Cek Fakta: Seberapa Efektif Meditasi Mengurangi Stres?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   25 Januari 2023

“Meditasi bisa jadi cara yang efektif untuk mengurangi stres. Sebab, ini bisa menghasilkan respons relaksasi pada tubuh dan menjernihkan pikiran.”

Cek Fakta: Seberapa Efektif Meditasi Mengurangi Stres?Cek Fakta: Seberapa Efektif Meditasi Mengurangi Stres?

Halodoc, Jakarta – Sudah bukan rahasia bahwa meditasi bisa mengurangi stres. Praktik kuno ini dapat memiliki banyak bentuk dan digabungkan dengan terapi atau latihan lainnya untuk perawatan kesehatan mental

Selain itu, meditasi juga bisa kamu lakukan kapan dan di mana saja. Ini bisa menjadi pereda stres cepat untuk membantu kamu membalikkan respons stres tubuh dan lebih rileks secara fisik.

Stres fisik dan emosional dapat mencair dengan belajar menenangkan tubuh dan pikiran. Jadi, meditasi dapat membuat kamu merasa lebih baik, segar, dan siap menghadapi tantangan hari dengan sikap yang sehat. 

Alasan Meditasi Bisa Mengurangi Stres

Meditasi adalah praktik yang menggabungkan berbagai teknik, yang membantu orang memusatkan perhatian dan mencapai tingkat kesadaran yang tinggi.

Cara ini membuat perubahan kesadaran dan telah terbukti memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk menurunkan stres.

Meditasi biasanya dilakukan dengan duduk dalam posisi santai dan menjernihkan pikiran, atau memfokuskan pikiran pada satu hal dan menjernihkannya dari semua yang lain.

Kamu dapat berfokus pada suara, atau pada pernapasan, penghitungan, mantra, atau tidak sama sekali.

Salah satu manfaat utama meditasi adalah kemampuannya untuk mengurangi stres. Respons stres tubuh menyebabkan tubuh secara otomatis bereaksi dengan cara yang mempersiapkan kamu untuk lawan atau lari (fight-or-flight). Dalam beberapa kasus bahaya ekstrem, respons fisik ini sangat membantu. Namun, stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan kerusakan fisik pada setiap bagian tubuh.

Untungnya, meditasi dapat memengaruhi tubuh dengan cara yang persis berlawanan dengan stres, yaitu dengan memicu respons relaksasi tubuh.

Ini mengembalikan tubuh ke keadaan tenang, membantu tubuh memperbaiki dirinya sendiri dan mencegah kerusakan baru akibat efek fisik dari stres.

Penelitian pada 2018 dalam jurnal Psychology, Health & Medicine, menunjukkan bahwa orang yang berlatih meditasi secara teratur mulai mengalami perubahan dalam respons terhadap stres. 

Hal ini memungkinkan mereka pulih dari situasi stres dengan lebih mudah, dan mengalami lebih sedikit stres dari tantangan yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari. 

Namun, untuk mendapatkan manfaat meditasi sebagai cara mengurangi stres, konsistensi adalah kunci. Meditasi yang dilakukan secara teratur dan konsisten sangat penting. 

Meski singkat atau hanya sekitar 5 menit, sebanyak 6 kali per minggu, ini lebih baik daripada meditasi selama 30 menit tapi hanya sekali seminggu. Oleh karena itu, lakukanlah meditasi setiap kali ada sedikit waktu, saat rasa stres mulai menyerang.

Potensi Manfaat Lainnya

Manfaat meditasi sangat besar karena dapat membalikkan respons stres tubuh, sehingga melindungi kamu dari efek stres kronis. Jadi, selain mengurangi stres, meditasi juga memiliki manfaat yang lebih luar biasa.

Saat berlatih meditasi, beberapa efek yang dapat terjadi pada tubuh adalah:

  • Tubuh menggunakan oksigen dengan lebih efisien.
  • Kelenjar adrenal menghasilkan lebih sedikit hormon kortisol.
  • Tekanan darah menjadi normal.
  • Detak jantung dan pernapasan melambat.
  • Fungsi kekebalan tubuh meningkat.
  • Pikiran akan menua pada tingkat yang lebih lambat.
  • Pikiran jadi lebih jernih dan kreativitas meningkat.
  • Lebih sedikit berkeringat.

Orang yang bermeditasi secara teratur merasa lebih mudah melepaskan kebiasaan yang merusak kehidupan. Seperti merokok, minum, dan obat-obatan terlarang. Ini juga bisa membantu banyak orang terhubung ke tempat kekuatan batin. 

Itulah pembahasan mengenai manfaat meditasi untuk mengurangi stres, dan efek positif lainnya.

Jika kamu tertarik mencobanya tapi bingung harus mulai dari mana, download Halodoc saja untuk bertanya pada psikolog melalui chat.

Referensi:
Psychology, Health & Medicine. Diakses pada 2023. The Effects Of Four Days Of Intensive Mindfulness Meditation Training (Templestay Program) On Resilience To Stress: a Randomized Controlled Trial.
Very Well Mind. Diakses pada 2023. The Benefits of Meditation for Stress Management.
WebMD. Diakses pada 2023. Meditation, Stress, and Your Health.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan