saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Menjaga nafsu saat puasa adalah keharusan, termasuk mencegah keluarnya air mani saat puasa. Sebenarnya, keluarnya air mani bisa membatalkan puasa jika dilakukan secara sengaja, yaitu dengan menggunakan tangan hingga bersentuhan dengan hal lain. Jika keluar tanpa sengaja dan tanpa nafsu, misalnya karena mimpi basah atau kondisi tertentu, kamu tetap bisa melanjutkan puasa. (Baca juga: Faktanya Merokok Turunkan Kualitas Sperma Pria)

Tips Mencegah Keluarnya Air Mani saat Puasa

Air mani adalah cairan berwarna putih keruh yang diproduksi pria saat ejakulai dini. Selama cairan ini tidak keluar karena kedinginan atau penyakit spermathozoa (air sperma keluar terus-menerus), kamu bisa melakukan upaya untuk mencegah keluarnya air mani saat puasa. Bagaimana caranya? (Baca juga: 7 Hal Ini Terjadi Pada Tubuh Saat Hubungan Intim)

1. Tarik Napas Dalam-dalam

Tanpa disadari, emosi negatif (seperti cemas, panik, atau stres) bisa membuat saraf simpatik menjadi hiperaktif. Kondisi tersebut bisa memicu otak memerintahkan Mr P untuk cepat-cepat mengeluarkan air mani agar ketegangan otak berkurang. Sebab setelah air mani keluar, tubuh dan otak bisa sedikit lebih rileks. Oleh sebab itu, untuk mencegah keluarnya air mani akibat stres, kamu bisa melakukan teknik menarik napas dalam-dalam. Bagaimana caranya?

  • Pergi ke tempat yang sepi, lalu posisikan tubuh senyaman mungkin (duduk atau berbaring).
  • Ambil napas panjang secara perlahan melalui hidung.
  • Tahan napas selama beberapa detik, lalu hembuskan pelan-pelan melalui mulut atau hidung.
  • Lakukan secara berulang selama beberapa menit hingga kamu merasa lebih rileks.

2. Alihkan Pikiran dan Emosi Negatif

Agar pikiran teralihkan, kamu bisa menanamkan sugesti positif. Misalnya dengan memikirkan momen yang bahagia, pergi ke luar rumah, melakukan aktivitas yang menyenangkan, hingga sugesti pikiran seperti “tenang... semua akan baik-baik saja”. Dengan begitu, pikiran kamu akan teralihkan dari keinginan “pipis” dan mengeluarkan air mani akibat stres.

3. Perhatikan Posisi Tidur

Kamu bisa mencegah keluarnya air mani akibat mimpi basah dengan memerhatikan posisi tidur. Sebab, sebuah studi menemukan bahwa pria yang tidur dengan posisi tengkurap dan tangan membentang di atas kepala cenderung lebih sering mengalami mimpi basah. Ini karena saat kamu tidur tengkup, Mr P akan bergesekan dengan tempat tidur dan memicu keluarkan air mani. Oleh sebab itu, untuk mencegah keluarnya air mani saat tidur, kamu bisa tidur dengan posisi menghadap ke samping kanan, kiri, atau telentang.

4. Meditasi Sebelum Tidur

Mimpi basah bisa menyebabkan keluarnya air mani saat puasa. Oleh sebab itu, kamu perlu mencari cara untuk mengatur apa yang akan kamu “mimpikan” saat tidur. Salah satu caranya adalah dengan melakukan meditasi sebelum tidur. Cara ini dipercaya dapat merangsang pola pikir yang sehat, sehingga kamu terhindar dari kemungkinan mimpi basah. Jadi, sediakan waktu beberapa menit sebelum kamu beranjak tidur untuk menjernihkan pikiran sebelum tidur, ya.

(Baca juga: Berhubungan Intim yang Ideal Itu Berapa Kali Seminggu Sih?)

Jika kamu punya keluhan kesehatan saat puasa, sebaiknya kamu segera bicara dengan dokter. Kabar baiknya, saat ini kamu sudah bisa bicara pada dokter tanpa perlu repot ke luar rumah. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play. Lalu, kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, ayo gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan rekomendasi saran dari dokter terpercaya.