Coulrophobia Bisa Disembuhkan, Ini Langkah-langkahnya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Desember 2022

“Coulrophobia mengacu pada ketakutan ekstrem oleh badut. Terapi pemaparan adalah salah satu metode yang dapat menyembuhkan fobia ini.”

Coulrophobia Bisa Disembuhkan, Ini Langkah-langkahnyaCoulrophobia Bisa Disembuhkan, Ini Langkah-langkahnya

Halodoc, Jakarta – Coulrophobia adalah kondisi timbulnya perasaan takut saat melihat badut atau gambar badut. Ini adalah gangguan fobia spesifik yang menyebabkan kecemasan, jantung berdebar kencang, mual, dan keringat berlebih. 

Seseorang yang takut pada badut akan mengalami reaksi ekstrem dan irasional saat mereka melihat badut secara langsung. Mereka juga akan takut bahkan hanya dengan melihat gambar dan video badut. 

Mereka mungkin berusaha keras untuk menghindari bertemu dengan badut. Seseorang mungkin juga dapat bereaksi negatif hanya dengan memikirkan bertemu badut.

Penyebab Coulrophobia

Karena sifat fobia yang tidak rasional, sulit untuk menentukan apa yang menyebabkan coulrophobia. Tetapi ada beberapa teori mengenai kemungkinan penyebab kondisi ini. 

Fobia pada umumnya sering kali disebabkan oleh pengalaman negatif yang berkaitan dengan pengalaman tertentu, terutama pada saat usia muda. Jika kamu memiliki pengalaman traumatis yang melibatkan badut di masa kecil, hal itu nantinya bisa berkembang menjadi coulrophobia.

Demikian pula, anak-anak dapat mengambil perilaku dari orang tua mereka, yang berarti bahwa fobia juga dapat diturunkan antar generasi. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan faktor genetika berperan dalam hal ini, sehingga beberapa orang mungkin lebih rentan terhadap coulrophobia daripada yang lain.

Tetapi ada beberapa penyebab yang spesifik untuk coulrophobia. Badut menggunakan riasan dan bertingkah laku aneh, dan hal ini bisa menjadi pemicu utama efek ini. Melihat sesuatu yang sangat manusiawi namun pada saat yang sama tidak terlihat seperti manusia dapat membuat seseorang gelisah dan tidak nyaman.

Budaya pop seperti film juga dapat meningkatkan rasa takut terhadap badut. Film tentang badut biasanya menggambarkan badut sebagai orang jahat, yang bisa menyebabkan coulrophobia. Ini terutama berlaku untuk anak-anak, yang mungkin mengalami trauma setelah menonton film horor.

Langkah Penyembuhan Coulrophobia

Sebenarnya, tidak ada pengobatan khusus untuk mengatasi coulrophobia. Jika fobia ini sudah mengganggu kualitas hidup, terapi pemaparan dengan ahli kesehatan mental dapat membantu. 

Terapi pemaparan adalah jenis psikoterapi atau terapi bicara yang terbukti dapat membantu sebanyak 9 dari 10 orang dengan fobia spesifik. Terapi pemaparan melibatkan pemaparan bertahap dan berulang terhadap gambar atau situasi yang memicu gejala coulrophobia. 

Prosesnya terapi ini melibatkan:

  • Mempelajari teknik pernapasan dan relaksasi untuk digunakan sebelum dan selama paparan.
  • Melihat gambar atau video badut.
  • Secara bertahap, pengidap akan ditempatkan berada di tempat yang sama dengan badut.
  • Terakhir, pengidap akan diminta untuk berada di samping badut atau memegang badut.

Tim medis dapat menggabungkan terapi paparan dengan terapi perilaku-kognitif (CBT). Terapi ini membantu mengubah cara kamu memandang dan merespons situasi yang memicu kecemasan.

Obat anti-kecemasan umumnya tidak membantu atau diperlukan untuk gangguan fobia tertentu. Namun dalam situasi tertentu, seperti saat perayaan Halloween ketika banyak orang berdandan seperti badut, obat anti cemas dapat membantu merasa lebih tenang.

Itulah pembahasan langkah penyembuhan coulrophobia. Apabila kamu perlu konsultasi, jangan ragu untuk membuat janji medis menggunakan aplikasi Halodoc untuk cek kesehatan yang lebih mudah. Yuk, download Halodoc secara gratis di App Store atau Google Play.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Coulrophobia.
Web MD. Diakses pada 2022. Coulrophobia.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan