• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Dampak Buruk Memiliki Sikap Overconfident di Lingkungan Kerja
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Dampak Buruk Memiliki Sikap Overconfident di Lingkungan Kerja

Dampak Buruk Memiliki Sikap Overconfident di Lingkungan Kerja

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 03 November 2022

“Sikap overconfident yang dimiliki seseorang dapat menimbulkan dampak buruk jika terus dibiarkan. Salah satunya masalah yang bisa terjadi adalah konflik dengan rekan kerja.”

Dampak Buruk Memiliki Sikap Overconfident di Lingkungan KerjaDampak Buruk Memiliki Sikap Overconfident di Lingkungan Kerja

Halodoc, Jakarta – Sikap percaya diri perlu dimiliki setiap orang, termasuk saat bekerja. Namun, jika kepercayaan diri tersebut terlalu berlebihan, kemungkinan besar dapat menimbulkan dampak buruk pada orang-orang di sekitarnya.

Seseorang yang memiliki sikap overconfident kerap merasa dirinya jauh lebih baik dibandingkan kenyataannya, bahkan dari orang-orang di sekitarnya. Jika dibiarkan, karier yang dimiliki bisa dalam keadaan terancam.

Dampak Buruk Sikap Overconfident di Lingkungan Kerja

Hati-hati, sikap overconfident di lingkungan kerja dapat sebabkan dampak buruk, seperti: 

1. Kecelakaan Kerja

Pada beberapa pekerjaan yang melibatkan fisik, ada banyak peraturan yang harus ditaati untuk menjaga keselamatan. Namun jika seseorang memiliki sifat overconfident, bisa jadi dirinya menganggap enteng peraturan yang ada.

Dengan menghindari perlindungan ini, bukan hanya dirinya sendiri saja yang bisa mendapatkan dampaknya, tetapi juga orang-orang di sekitarnya. Bahkan, seseorang bisa kehilangan nyawa sebagai dampak buruk dari kecelakaan kerja yang terjadi.

2. Konflik

Memang, sikap overconfident dan arogansi memiliki perbedaan yang tipis, sehingga sulit untuk membedakannya. Jika terus dilakukan, sikap ini dapat menimbulkan rasa kecewa dan kesal pada seseorang yang menjadi rekan kerjanya.

Beberapa sikap yang berhubungan dengan rasa percaya diri berlebih adalah membual dan meremehkan orang lain. Hal ini meningkatkan konflik, mulai dari kecanggungan hingga bertukar argumen yang meledak-ledak.

Pada akhirnya, lingkungan kerja menjadi tidak nyaman dan menimbulkan dampak negatif terkait produktivitas. Dampak buruk ini dapat membuat pekerjaan terbengkalai dan tidak sesuai dengan yang diinginkan.

3. Menyalahkan Orang Lain

Sikap overconfident dapat membuat beberapa orang memiliki tingkat moral yang rendah. Seseorang dengan sikap ini merasa jika dirinya tidak pernah gagal atau salah. Bahkan saat sudah dipaparkan buktinya, orang tersebut masih melempar kesalahan pada orang lain.

Jika masalah ini terus dibiarkan, bisa jadi efisiensi terus menurun hingga tindakan yang benar diambil. Namun jika sikap ini dimiliki oleh pemilik perusahaan, ada baiknya kamu mencari tempat kerja lainnya untuk menjaga mental tetap sehat.

Cara Menghindari Sikap Overconfident di Tempat Kerja

Ada beberapa cara yang bisa dihindari agar sikap terlalu percaya diri ini bisa diredam, yaitu:

1. Tantang Keyakinan Diri

Memang ada perasaan nyaman saat orang-orang yang ada di sekitar kerap setuju dengan segala pendapat yang diungkapkan. Namun, rasa ingin maju dan berinovasi bisa stagnan, sehingga tidak membuat kemajuan apa pun. Maka dari itu, perlu dorong zona nyaman agar dapat berpikir secara kritis.

2. Renungkan Kekurangan dan Kesalahan

Saat merasakan kegagalan, itu bisa menjadi kesempatan belajar yang luar biasa. Dengan mengakui kesalahan dibandingkan menyalahkan orang lain dapat mendorong untuk menjadi lebih baik lagi. Cobalah untuk mengalahkan sikap angkuh yang mengaburkan penilaian.

3. Dengarkan Kritik yang Diberikan

Semua orang dapat membuat kesalahan, sebab hal tersebut sangat manusiawi. Saat mendapatkan kritik yang membangun, ada banyak pelajaran yang dapat diambil. Sehingga dapat mengambil tindakan yang sesuai dan efektif.

Kritikan terkadang dapat menjadi dorongan seseorang untuk terus bertahan dan berkembang. Bahkan, dorongan yang dirasakan lebih kuat dibandingkan saat mendapatkan nasihat.

Nah, itulah beberapa dampak buruk yang bisa dirasakan saat memiliki sikap overconfident. Apabila masih memiliki pertanyaan lainnya terkait cara mengatasi sikap ini, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan!

Referensi:
Chron. Diakses pada 2022. How Overconfidence Affects the Workplace.
Toggl. Diakses pada 2022. Avoid Overconfidence Bias at the Workplace with these 7 Actionable Tips.