Cek Fakta: Minum Kopi Tanpa Gula Mampu Turunkan Berat Badan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Maret 2023

“Minum kopi tanpa gula dapat membantu mencapai tujuan penurunan berat badan yang diinginkan. Namun, pastikan untuk menjaga pola makan yang sehat dan melakukan aktivitas fisik secara teratur untuk hasil yang optimal.”

Cek Fakta: Minum Kopi Tanpa Gula Mampu Turunkan Berat BadanCek Fakta: Minum Kopi Tanpa Gula Mampu Turunkan Berat Badan

Halodoc, Jakarta – Kopi adalah minuman yang populer di seluruh dunia. Selain rasanya yang nikmat dan aroma yang khas, kandungan kafein yang terdapat di dalamnya memberikan efek stimulan bagi tubuh. Namun, minuman kopi yang dihidangkan di kedai kopi biasanya mengandung banyak gula. Padahal, gula yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan berat badan. 

Sebenarnya, kopi hanya mengandung jumlah kalori yang sangat kecil terlebih jika penyajiannya tanpa menambahkan gula, susu, atau bahan lainnya. Oleh karena itu, minum kopi tanpa gula dapat menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, kamu bisa membaca artikel mengenai Manfaat Kopi Tanpa Gula dan Efek Sampingnya.

Cek Kandungan Gizi Kopi

Minum kopi tanpa gula dapat membantu mengurangi asupan kalori. Satu sendok teh gula mengandung sekitar 16 kalori. Jika kamu mengonsumsi tiga cangkir kopi sehari dan menambahkan satu sendok teh gula ke setiap cangkir, maka kamu akan mengonsumsi tambahan 48 kalori per hari. Jika Kamu menghilangkan gula dari kopi kamu, maka kamu dapat menghemat sekitar 336 kalori per minggu, atau sekitar 1.344 kalori per bulan.

Selain itu, kopi tanpa gula dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh, sehingga tubuh dapat membakar kalori lebih cepat. Selain itu, kafein juga dapat meningkatkan performa saat berolahraga, sehingga membantu membakar lebih banyak kalori selama latihan.

Berikut merupakan kandungan kalori yang terdapat pada kopi dengan penambahan lainnya:

  • Krim kocok kental mengandung 101 kalori untuk 2 sendok makan (1 ons, atau sekitar 30 ml)
  • Half-and-half (campuran dari setengah susu murni dan setengah krim) mengandung 37 kalori untuk 2 sendok makan (1 ons, atau sekitar 30 ml)
  • Susu bebas lemak mengandung 10 kalori untuk 2 sendok makan (1 ons, atau sekitar 30 ml)
  • Beberapa kopi instan lainnya yang dapat diketahui informasi gizinya melalui label kemasan. Beberapa minuman kopi bisa memiliki ratusan kalori.

Penting untuk Diketahui

Mengurangi asupan gula adalah salah satu cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Gula adalah sumber kalori yang tinggi, dan asupan yang berlebihan dapat memicu peningkatan berat badan.

Selain itu, gula juga dapat merangsang pelepasan insulin, hormon yang membantu tubuh memproses gula dalam darah. Jika produksi insulin terlalu banyak, tubuh akan menyimpan lebih banyak lemak, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Perlu diingat bahwa minum kopi tanpa gula bukanlah satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan. Tetap menjaga pola makan yang sehat dan melakukan aktivitas fisik secara teratur juga merupakan hal yang penting.

Selain itu, minum kopi tanpa gula juga dapat memberikan manfaat kesehatan lainnya, seperti meningkatkan konsentrasi dan membantu mencegah beberapa penyakit kronis, seperti penyakit gula dan penyakit jantung.

Untuk mengetahui masalah kesehatan lainnya, kamu dapat mengunduh aplikasi Halodoc. Dengan Halodoc, kamu juga dapat membuat janji dengan dokter secara online untuk berkonsultasi. Jadi tunggu apalagi, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
All Recipe. Diakses pada 2023. What Is Half-and-Half and What’s a Good Substitute?
Healthline. Diakses pada 2023. How Does Coffee Affect Weight?
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. I’m trying to lose weight. Should I cut back on coffee?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan